Pengertian Akuntan Pendidik, Tanggung Jawab, dan Persyaratannya

Seorang akuntan tidak hanya bekerja dalam internal perusahaan atau sektor publik, melainkan juga bisa menjadi pengajar atau dikenal sebagai akuntan pendidik. Akuntansi pendidikan adalah profesi yang berperan besar dalam melatih tenaga-tenaga ahli di bidang akuntansi. Melalui artikel ini, Konsultanku akan memberikan informasi selengkapnya tentang akuntan pendidikan, tugas dan tanggung jawabnya, hingga syarat yang harus dipenuhi..

an image

Apa itu Akuntan Pendidik?

Akuntansi pendidikan adalah salah satu jenis profesi dalam bidang akuntansi yang bertugas memberikan pendidikan yang berkaitan dengan akuntansi. Secara sederhana, mereka merupakan guru atau dosen dalam mata pelajaran atau mata kuliah akuntansi. Pengajaran yang mereka berikan tentunya bertujuan agar siswa dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai ilmu akuntansi.

 

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), akuntan pendidik adalah profesi akuntan yang bekerja di bidang pendidikan dengan tugas mengajar, meneliti dan mengembangkan ilmu yang berkaitan dengan akuntansi, serta merancang kurikulum akuntansi di perguruan tinggi. Dari definisi tersebut, dapat diketahui bahwa akuntansi pendidikan tidak hanya memberikan pengajaran akuntansi kepada orang lain, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ilmu akuntansi melalui penelitian.

Baca Juga:
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
15 Jenis Profesi Akuntansi dan Perannya untuk Perusahaan


Tanggung Jawab dan Job Desc Seorang Akuntan Pendidik

Dalam menjalankan profesinya, akuntan pendidik bertugas untuk memberikan pengajaran dalam bidang akuntansi, melaksanakan penelitian dan pengembangan di sektor akuntansi, serta menyusun kurikulum untuk setiap tingkat satuan pendidikan. Selain itu, pengajar akuntansi ini juga memiliki beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Membagikan ilmu akuntansi dan mengajarkannya kepada murid-muridnya.

  2. Menyusun kurikulum yang berkaitan dengan bidang akuntansi.

    Baca Juga:
    Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
    Akuntan Publik: Jobdesc hingga Persyaratannya!
    14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
    Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?

  3. Melakukan penelitian yang berkaitan dengan akuntansi dan perkembangannya.


Ingin Menjadi Akuntan Pendidik, Apa Saja Syaratnya?

Setelah mengetahui apa itu akuntansi pendidikan dan tanggung jawabnya, Anda mungkin mempertimbangkan profesi ini sebagai pilihan karier Anda. Jika Anda tertarik untuk menjadi akuntan pendidik, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dan dipenuhi dengan baik, di antaranya:

  1. Mengikuti Ujian Nasional Akuntansi yang diselenggarakan oleh Konsorsium Pendidikan Tinggi Ekonomi berdasarkan Keputusan Menteri Republik Indonesia tahun 1979.

  2. Memiliki gelar sarjana jurusan akuntansi dari fakultas ekonomi

  3. Mampu memberikan pengajaran kepada murid atau mahasiswanya tentang ilmu akuntansi.

  4. Menguasai bidang bisnis dan akuntansi serta teknologi informasi dengan baik, khususnya di tingkat pendidikan tinggi.

  5. Dapat mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan melakukan penelitian.


Kesimpulan

Pada intinya, akuntan pendidik adalah seorang guru atau dosen yang memberikan serta mengajarkan kepada anak didiknya tentang ilmu akuntansi dengan baik. Dalam menjalankan profesinya, seorang akuntan pendidik juga memiliki syarat, tugas, dan tanggung jawab yang harus dijalankan serta ditaati dengan baik. Selain memberikan ilmu kepada anak didiknya, akuntan pendidik juga harus mampu untuk melakukan penelitian serta pengembangan terhadap ilmu akuntansi di masa mendatang.

 

akuntan pendidik, akuntansi pendidikan, akuntansi pendidikan adalah

akuntan pendidik, akuntansi pendidikan, akuntansi pendidikan adalah

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi