Ingin Mendapatkan Sertifikat RPL ACPA? Simak Dulu Penjelasan Berikut!

RPL ACPA saat ini telah menjadi alternatif pilihan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan sertifikat ACPA (Associated Certified Public Accountant). Umumnya, sertifikat ACPA bisa diperoleh melalui ujian tingkat dasar. Namun kini, IAPI telah menyediakan program Recognition Prior Learning yang memungkinkan Anda untuk memperoleh sertifikat ACPA melalui workshop. Lantas bagaimana cara mendapatkan sertifikat RPL ACPA? Berikut, Konsultanku telah merangkum penjelasan dan tahapan selengkapnya.

an image

Apa itu RPL ACPA?

Recognition Prior Learning ACPA atau RPL ACPA adalah program yang diselenggarakan IAPI dalam bentuk workshop untuk orang-orang yang ingin mendapatkan sertifikat ACPA (Associated Certified Public Accountant). Sertifikat Associated CPA pada dasarnya adalah bukti bahwa Anda telah lulus ujian level dasar. Nantinya, sertifikasi ini dapat digunakan untuk mengikuti ujian level selanjutnya untuk mendapatkan sertifikat CPA (Certified Public Accountant).

 

Workshop dalam program RPL ACPA ini umumnya dilaksanakan secara luring selama 3 hari atau secara daring selama 5 hari. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemaparan materi untuk ujian level dasar. Untuk mendapatkan sertifikasi Associated CPA, Anda perlu mengikuti materi dengan baik dan lulus semua post-test untuk 5 mata ujian tingkat dasar, yakni:

Baca Juga:
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
15 Jenis Profesi Akuntansi dan Perannya untuk Perusahaan

  1. Pengantar Audit dan Asurans (PAA);

  2. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (APK);

  3. Pengantar Ekonomi Makro dan Mikro (PEMM);

  4. Pengantar Manajemen, Perpajakan, dan Hukum Bisnis (MPHB); dan

    Baca Juga:
    Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
    Akuntan Publik: Jobdesc hingga Persyaratannya!
    14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
    Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?

  5. Akuntansi Biaya, Manajemen Keuangan, dan Sistem Informasi (AMSI).


Keunggulan Sertifikasi Associated Certified Public Accountant dengan Jalur Recognition Prior Learning

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, program RPL ACPA dapat membantu Anda dalam memperoleh sertifikasi ACPA dengan lebih mudah. Seminggu sebelum RPL dimulai, Anda biasanya akan mendapatkan materi workshop yang isinya sesuai dengan silabus ujian. Maka dari itu, Anda tidak perlu kebingungan mencari bahan-bahan yang sesuai dengan materi ujian.

 

Materi tersebut pun dibawakan oleh pemateri yang ahli di bidangnya sehingga mampu menunjang wawasan pengetahuan Anda. Pahami materi tersebut dan persiapkan diri dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa menjalankan post-test dengan lancar dan memperoleh nilai yang sesuai.

 

Selain memperoleh materi yang berbobot, RPL dikatakan lebih mudah dan praktis dibanding tes biasa karena jumlah soalnya jauh lebih sedikit. Setiap mata ujian dalam post-test RPL hanya berisi 40 soal pilihan ganda. Namun jika Anda mendaftar ujian biasa tanpa jalur RPL, Anda akan dihadapkan pada 100 soal pilihan ganda dalam setiap mata ujiannya.


Tutorial Sertifikasi ACPA dengan Jalur RPL

Setelah mengetahui beberapa keunggulan di atas, Anda mungkin tertarik untuk mendapatkan sertifikasi Associated CPA melalui jalur RPL. Untuk mengikuti program ini, Anda terlebih dahulu perlu mendaftarkan diri melalui tautan yang disediakan IAPI melalui website maupun unggahan di sosial media mereka. Namun sebelum mendaftar RPL ACPA, pastikan dahulu bahwa Anda telah memenuhi persyaratan berikut.

  1. Warga Negara Indonesia;

  2. Anggota IAPI;

  3. Lulusan D4/ S1/ S2/ S3 Akuntansi atau PPAK atau PPAP;

  4. Memiliki pengalaman kerja di bidang akuntansi/keuangan minimal 1 (satu) tahun di KAP atau 2 (dua) tahun di instansi lain.

 

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka Anda bisa mengikuti program RPL ACPA dengan tahapan berikut.

  1. Mengunggah dokumen persyaratan pada akun IAPI, sebagai berikut:

  1. Ijazah dan transkrip nilai D4/S1/S2/S3 Akuntansi atau PPAK atau PPAP;

  2. Bagi lulusan luar negeri agar melampirkan bukti penyetaraan DIKTI;

  3. Kartu Tanda Penduduk;

  4. Pas foto berwarna (terbaru);

  5. Surat Pernyataan Pembebasan Tanggung Jawab;

  6. Surat Korespondensi/Surat Domisili;

  7. Surat Pernyataan Pemenuhan Kewajiban;

  8. Surat Pernyataan Ketetapan Nama;

  9. Surat Keterangan Bekerja (minimal 3 (tiga) bulan terakhir);

  10. Pakta Integritas;

  11. Surat Rekomendasi dari Atasan Tempat Bekerja atau Anggota IAPI (Anggota Biasa atau Anggota Madya);

  1. Melengkapi data profil secara valid pada akun IAPI

  2. Melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku berupa:

  1. Biaya pendaftaran: Rp100.000,00

  2. Biaya kegiatan untuk peserta baru: Rp3.000.000,00

  3. Biaya kegiatan per mata ujian untuk peserta mengulang: Rp600.000,00

 

Apabila sudah melakukan tahapan di atas, maka Anda hanya perlu menunggu hingga pendaftaran Anda diproses oleh pihak terkait. Jika sudah berhasil mendaftarkan diri, maka Anda sudah bisa mengikuti workshop dalam program RPL untuk memperoleh sertifikasi ACPA.


Kesimpulan

Pada intinya, RPL ACPA adalah program recognition yang setara dengan ujian tingkat dasar dalam bentuk workshop untuk memperoleh sertifikasi ACPA. Jika dibandingkan dengan ujian biasa, RPL ACPA dikatakan lebih menguntungkan. Sebab, Anda akan memperoleh materi yang cukup sebagai persiapan post-test dan soal tes yang diberikan per mata ujian pun jauh lebih sedikit.

 

Jika Anda tertarik mendapatkan sertifikat Associated CPA melalui jalur RPL, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mudah dan memenuhi persyaratan yang diperlukan. Untuk mendapatkan informasi terkini terkait pendaftaran RPL ACPA di daerah masing-masing, cek website dan sosial media IAPI secara berkala agar tidak terlewat.

 
 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi