Jenis-Jenis Staff Akuntansi dalam Perusahaan

Staff akuntansi adalah salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan. Sebab, profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan cermat. Staff akuntansi pada dasarnya adalah posisi yang kompleks dengan tugas yang bermacam-macam. Selain memahami tugas dari profesi ini, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis staff akuntansi dalam perusahaan. Jika Anda tertarik berkarir dalam dunia akuntansi, berikut kami sajikan beberapa jenis staf akuntansi sebagai profesi yang bisa Anda pilih.

an image

 

Mengenal Apa itu Staff Akuntansi

Sebelum mengetahui jenis-jenis staff akuntansi dalam perusahaan, Anda perlu memahami definisi dari staff akuntansi itu sendiri. Staf akuntansi adalah jabatan di sebuah perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pencatatan serta pengklasifikasian berbagai transaksi dalam perusahaan secara tepat dan akurat. Pencatatan serta pengelompokan semua transaksi ini harus didasarkan pada standar akuntansi yang berlaku.

 

Seluruh transaksi yang terjadi didokumentasikan sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Laporan keuangan yang dibuat staf akuntansi umumnya terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Dari laporan tersebut, perusahaan akan memperoleh gambaran hasil atau capaian yang didapat dalam suatu periode tertentu.

Baca Juga:
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
15 Jenis Profesi Akuntansi dan Perannya untuk Perusahaan

 

Pentingnya Staf Akuntansi untuk Perusahaan

Posisi staf akuntansi dalam sebuah perusahaan umumnya memiliki tanggung jawab dalam mengelola keuangan perusahaan dan melakukan pembukuan. Setiap perusahaan tentunya membutuhkan staf akuntansi untuk untuk mencatat transaksi dan membuat laporan keuangan bulanan hingga tahunan. Posisi ini mengemban tanggung jawab dan tugas yang krusial bagi perusahaan sehingga keberadaannya dalam perusahaan sangat penting. Saking pentingnya posisi ini, dalam setiap perusahaan, pasti ada minimal satu karyawan yang memiliki posisi sebagai seorang akuntan.

 

Salah satu tugas penting yang harus dijalankan staf akuntansi adalah mencatat segala transaksi dan membuat laporan keuangan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu. Laporan keuangan ini biasanya digunakan oleh manajemen sebagai acuan dalam pengambilan keputusan, mengingat laporan yang dibuat oleh akuntan adalah mencerminkan kondisi keuangan perusahaan.

Baca Juga:
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan ala HR!
Akuntan Publik: Jobdesc hingga Persyaratannya!
14 Soft dan Hard Skill yang Wajib Dimiliki Akuntan
Apa Saja Jobdesk Staff Accounting and Tax?

 

Selain dipakai oleh pihak internal perusahaan, informasi akuntansi yang dibuat oleh staff akuntansi juga digunakan oleh kreditor dan investor. Kreditor menggunakan laporan akuntansi untuk memeriksa kesehatan keuangan perusahaan sehingga dapat memutuskan apakah perusahaan layak diberikan pinjaman atau tidak. Sementara itu, investor biasanya menggunakan informasi akuntansi untuk menilai apakah perusahaan tersebut layak sebagai tempat investasi atau tidak.

 

Selain menghasilkan informasi akuntansi yang berguna bagi banyak pihak, staff akuntansi sejatinya merupakan posisi penting dalam perusahaan karena memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan informasi keuangan secara tepat dan dapat dipercaya tentang utang, modal dan sumber daya yang dimiliki.

  2. Memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang perubahan sumber-sumber ekonomi.

  3. Memberikan informasi keuangan yang dapat dipakai untuk menganalisa potensi perusahaan.

  4. Memberikan informasi mengenai jumlah laba atau rugi perusahaan.

  5. Mengalokasi sumber daya ekonomi secara efisien yang meliputi modal, tenaga kerja, bangunan, peralatan dan mesin-mesin.

  6. Mengurusi segala hal yang berkaitan dengan keuangan mulai dari pengadministrasian, tagihan bulanan, pembayaran sewa, penggajian karyawan, hingga pembayaran utang dan penagihan piutang.

 

Karir Akuntan dan Jenis-Jenis Staff Akuntansi

Setelah mengetahui pentingnya staf akuntansi dalam perusahaan, Anda dapat memahami bahwa akuntansi adalah akuntansi adalah komponen yang tidak terpisahkan dari organisasi bisnis mana pun. Tak heran, profesi yang berkaitan dengan akuntansi memiliki peluang yang luas di dunia kerja. Jika Anda mempertimbangkan untuk berkarir di bidang akuntansi, penting untuk mengetahui berbagai karir akuntan. Berikut adalah daftar karir akuntan dan jenis-jenis staff akuntansi yang bisa Anda pilih.

 

1. Staf Akuntansi

Staf akuntan merupakan salah satu jenis karir bidang akuntansi yang bekerja di bawah Pengendali atau Akuntan Publik Bersertifikat (CPA). Tugas utama staf akuntan adalah menjaga dan memelihara catatan keuangan dan anggaran untuk suatu perusahaan atau organisasi. Dalam melakukan tugas tersebut, mereka kerap bekerja dengan memasukkan entri jurnal atau data ke dalam sistem informasi akuntansi dan memantau aktivitas dalam sistem untuk akurasi.

 

2. Akuntan Penggajian

Akuntan penggajian merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk melacak dan mencatat pengeluaran bisnis yang berkaitan dengan penggajian. Hal ini termasuk kompensasi karyawan individu dan pajak gaji serta pembayaran tunjangan karyawan dan potongan lainnya. Akuntan penggajian tidak hanya melacak dengan cermat pengeluaran penggajian dalam perusahaan, tetapi juga perlu mematuhi undang-undang ketenagakerjaan negara agar tidak melanggar peraturan pajak apa pun.

 

3. Akuntan Pajak

Akuntan pajak adalah orang yang memiliki tugas untuk mengurus berbagai hal terkait pajak. Seorang akuntan sektor pajak juga memiliki tugas untuk menganalisis fenomena ekonomi dan menentukan strategi perpajakan yang tepat sesuai dengan ilmu yang dimiliki. Seorang akuntan pajak harus mampu memastikan perusahaan memenuhi kewajiban perpajakannya secara tepat waktu. Hal ini memungkinkan agar perusahaan tidak telat membayar kewajibannya dan membayar pajak dengan jumlah yang sesuai.

 

4. Auditor

Auditor adalah salah satu profesi akuntan yang bertugas melakukan kegiatan audit, khususnya pada laporan-laporan terkait keuangan suatu perusahaan, lembaga, ataupun instansi. Seorang auditor memiliki kewenangan melakukan peninjauan serta verifikasi keakuratan segala laporan keuangan. Di samping itu, auditor juga bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan tersebut tidak melanggar undang-undang perpajakan.

 

5. Staff Akuntan Keuangan

Akuntan keuangan adalah jenis staff akuntansi yang bertugas melakukan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman kepada prinsip akuntansi. Staf akuntansi keuangan juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan informasi terkait dengan kondisi keuangan suatu perusahaan kepada stakeholders. Kondisi keuangan perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangan yang yang memunculkan setiap perubahan dari setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan tersebut.

 

Kesimpulan

Pada intinya, staff akuntansi adalah jabatan di sebuah perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan perusahaan dan melakukan pembukuan. Salah satu tugas penting yang harus dijalankan staf akuntansi adalah mencatat segala transaksi dan membuat laporan keuangan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu, baik internal, investor, maupun kreditor. Dengan demikian, seorang staf akuntansi harus melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan baik agar menghasilkan laporan keuangan yang valid. Jika merasa kesulitan dalam proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa pembukuan dari Konsultanku untuk membantu perusahaan Anda dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, andal, dan reliabel.

staff akuntansi, staf akuntansi, jenis-jenis staff akuntansi

staff akuntansi, staf akuntansi, jenis-jenis staff akuntansi

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi