Ini Dia Proses dalam Melakukan Pengadaan SDM Perusahaan



Pengadaan SDM sudah semestinya dilakukan seserius mungkin oleh perusahaan. Dalam praktiknya, proses pengadaan SDM pun harus dipersiapkan sedemikian rupa agar tenaga kerja dapat diseleksi secara maksimal sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang langkah-langkah (prosedur) dalam melaksanakan pengadaan SDM untuk perusahaan.

 

Proses Pengadaaan SDM

Dalam proses pengadaan SDM, ada beberapa langkah yang harus dilakukan perusahaan. Langkah-langkah tersebut antara lain mencakup peramalan kebutuhan SDM, rekrutmen atau penarikan SDM, seleksi SDM, dan penempatan karyawan.

 

Peramalan Kebutuhan SDM

Langkah pertama yang harus dimulai dalam proses pengadaan SDM adalah peramalan kebutuhan SDM.

 

Peramalan ini sangat pentin untuk memprediksi skill apa saja yang dibutuhkan perusahaan, baik untuk saat ini maupun skill yang dibutuhkan untuk jangka panjang. Dari peramalan inilah, perusahaan juga dapat menentukan berapa dan apa saja posisi jabatan yang sekiranya lowong.

 

Rekrutmen atau Penarikan SDM

Setelah memprediksi skill yang dibutuhkan perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang serta menentukan posisi jabatan yang lowong, perusahaan bisa lanjut ke proses rekrutmen.

 

Umumnya, perusahaan akan memasang iklan-iklan lowongan kerja untuk menarik SDM eksternal (external source). Sedangkan, perekrutan SDM internal (internal source) dilakukan dengan cara promosi-demosi atau rotasi jabatan. Perusahaan juga dapat memutasi (memindahkan) karyawannya ke salah satu cabang perusahaan di wilayah lain.

 

Seleksi SDM

Seleksi SDM menurut Sofyandi merupakan suatu proses dalam mengidentifikasi dan memilih orang-orang dari sekelompok pelamar yang paling cocok atau yang paling memenuhi syarat untuk menduduki suatu jabatan atau posisi tertentu.

 

Dalam proses ini, perusahaan biasanya menerapkan teknik seleksi bertingkat. Misalnya, seleksi awal adalah seleksi berkas dan latar belakang kandidat. Lalu, jika kandidat lolos seleksi berkas dan latar belakang, kandidat harus mengikuti tes psikologi dan tes wawancara.

 

Metode seleksi bertingkat ini dinilai dapat memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang lebih kompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga: Manajemen SDM: Kebijakan dan Praktiknya dalam Perusahaan!

 

Penempatan Karyawan

Setelah mendapatkan kandidat-kandidat terbaik, sekarang waktunya melakukan proses penempatan karyawan.

 

Umumnya, perusahaan melakukan proses penempatan karyawan dengan mempertimbangkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, usia, status perkawinan, kesehatan fisik, dan lain sebagainya.


Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi