Cloud Kitchen: Solusi Bisnis F&B di Tengah Pandemi!



Pandemi melumpuhkan hampir semua sektor bisnis, termasuk bisnis Food and Beverage (F&B) yang mengalami dampak cukup parah. Di tengah kelumpuhan bisnis F&B, ada salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu, Cloud Kitchen.

 

Cloud kitchen biasa disebut juga dapur satelit atau ghost kitchen merupakan sebuah konsep dapur besar yang dapat memproduksi makanan dan minuman dari berbagai merek yang ingin bergabung. Sebenarnya konsep ini sudah marak dilakukan oleh pelaku bisnis F&B di Indonesia pada tahun 2019. Namun selama pandemi berlangsung, kegiatan makan ditempat atau dine-in dibatasi secara ketat demi mencegah penyebaran virus menyebabkan permintaan pesan-antar makanan menjadi sangat tinggi.

 

Beberapa restoran mencoba menerapkan konsep cloud kitchen sebagai salah satu solusi yang cukup efektif dalam menekan biaya operasional seperti sewa tempat untuk pengunjung makan di tempat. Karena konsep cloud kitchen hanya melayani pesan-antar saja. Apa saja kelebihan konsep cloud kitchen sehingga dapat menjadi solusi bisnis F&B di tengah pandemi? Simak artikel berikut hingga akhir!

 

Kualitas Produk Lebih Terjamin



 

Biaya operasional yang cukup tinggi membuat restoran konvensional kerap mengalami kesulitan. Dilema seperti mempercantik tempat makan atau meningkatkan kualitas hidangan membuat pelaku usaha F&B sulit berkembang. Ditambah kondisi pandemi saat ini yang membatasi pengunjung restoran membuat pelaku usaha F&B kalang kabut menutupi beban biaya operasionalnya.

 

Cloud kitchen mencoba memberi solusi untuk menekan biaya operasional tersebut hanya dengan memberikan sewa terhadap dapur dan berbagai alat masak yang sesuai standar sehingga pelaku usaha F&B hanya mempersiapkan karyawan dan bahan baku untuk produk yang akan dijualnya. Standar kualitas sarana dan prasarana yang tinggi biasanya diterapkan oleh cloud kitchen sehingga pelaku usaha F&B yang ingin bergabung dapat mengikuti standar yang sudah ditentukan.

 

Ketika sarana dan prasarana pada cloud kitchen sudah menggunakan standar yang tinggi akan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan terjamin. Sehingga kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk turut meningkat.

 

Jangkauan Pelanggan yang Lebih Luas


 

Saat ini setiap cloud kitchen sudah pasti terintegrasi atau dimiliki oleh penyedia jasa pesan-antar makanan seperti, Grab Kitchen yang dimiliki oleh Grab. Integrasi tersebut memungkinkan pelaku usaha F&B dalam memilih lokasi dan data-data seperti makanan yang lebih banyak diminati konsumen di daerah tersebut. Jangkauan terhadap konsumen pun lebih luas karena sudah terintegrasi dengan aplikasi layanan pesan-antar makanan yang dilakukan secara online dapat menjangkau konsumen-konsumen yang jangkauannya cukup jauh tetapi tertarik dengan produk yang ditawarkan.

 

Perilaku konsumen dalam membeli makanan atau minuman pun berubah akibat pandemi, konsumen dianjurkan untuk tidak datang ke restoran atau makan di restoran demi menekan penularan virus. Sehingga perilaku membeli makanan secara online meningkat drastis. Karena transaksi dilakukan secara online, pelaku usaha F&B dapat fokus menjalankan kegiatan operasional dan mempertahankan bisnisnya.

 

Mudah dan Minim Risiko


 

Sebagai pelaku usaha F&B, kemudahan yang didapat saat bergabung ke dalam cloud kitchen, Anda hanya perlu sewa dapur dan alat masak hingga sistem yang sudah terintegrasi dengan layanan pesan-antar dan aplikasi-aplikasi pembayaran. Sehingga biaya operasional dapat ditekan dan berfokus terhadap kualitas produk yang dijual serta pemasaran yang tepat.

 

Risiko yang didapat pun terbilang minim karena Anda hanya perlu menjaga kualitas produk yang ditawarkan selalu baik agar dapat mendapat ulasan yang positif dari konsumen. Ulasan konsumen pun dapat dipelajari untuk meningkatkan kualitas produk dan mendapatkan calon konsumen baru.


Tertarik bergabung dengan konsep cloud kitchen? Jika masih ragu, konsultasikan masalah Anda bersama Konsultanku. Konsultanku merupakan platform yang akan menghubungkan Anda dengan para konsultan ahli dan profesional dibidang bisnis, pajak, hukum, akuntansi, hingga manajemen. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.konsultanku.co.id

 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi