Tips Mendapatkan Investor Untuk Bisnis

Investasi selalu menjadi hal pertama yang dibutuhkan para pelaku bisnis untuk terus maju dan berkembang. Lalu apa yang dimaksud dengan investasi bisnis? Kemudian bagaimana perannya dalam proses keberlangsungan suatu bisnis yang dinilai sangat berpengaruh.

an image

 

 

Pengertian Investasi Bisnis

Investasi merupakan sebuah upaya menanam modal atau aset untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Sementara investasi bisnis adalah kegiatan penempatan dana jangka panjang dengan syarat dan persetujuan tertentu. Investasi pada bisnis berperan penting dalam proses perkembangan bisnis yang lebih luas.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Untuk kemajuan tersebut, dibutuhkan seseorang yang bersedia menginvestasikan dananya pada usaha Anda, yakni investor. Investor menanamkan dananya sebagai tambahan operasional usaha dan mendapatkan bagi hasil untuk itu. Dalam hal inilah, diperlukan investor yang tepat untuk meminimalisir resiko terburuk dalam pembagian hasil.

 

Tips Mendapatkan Investor untuk Bisnis yang Tepat

Temukan investor yang tepat untuk perkembangan bisnis Anda ke depan dengan tips berikut:

 

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

1. Siapkan Profil Bisnis

Berikan calon investor informasi mengenai bisnis Anda secara jelas, menarik dan lengkap. Jelaskan kelebihan bisnis serta latar belakang dari produk dan jasa yang ditawarkan. Melalui profil, yakinkan bahwa bisnis Anda adalah jenis investasi yang menguntungkan kedua belah pihak.

 

2. Siapkan Proposal yang Menarik

Tuangkan profil bisnis Anda dalam susunan proposal yang tepat dan desain yang sesuai dengan konsep usaha. Proposal mencakup keseluruhan operasional bisnis Anda seperti pengolahan produk, pemasaran sampai anggaran. Maka dari itu buatlah proposal yang menarik, padat, jelas dan selengkap mungkin.

 

3. Visi Misi yang Jelas

Sesuaikan visi dan misi usaha dengan konsep yang sudah ditentukan lalu sampaikan dengan jelas dan relevan. Karena visi misi selalu menjadi perhatian utama para investor untuk mengetahui strategi Anda mencapai tujuan bisnis. Nantinya kemajuan dan perkembangan bisnis akan dilandasi dari visi dan misi yang telah ditetapkan sejak awal.

 

 

4. Laporan Keuangan Harus Rapi

Pengelolaan keuangan menjadi hal penting yang dipertimbangkan oleh para investor. Maka buatlah laporan keuangan bisnis yang benar, transparan, rapi serta dengan perhitungan yang jelas dan stabil. Sehingga investor percaya bahwa bersama bisnis Anda, mereka akan melakukan investasi yang menguntungkan.

 

5.Jelaskan Proyeksi Bisnis

Informasi perhitungan proyeksi bisnis harus jelas, real, lengkap dan jangan berlebihan apalagi ada yang tertinggal. Informasi tentang target penjualan juga harus dijelaskan dengan baik termasuk dengan jangka waktu pencapaian target. Dengan begitu investor akan memahami bagaimana bisnis Anda menghasilkan keuntungan yang dapat dibagi hasilkan.

 

6. Riset Investor

Riset ini dilakukan untuk mencari investor yang tepat dan sesuai dengan kriteria bisnis Anda. Karena setiap investor juga memiliki kriteria sendiri untuk menanamkan modalnya pada sebuah bisnis. Setelah mempelajari kriteria calon investor, Anda tidak akan membuang waktu dengan mempresentasikan pada orang yang salah.

 

7. Presentasikan dengan Benar

Sangatlah tidak mungkin bila membiarkan investor untuk membaca sendiri keseluruhan isi proposal bisnis Anda. Presentasikan informasi di hadapan calon investor seputar bisnis Anda dengan jelas dan menarik supaya mereka terkesan. Presentasi akan menjadi poin plus bila dibuat tampilan visual atau slide yang menarik namun sederhana dengan cara Anda sendiri. Untuk itu siapkan konsep yang menarik dan teliti secara keseluruhan mulai dari yang kecil sampai yang besar.

 

Sudahkah anda mempersiapkan bisnis anda agar investor tertarik dengan bisnis anda? Kini anda tidak perlu repot mempersiapkan kebutuhan anda untuk mendapatkan funding dari investor. Konsultanku memiliki solusi untuk membantu kebutuhan anda seperti Fundraising Consulting, Financial Modelling dan Management Consulting yang dapat meningkatkan kredibilitas dan investibilitas perusahaan anda di hadapan potential investor.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi