Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Usaha Sampingan

Penghasilan pokok yang Anda terima kurang mencukupi kebutuhan? Ini saatnya Anda membuka usaha sampingan! Usaha sampingan yang ideal tentunya usaha yang tidak mengganggu waktu untuk bekerja namun mampu untuk mencukupi kebutuhan Anda.

an image

 

Meskipun memerlukan waktu pengelolaan yang lebih singkat dibanding pekerjaan utama, bisnis sampingan seringkali mempunyai peluang pasar yang masih luas dan memiliki peluang yang cukup tinggi untuk terus berkembang.
 

 

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

Berikut adalah beberapa ide bisnis sampingan dengan modal kecil yang dapat Anda coba telusuri:

 

1. Dropshipper
Berbeda dengan reseller, menjual barang dengan cara menjadi dropshipper lebih mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Apabila reseller membeli barang dari supplier dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, dropshipper hanya berperan sebagai perantara antara supplier dan pelanggan tanpa membeli barang dari supplier terlebih dahulu. Pekerjaan sampingan sebagai dropshipper tidak memerlukan modal besar dan tidak memiliki risiko stock opname. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu berupaya untuk menggencarkan promosi dan mencari pelanggan.

 

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

2. Freelance Penerjemah
Apabila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, mungkin pekerjaan sampingan sebagai penerjemah bisa jadi pilihan bagi Anda. Banyaknya orang yang ingin membaca tulisan berbahasa asing namun terhambat di pemahaman bahasa dapat menjadi peluang Anda. Pekerjaan sampingan sebagai penerjemah tidak menganggu pekerjaan utama Anda karena dapat dilakukan setelah jam kerja atau di akhir pekan. Selain tidak memakan banyak waktu, pekerjaan sampingan ini juga tidak membutuhkan banyak modal serta menghasilkan keuntungan yang dapat dipertimbangkan.

 

3. Jasa Mencuci Sepatu
Kesibukan sehari-hari masyarakat perkotaan seringkali membuat mereka kesulitan mencari waktu untuk mencuci sepatu. Keadaan ini dapat menjadi peluang usaha bagi Anda. Di akhir pekan, Anda dapat menawarkan jasa pencucian sepatu. Selain tidak memakan banyak waktu, pekerjaan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

 

4. Jasa Mencuci Motor dan Mobil
Selain jasa pencucian sepatu, Anda juga bisa menawarkan jasa mencuci motor atau mobil di akhir pekan. Gaya hidup di perkotaan yang menuntut orang untuk terus berpindah tempat membuat kendaraan sering terbengkalai kebersihannya. Oleh karena itu, jasa pencucian kendaraan di akhir pekan dapat menjadi usaha yang menjanjikan.

 

 

5. Menjual Hasil Fotografi
Punya hobi fotografi? Coba lakukan hunting foto di waktu luang atau di akhir pekan untuk menyalurkan hobi Anda sekaligus menghasilkan uang dari hobi. Menjual hasil foto di Internet dapat menjadi pekerjaan sampingan Anda. Hasil foto yang baik dan relevan dapat menjadi nilai jual bagi perusahaan lain. Pekerjaan sampingan ini selain dapat melepas stress juga dapat menghasilkan keuntungan bagi Anda.

 

6. Content Creator
Dalam dunia yang serba digital, konten menjadi produk yang dikonsumsi oleh masyarakat internet. Oleh karena itu, produsen konten atau content creator baik dalam bentuk tulisan, situs jejaring sosial, ataupun media audiovisual menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Pekerjaan content creator bisa juga dijadikan sebagai hobi sekaligus menghasilkan penghasilan tambahan. Contohnya, apabila Anda punya hobi memasak, Anda dapat membat video memasak yang diupload di internet. Apabila video yang Anda unggah ramai, bisa saja Anda mendapat penghasilan dari iklan maupun endorsement.

 

Uraian diatas hanyalah sedikit bagian dari ide bisnis sampingan modal kecil yang dapat Anda terapkan. Ada banyak sekali peluang usaha bagi Anda yang mau aktif mencari dan berusaha.

 

Selain dapat menghasilkan penghasilan tambahan, pekerjaan sampingan juga membantu Anda mengasah kemampuan lain serta dapat menjadi ajang penyaluran hobi. Seperti halnya bisnis pada umumnya, bisnis sampingan juga memperlukan perencanaan serta laporan keuangan yang baik.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi