ISQM 1 sebagai Pedoman Sistem Manajemen Mutu KAP

Pada akhir tahun 2020, International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB) mengeluarkan 2 standar baru, salah satunya adalah International Standard on Quality Management (ISQM 1). Standar ini memiliki pengaruh besar dalam pelaksanaan quality control dan quality assurance yang dilaksanakan oleh kantor akuntan publik. Melalui artikel ini, Konsultanku akan membahas bagaimana implementasi ISQM 1 pada kantor akuntan publik.

an image

Apa itu ISQM 1?

ISQM 1 (International Standard on Quality Management 1) adalah standar internasional yang mengatur manajemen kualitas dalam praktik audit, review, asuransi, dan layanan lainnya yang terkait dengan laporan keuangan atau informasi keuangan lainnya. Standar ini didorong oleh prinsip dengan fokus pada skalabilitas, fleksibilitas, dan perbaikan berkelanjutan.

 

ISQM 1 berfokus pada kualitas audit dan proses manajemen risiko. Standar ini bertujuan untuk bertujuan untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan dapat memenuhi standar kualitas yang diperlukan, mematuhi standar etika dan independensi, serta memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada pihak-pihak yang menggunakan hasil layanan audit.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat


Bagaimana Implementasi ISQM 1 pada Kantor Akuntan Publik?

Implementasi ISQM 1 pada kantor akuntan publik sangat penting dalam memastikan bahwa layanan yang diberikan memenuhi standar kualitas yang diperlukan. Penerapan ISQM 1 didorong oleh prinsip untuk membuat system of quality management (SoQM) yang disesuaikan dengan KAP dan basis klien mereka. Skalabilitas ini memungkinkan KAP untuk merancang sebuah sistem yang mengatasi keadaan khusus dan risiko mereka.

 

Sistem manajemen kualitas ini dapat disusun dengan memfokuskan pada delapan komponen utama, yaitu:

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

  1. Firm’s risk assessment process

  2. Relevant ethical requirements

  3. Resources

  4. Engagement performance

  5. Acceptance and continuance

  6. Information and communication

  7. Governance and leadership

  8. Monitoring and remediation process.

 

Dari komponen-komponen di atas, diketahui bahwa implementasi ISQM 1 mengubah checklist-based approach menjadi risk-based approach. ISQM 1 membuat kantor akuntan publik harus memahami kondisi KAP, menelaaah, dan merespons risiko-risiko yang ditemukan pada KAP-nya. ISQM 1 juga menuntut adanya leadership pada komponen governance and leadership. Poin terakhir juga menunjukkan adanya penambahan remediation process pada komponen yang awalnya hanya monitoring saja.

 

Sandra Pracipta, Anggota Dewan Pengurus IAPI berpendapat bahwa akuntan publik harus dapat merespons dengan positif atas implementasi ISQM 1 karena penting untuk peningkatan kualitas audit. Sandra menyampaikan pentingnya peran IAPI untuk aktif dalam memberikan pengetahuan terkait standar baru ini kepada profesi akuntan publik. Selain itu, Sandra juga mengingatkan perlunya kolaborasi antar KAP agar akuntan publik dapat memahami penerapan standar lebih tepat dan cepat.


Kapan ISQM 1 Berlaku secara Efektif?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ISQM 1 menyatakan bahwa sebuah KAP harus memiliki sistem manajemen kualitas. Setiap KAP yang melakukan audit berdasarkan standar internasional IAASB wajib merancang dan menerapkan sistem manajemen kualitas yang sesuai dengan ISQM 1 pada tanggal 15 Desember 2022.

 

Terhitung dari tanggal tersebut, sudah banyak negara di dunia yang mengadopsi ISQM 1, seperti negara-negara dari Uni Eropa, Britania Raya, Kanada, Australia, dan beberapa negara lain yang berkomitmen untuk menyesuaikan standar audit mereka dengan standar internasional. Di Asia Tenggara sendiri, ISQM 1 telah diadaptasi oleh beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina. Sementara itu, Indonesia masih dalam tahap penyusunan adaptasi ISQM 1 dan rencananya akan rampung pada tahun depan.


Kesimpulan

Pada intinya, kualitas merupakan aspek yang sangat penting dalam audit untuk memastikan kepatuhan dan akurasi. Untuk membantu memastikan kualitas, IAASB pun mengeluarkan ISQM 1 sebagai standar yang mengatur manajemen kualitas dalam praktik audit, review, asuransi, dan layanan lainnya.

 

Implementasi ISQM 1 pada KAP dapat memungkinkan Anda memperoleh laporan audit dengan standar kualitas yang diperlukan sehingga dapat memberikan kepercayaan kepada klien serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Ingin mendapatkan jaminan kualitas untuk laporan audit keuangan Anda? Serahkan urusan tersebut kepada auditor independen melalui jasa audit laporan keuangan di Konsultanku. Kunjungi website sekarang dan dapatkan solusi terbaik!

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi