Ini Dia Proses dalam Melakukan Pengadaan SDM Perusahaan

Pengadaan SDM sudah semestinya dilakukan seserius mungkin oleh perusahaan. Dalam praktiknya, proses pengadaan SDM pun harus dipersiapkan sedemikian rupa agar tenaga kerja dapat diseleksi secara maksimal sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

an image

 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang langkah-langkah (prosedur) dalam melaksanakan pengadaan SDM untuk perusahaan.

 

Baca Juga:
Ini Dia Proses Peramalan (Forecasting) Kebutuhan SDM Perusahaan!
Manajemen SDM: Kebijakan dan Praktiknya dalam Perusahaan!
Kepemimpinan Transaksional vs. Transformasional, Pilih Mana?
Meramal Kebutuhan Tenaga Kerja di Masa Depan lewat Manajemen SDM!

 

Proses Pengadaaan SDM

Dalam proses pengadaan SDM, ada beberapa langkah yang harus dilakukan perusahaan. Langkah-langkah tersebut antara lain mencakup peramalan kebutuhan SDM, rekrutmen atau penarikan SDM, seleksi SDM, dan penempatan karyawan.

 

Peramalan Kebutuhan SDM

Langkah pertama yang harus dimulai dalam proses pengadaan SDM adalah peramalan kebutuhan SDM.

Baca Juga:
Inne Rachma Hardjanto: Kisah Sukses Diaspora Indonesia di Eropa
Cristiano Ronaldo, Mungkinkan Ini Alasan CR7 Pindah ke Italia?
Penting! Fungsi dan Tujuan Manajemen SDM bagi Perusahaan
Manajemen SDM: Kebijakan dan Praktiknya dalam Perusahaan!

 

Peramalan ini sangat pentin untuk memprediksi skill apa saja yang dibutuhkan perusahaan, baik untuk saat ini maupun skill yang dibutuhkan untuk jangka panjang. Dari peramalan inilah, perusahaan juga dapat menentukan berapa dan apa saja posisi jabatan yang sekiranya lowong.

 

Rekrutmen atau Penarikan SDM

Setelah memprediksi skill yang dibutuhkan perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang serta menentukan posisi jabatan yang lowong, perusahaan bisa lanjut ke proses rekrutmen.

 

Umumnya, perusahaan akan memasang iklan-iklan lowongan kerja untuk menarik SDM eksternal (external source). Sedangkan, perekrutan SDM internal (internal source) dilakukan dengan cara promosi-demosi atau rotasi jabatan. Perusahaan juga dapat memutasi (memindahkan) karyawannya ke salah satu cabang perusahaan di wilayah lain.

 

Seleksi SDM

Seleksi SDM menurut Sofyandi merupakan suatu proses dalam mengidentifikasi dan memilih orang-orang dari sekelompok pelamar yang paling cocok atau yang paling memenuhi syarat untuk menduduki suatu jabatan atau posisi tertentu.

 

Dalam proses ini, perusahaan biasanya menerapkan teknik seleksi bertingkat. Misalnya, seleksi awal adalah seleksi berkas dan latar belakang kandidat. Lalu, jika kandidat lolos seleksi berkas dan latar belakang, kandidat harus mengikuti tes psikologi dan tes wawancara.

 

Metode seleksi bertingkat ini dinilai dapat memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang lebih kompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga: Manajemen SDM: Kebijakan dan Praktiknya dalam Perusahaan!

 

Penempatan Karyawan

Setelah mendapatkan kandidat-kandidat terbaik, sekarang waktunya melakukan proses penempatan karyawan.

 

Umumnya, perusahaan melakukan proses penempatan karyawan dengan mempertimbangkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, usia, status perkawinan, kesehatan fisik, dan lain sebagainya.


< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi