Relaksasi CPA untuk Akuntan yang Belum Lulus Ujian

Dari sekian banyaknya jenis sertifikasi akuntansi, CPA merupakan salah satu yang paling diminati. Namun, untuk lolos sertifikasi yang satu ini tidaklah mudah. Untungnya, kini terdapat Program Relaksasi bagi akuntan yang belum berhasil lulus ujian CPA. Melalui artikel ini, Konsultanku akan membahas mengenai relaksasi sertifikasi CPA dan cara mendaftarkan diri ke program tersebut.

an image

Mengenal Program Relaksasi CPA

Program Relaksasi CPA adalah program penambahan jangka waktu ujian bagi seluruh peserta program ujian CPA yang belum menyelesaikan ujiannya pada masing-masing tingkatannya. Relaksasi sertifikasi CPA dapat dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu dengan syarat telah dinyatakan lulus minimal pada satu mata ujian di tingkatan ujian tersebut.

 

Secara ringkas, relaksasi ujian CPA merupakan program pengulangan ujian untuk memperoleh sertifikasi CPA bagi akuntan yang gagal ujian sebelumnya. Kesempatan ini diberikan kepada peserta yang belum menyelesaikan ujian pada tingkat dasar, tingkat profesional, ataupun program recognition. Peserta dikhususkan pada orang-orang yang pertama kali mengambil ujian tersebut pada periode tertentu.

Baca Juga:
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
15 Jenis Profesi Akuntansi dan Perannya untuk Perusahaan


Manfaat Program Relaksasi Sertifikasi CPA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ujian CPA bukanlah hal yang mudah dijalani bagi setiap akuntan. Sebagian dari mereka bahkan tidak berhasil untuk lulus dalam 5 mata ujian yang diujikan. Melihat masalah ini, IAPI pun menyelenggarakan program relaksasi untuk membantu akuntan dalam memperoleh sertifikasi CPA.

 

Program relaksasi ini membuka kesempatan besar bagi akuntan untuk meningkatkan kompetensi dan memperoleh izin untuk menjadi akuntan publik. Apabila akuntan dapat mengikuti relaksasi ujian dan berhasil lulus, maka sertifikasi yang diperoleh dapat membuka peluang karir lebih baik bagi mereka yang ingin bekerja di industri, pemerintahan maupun kantor akuntan publik.

Baca Juga:
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
Akuntan Publik: Jobdesc hingga Persyaratannya!
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?


Batas Waktu Relaksasi

Peserta yang dapat mengikuti program relaksasi tentunya bukan sembarang orang. Salah satu syarat utama dapat mendaftarkan program ini adalah telah mengambil ujian tingkat dasar, tingkat profesional, atau program recognition pada periode tertentu. Periode tersebut pun menentukan batas waktu penyelesaian ujian di program relaksasi ini. Di bawah ini adalah rincian batas waktu relaksasi ujian CPA untuk periode tertentu.

 

program relaksasi, relaksasi ujian cpa, relaksasi sertifikasi cpa


Alur Pendaftaran Program Relaksasi untuk Ujian CPA

Tahapan pendaftaran relaksasi sertifikasi CPA pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan tahapan dalam pendaftaran ujian CPA sebelumnya. Jika Anda tertarik untuk mengikuti program relaksasi ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Mengisi form pendaftaran melalui link bit.ly/RELAKSASI-CPA

  2. Memastikan seluruh dokumen persyaratan telah diunggah pada akun IAPI. Dokumen ini pada dasarnya telah Anda unggah pada saat pertama kali mendaftarkan ujian CPA

  3. Setelah dokumen lengkap telah diunggah, Admin akan melakukan verifikasi data dan dokumen tersebut

  4. Apabila data dan dokumen dinyatakan tidak lengkap, maka Anda akan menerima pemberitahuan melalui email. Anda pun akan diminta melengkapi informasi kekurangan data dan dokumen yang dibutuhkan

  5. Jika data dan dokumen Anda dinyatakan lengkap, maka Anda akan memperoleh informasi pembayaran pendaftaran, pemilihan jadwal, dan pembayaran mata ujian melalui email

  6. Selanjutnya, Anda perlu mengisi informasi pembayaran, memilih jadwal ujian, dan membayar mata ujian sesuai jumlah yang tertera

  7. Apabila pendaftaran dan pembayaran telah diselesaikan, Anda hanya perlu menunggu jadwal ujian kemudian hadir di Test Center atau mengikuti kelas workshop mengulang


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa akuntan yang belum menyelesaikan ujian CPA dapat memperoleh penambahan jangka waktu ujian melalui program relaksasi. Program ini membuka kesempatan besar bagi akuntan untuk meningkatkan kompetensi dan memperoleh sertifikasi CPA menjadi akuntan publik. Jika Anda tertarik untuk mengikuti relaksasi sertifikasi CPA, segera daftarkan diri Anda melalui tautan pendaftaran di atas. Pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan dan perhatikan pula batas waktu penyelesaian ujiannya.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi