Leadership dalam Perusahaan dan Cara Membangunnya



Leadership atau kepemimpinan merupakan skill yang paling diperhitungkan oleh perusahaan dalam menerima karyawan baru. Sebenarnya, mengapa kemampuan leadership menjadi sangat penting dan bagaimana cara membangunnya?

 

Leadership dalam Perusahaan

Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi, serta mengawasi orang lain agar mereka dapat menyelesaikan tugas yang telah ditargetkan guna mencapai tujuan tertentu.

 

Maka, tak heran jika leadership disebut sebagai bagian inti dari manajemen perusahaan. Sebab, melalui sistematika leadership yang baik, peluang akan tercapainya target dan tujuan perusahaan pun jadi memperbesar.

 

Oleh karenanya, tiap perusahaan diharapkan mempunyai sistem kepemimpinan yang kuat agar efektivitas dan optimalisasi bisnis pun dapat tercapai.

 

Pentingnya Leadership bagi Perusahaan

Di balik suksesnya suatu perusahaan, pasti tidak hanya satu ‘kepala’ saja yang bekerja. ‘Kepala-kepala’ yang pada dasarnya menjadi tonggak perusahaan ini, tentu harus memiliki arahan agar tercipta suatu integritas yang memandang pada satu tujuan yang sama pula.

 

Dari sinilah leadership memegang peranan penting sebagai kunci keberhasilan dalam tim. Tiap-tiap keputusan, gerakan, dan laju pembangunan perusahaan membutuhkan suatu arahan yang terintegrasi dalam sistem kepemimpinan perusahaan.

 

Dengan demikian, kekuatan leadership yang baik disertai kerja sama tim yang baik pula akan memperlancar pencapaian visi dan misi perusahaan. Segala hambatan dan rintangan dalam proses pencapaian tujuan pun dapat dihadapi bersama-sama oleh tim.

 

Baca Juga: Meramal Kebutuhan Tenaga Kerja di Masa Depan lewat Manajemen SDM!

 

Cara Membangun Leadership yang Baik

Meskipun leader memiliki peran sentral dalam mensukseskan kinerja perusahaan, tetapi pada praktiknya, seluruh karyawan pun harus turut memiliki skill kepemimpinan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun kemampuan leadership karyawan perusahaan Anda.

 

Melatih Budaya Disiplin

Mengembangkan budaya disiplin baik dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi adalah suatu keharusan untuk memiliki skill kepemimpinan yang baik. Kedisiplinan di tempat kerja memiliki porsi yang besar dalam leadership.

 

Sikap disiplin ditunjukkan melalui ketepatan dalam memenuhi tenggat waktu, ketepatan dalam menepati janji, serta ketepatan waktu dalam mengakhiri pertemuan.

 

Kebiasaan disiplin dapat dilatih mulai dari hal-hal kecil seperti bangun pagi dan rutin berolahraga setiap hari, dan lain sebagainya. Individu yang sudah terbiasa untuk disiplin terhadap hal-hal paling kecil sekalipun, maka akan mudah disiplin dalam mengerjakan hal-hal yang lebih besar.

 

Menginspirasi Karyawan

Sebagai seorang leader, tentu segala tindak-tanduknya menjadi perhatian para bawahannya. Oleh karena itu, seseorang yang ditunjuk sebagai leader harus mampu menginspirasi sekaligus memotivasi orang-orang yang bekerja dengannya untuk menerapkan disiplin kerja sebaik mungkin.

 

Memberdayakan Rekan Tim

Terkadang, seorang karyawan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai tenggat waktu bukan semata-mata karena ia tidak mempunyai disiplin waktu. Boleh jadi, beban pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya masih terlalu berat untuk dikerjakan sendiri. Hal ini dapat terjadi jika dalam suatu tim, hanya terdapat satu orang saja yang dapat diandalkan dalam mengerjakan tugas tersebut. Untuk itulah, dibutuhkan pemberdayaan tim.

 

Memberdayakan tim diantaranya dapat dilakukan melalui pemberian kepercayaan atau delegasi tugas kepada individu yang lain apabila suatu pekerjaan tidak memungkinkan untuk dihadapi sendiri dengan tenggat waktu yang sempit.

 

Mendelegasikan tugas kepada orang lain tak hanya membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan, tetapi juga memberdayakan dan melatih skill setiap orang dalam tim agar dapat diandalkan untuk mengerjakan tugas dengan teknis yang mirip.

 

Menetapkan Tujuan yang Kuat

Visi dan misi perusahaan yang sempurna sekalipun tidak akan dapat berhasil jika tidak ada tujuan yang kuat untuk menggiring jalan menuju ke sana.

 

Dari sinilah, dibutuhkan perumusan rencana yang tepat dengan tolok ukur realistis yang akan memberi jalan untuk memandu jalannya bisnis dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Analisis Pekerjaan

 

Melalui perumusan rencana yang tepat dan realistis, waktu dan skill yang diinvestasikan karyawan pun akan lebih efisien. Bila sudah demikian, praktik leadership pun dapat berjalan dengan lebih mulus.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi