Pentingnya Sistem Informasi Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, serta Manfaatnya



Pekerjaan dalam hal mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dalam satu perusahaan memang tidak mudah. Bagaimana tidak, kadang kala, mengatur diri kita sendiri saja sudah susah, apalagi mengatur, mengawasi, ditambah mengevaluasi kinerja orang lain?

 

Untungnya, perkembangan teknologi yang semakin cepat dan mutakhir melahirkan suatu alat atau sistem yang dapat mempermudah urusan-urusan tersebut, yakni Sistem Informasi Manajemen SDM (SI-MSDM).

 

Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sistem Informasi Manajemen SDM (selanjutnya disebut SI-MSDM) bisa dibilang merupakan penggabungan antara sumber daya manusia dengan teknologi informasi melalui perangkat lunak. Hal ini membuat segala proses dan aktivitas SDM yang berhubungan dengan kinerjanya dapat diakses melalui perangkat lunak (elektronik).

 

Kemudahan akses melalui perangkat lunak inilah yang mendatangkan manfaat bagi perusahaan untuk merencanakan biaya dan mengelola SDM secara efektif dan efisien.

 

Penggunaan SI-MSDM dapat diterapkan untuk mengurus sejumlah aktivitas yang melibatkan partisipasi SDM perusahaan, misalnya absensi, administrasi, hingga penggajian karyawan.

 

Baca Juga: Penting! Fungsi dan Tujuan Manajemen SDM bagi Perusahaan

 

Fungsi Sistem Informasi Manajemen SDM

Fungsi Pencatatan

Pencatatan yang dimaksud adalah pencatatan terhadap data-data karyawan perusahaan. Pencatatan ini pun terbagi menjadi dua, yakni pencatatan database dan pencatatan informasi pekerjaan.

 

Pencatatan database karyawan mencakup data tentang tanggal lahir, kontak, alamat, informasi keluarga, dan lain sebagainya. Sementara itu, pencatatan informasi pekerjaan karyawan mencakup berbagai informasi tentang posisi pekerjaan, divisi, jumlah pendapatan gaji, struktur organisasi, dan sebagainya.

 

Fungsi Efisiensi

SI-MSDM tentu dapat mengelola data dengan lebih efisien karena data seluruh karyawan dikelola, disimpan, dan dikerjakan dalam satu aplikasi.

 

Fungsi Recruitment dan Penerimaan

SI-MSDM juga menawarkan fungsi berupa pemrosesan sistematik dalam hal pencarian, perekrutan, dan penerimaan pegawai dengan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Fungsi Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja

Di samping pengelolaan data, SI-MSDM juga memiliki fungsi pelatihan dan pengembangan tenaga kerja yang berguna untuk meningkatkan skill, performa, dan wawasan karyawan.

 

Fungsi Administrasi Keuangan

Fungsi administrasi yang berhubungan dengan karyawan seperti perhitungan gaji, potongan pajak, tunjangan, dan sebagainya juga dapat dikelola dalam SI-MSDM.

 

Fungsi Absensi

Fungsi absensi berkaitan dengan pengelolaan kehadiran, seperti jam masuk dan jam pulang sehingga jam kerja karyawan menjadi lebih optimal dan efisien.

 

Tambah lagi, SI-MSDM ini dapat membuat jadwal kerja tiap karyawan yang efektif sesuai dengan beban tugas dan tanggung jawab masing-masing.

 

Baca Juga: Manajemen SDM: Kebijakan dan Praktiknya dalam Perusahaan!

 

Keunggulan Sistem Informasi Manajemen SDM

SI-SDM tentu menawarkan lebih banyak keunggulan dibanding sistem manajemen SDM konvensional. Diantaranya, manajemen SDM lewat Sistem Informasi akan lebih menghemat waktu dan menghemat pengeluaran biaya untuk tenaga ahli SDM. Selain itu, data-data yang dikelola dalam SI-MSDM akan lebih terjamin keamanannya serta memudahkan para karyawan untuk mengakses informasi terkait jadwal kerja, proyek yang harus dikerjakan, dan upah kerjanya masing-masing.


 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi