Bisnis Sepatu Online yang Tak Lekang oleh Waktu



Industri busana selalu memiliki tempat untuk berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah bisnis sepatu yang kini dapat dilakukan secara online maupun offline. Keuntungan dari menggeluti bisnis sepatu online adalah produk yang dijual tidak memiliki kedaluwarsa, dapat dilakukan di mana pun, tidak perlu menyewa tempat, dan yang pasti akan selalu ada permintaan untuk produk ini. Selain itu, keuntungan yang didapat pun cukup besar sehingga menarik minat para pengusaha. 

 

Jika Anda ingin menggeluti usaha ini, maka Anda harus tahu bagaimana manajemennya, marketingnya hingga perpajakannya. Untuk itu, yuk disimak lebih lanjut!

 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha 2021 Yang Menjanjikan!

 

 

Atur Bisnis Anda dengan Cermat!

 

Jenis usaha ini memang memiliki stereotype sebagai bisnis yang fancy dan unik. Ketika Anda ingin mulai melakukan bisnis sepatu, mungkin ada baiknya mengetahui lebih dulu bagaimana cara me-manage bisnis ini baik dari segi produk, partner, hingga hambatan yang ada. 

 

Selalu peka terhadap tren yang sedang marak, dapat membantu Anda untuk selalu menjadi yang terdepan dalam bisnis ini. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat beberapa karya orisinal jika tidak ingin mengikuti tren yang mainstream. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan setia lebih banyak lagi. 

 

Jika Anda merasa butuh partner bisnis, maka carilah partner yang dapat dipercaya, apalagi jika mereka yang mengurus produk utama atau andalan Anda. Memastikan Anda mendapat partner bisnis yang tepat dapat membantu memperpanjang umur bisnis Anda. 

 

Anda harus mencari distributor bahan sepatu dengan kualitas bagus agar produk yang dihasilkan juga memuaskan. Kualitas produk seperti ketahanan dan kenyamanan ditentukan dari bagaimana Anda mencari dan mendapatkan distributor tersebut. 

 

Akan selalu ada hambatan saat menjalankan bisnis. Dalam bisnis sepatu online, rintangan yang sering ditemukan adalah banyaknya produk tiruan yang beredar tanpa izin. Ini tentu bisa membuat pendapatan Anda berkurang, terutama untuk Anda yang memang menjual sepatu karya orisinal. 

 

Lalu, bagaimana caranya mengatasi hal ini? Anda perlu bekerja sama dengan komunitas yang Anda miliki untuk memperoleh informasi terpercaya mengenai berbagai kasus terkait penjiplakan produk Anda. Memiliki koneksi atau komunitas terpercaya adalah kuncinya. 

 

Baca juga: 17+ Ide Usaha Modal Kecil 2021: Bisa dari Rumah!

 

 

Gunakan Strategi yang Tepat!

 

Untuk strategi marketingnya sendiri dapat dilakukan secara online dan offline. Pemasaran secara online dilakukan melalui internet seperti membuat website dan media sosial. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa menyewa jasa influencer untuk melakukan endorsement produk Anda.

 

Pemasaran offline dilakukan dengan membagikan selebaran pamflet, memasang iklan, hingga word-of-mouth. Apapun cara yang Anda lakukan untuk memasarkan produk, selalu pastikan bahwa kualitas produk selangkah lebih maju dari pemasaran Anda. 

 

Haruskah Bayar Pajak?

Bisnis apapun, baik yang dilakukan secara offline atau online, tetap harus membayar pajak. Hal ini tertera dalam Surat Edaran Pajak Nomor SE-62/PJ/2013 yang mengatakan bahwa transaksi perdagangan barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik atau e-commerce dama dengan transaksi barang dan jasa yang lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada alat yang digunakan dalam melakukan transaksi sehingga perpajakannya sama saja. 

 

Baca juga: 50+ Ide Bisnis Rumahan Online 2021: Cukup dari Rumah!

 

 

Kategori pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik bisnis online adalah pajak penghasilan. Jika usaha online ini dimiliki oleh sekelompok atau sebuah grup, maka dikategorikan sebagai pajak penghasilan badan. Apabila dimiliki oleh individu maka masuk sebagai pajak penghasilan pribadi. Ini kembali lagi kepada bagian mana struktur pendirian dari bisnis Anda. 


Nah setelah membaca sedikit penjelasan diatas, Anda sudah memiliki gambaran mengenai bisnis sepatu online. Jadi apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Semoga bermanfaat ya.

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi