4 Keuntungan Sistem Pre Order



Istilah Pre-Order (PO) mungkin sudah umum Anda temui di sistem transaksi perdagangan di masa sekarang, terutama dalam transaski perdagangan online. Di berbagai platform bisnis online, banyak penjual yang menerapkan sistem penjualan ini.

Dalam istilah akuntansi, PO seringkali dikenal dengan Purchase Order sementara dalam dunia transaksi perdagangan PO lebih lumrah dikenal dengan pre order. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan pre-order?

 
Pre order (PO) adalah sistem pembelian dimana barang tidak atau belum tersedia secara langsung dari penjual. Pembeli harus memesan dan membayar terlebih dahulu kemudian menunggu waktu sesuai estimasi tertentu untuk mendapatkan barang tersebut. Umumnya, penjualan sistem pre order disebabkan barang harus dipesan dari luar negeri, belum selesai diproduksi atau belum dijual pada periode tersebut.
 
Dalam sistem pre order, biasanya penjual memberikan batas pemesanan pada pembeli baik dari segi periode pemesanan atau kuota barang yang dapat dipesan. Biasanya batas waktu pemesanan yang diberikan penjual sekitar 2-3 minggu, namun angka ini dapat berubah sesuai dengan keinginan atau keadaan penjual. Dengan sistem pre order, pembeli membayar pesanan di awal. Pembayaran dapat dilakukan sebagian atau penuh sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan penjual. Meskipun harus menunggu dalam jangka waktu tertentu, bagi pembeli sistem ini dapat memberikan kepastian bahwa mereka akan mendapatkan barang yang dipesan tanpa takut kehabisan stok.
 

Keuntungan Menggunakan Sistem Pre Order

Apabila Anda akan meluncurkan suatu produk, strategi pre order dapat menjadi sistem yang efektif untuk menciptakan sensasi dan rasa ekslusivitas bagi pelanggan. Contoh hangat dari penggunaan sistem pre order seperti hal nya yang dilakukan oleh Sony dalam meluncurkan PS5. Strategi pemasaran dan sosialisasi yang baik ditambah dengan penggunaan sistem pre order membuat PS5 sangat banyak dibicarakan dan digandrungi. Selain manfaat ini masih ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan sistem pre order, yaitu:

  • Banyaknya varian produk yang dapat ditawarkan daripada sistem ready stock
  • Mengurangi sampai menghilangkan risiko stock opname karena semua barang yang dipasok sudah memiliki pembeli
  • Memperkecil modal bahkan dapat dijalankan tanpa modal karena pelanggan telah membayar transaksi di awal
  • Permintaan pasar untuk produk dapat diukur, sehingga Anda dapat memperkirakan kuantitas produksi produk di masa mendatang.

 

Siklus Sistem Pre Order

Dalam sistem pre order, bagian yang krusial dari peluncuran produk adalah berbulan-bulan sampai berminggu-minggu sebelum tanggal peluncuran. Penting untuk membangun sensasi di target pasar agar strategi dapat menghasilkan kesuksesan. Maka, perlu ada rencana yang jelas dan kalender kerja yang terkoordinir.

Menurut data yang dikeluarkan oleh ScaleFast, 28% dari pesanan produk berlangsung pada hari pertama pembukaan pre order, yang pada umumnya ditetapkan sekitar 4-6 bulan sebelum produk resmi diluncurkan. Lalu, ScaleFast mengidentifikasi adanya ‘zona mati’ selama 7-10 hari setelah hari pembukaan pre-order. Zona mati ini dimaksudkan untuk menjelaskan keadaan meredanya sensasi di media sosial dan berkurang sampai tidak adanya pesanan.

Selanjutnya, umumnya terjadi lonjakan pesanan setelah aktivitas pemasaran dan PR digaungkan. Terdapat dua jenis audiens yang menanti-nanti hari peluncuran produk, yaitu audiens yang sudah melakukan pemesanan di awal dan audiens yang berperan sebagai calon pelanggan. Lebih lanjut, sensasi dan keramaian mengenai produk akan kembali di media sosiall ketika produk sudah diluncurkan dan mendapat respon yang positif. Keramaian di media sosial biasanya akan berisi seputar pembicaraan tentang produk Anda dan bagaimana audiens merasa tidak sabar untuk memiliki produk.

 

Setelah memahami pengertian, siklus, dan keuntungan sistem pre order, apakah Anda tertarik untuk menggunakan sistem penjualan ini?

 

 

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi