Bisa Punya Brand Tanpa Pabrik? Kenalan dengan Bisnis Maklon!

Pernahkah Anda bercita-cita memiliki brand sendiri, tetapi masih merasa terlalu awam untuk mendirikan pabrik sendiri? Jika Anda merasa relate dengan hambatan tersebut, jangan khawatir. Sebab, keberadaan perusahaan maklon memungkinkan Anda untuk memiliki merek dagang sendiri tanpa harus membangun pabrik!

an image

 

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Maklon?

Kata maklon sendiri berasal dari bahasa Belanda maakloon yang memiliki arti “biaya produksi”. Istilah ini lantas diserap ke dalam bahasa Indonesia dan berubah menjadi “maklon”. Dalam dunia bisnis, maklon bukan istilah yang asing lagi, terutama di sektor pakaian dan kosmetik.Secara istilah, maklon adalah perusahaan jasa pengolahan produk yang dilakukan oleh pihak lain.

 

Cara Kerja Maklon

Masing-masing perusahaan maklon tentu memiliki cara kerja, prosedur, dan kebijakan tersendiri. Perbedaan ini antara lain disebabkan budaya kerja tiap perusahaan yang berlainan satu sama lain.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Meskipun demikian, proses atau cara kerja maklon secara umum dapat diringkas menjadi langkah-langkah berikut:

  1. Mengadakan diskusi kesepakatan kerja sama antara pemilik brand dan penyedia jasa maklon. Diskusi ini meliputi besaran biaya yang akan dikeluarkan calon pemilik merek dagang, spesifikasi produk, lama proses, dan lain sebagainya.

  2. Pembuatan sample produk yang dilakukan setelah kesepakatan terbentuk. Dalam tahap ini, penyedia jasa akan membuatkan sample produk dan mendiskusikannya dengan calon pemilik brand.

    Baca Juga:
    Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
    Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
    Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
    Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

  3. Pengurusan dokumen-dokumen legalitas dan sertifikasi sesuai dengan kebutuhan klien.

  4. Produksi secara massal setelah sample disetujui dan semua persiapan telah berhasil diselesaikan.

 

Dasar Hukum Bisnis Jasa Maklon

Ketentuan terkait jasa maklon tentu tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN), UU Pajak Penghasilan (PPh), Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.010/2019, dan PMK Nomor 141/PMK.03/2015.

 

Aspek Perpajakan Jasa Maklon

Sama halnya seperti bisnis jasa lain, maklon dalam pelaksanaannya juga terkena pajak, yang artinya penyerahannya dikenakan pungutan PPN. Selain itu, penyedia jasa pembuatan produk ini juga tidak luput dari kewajiban membayar PPh Pasal 23.

 

1. Aspek PPN

Mengacu kepada UU HPP sebagai aturan perpajakan terbaru, maka jelas bahwa tarif PPN yang berlaku adalah sebesar 11%. Akan tetapi, pemerintah memberikan fasilitas khusus untuk jasa maklon yang hasil produksinya digunakan untuk kepentingan ekspor.

 

Adapun fasilitas PPN yang diberikan oleh pemerintah adalah sebanyak 0%, tetapi perusahaan harus memenuhi syarat perusahaan dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Perincian dan bahan baku atau setengah jadi disediakan oleh penerima barang atau pengguna jasa.

  2. Bahan baku atau setengah jadi diproses untuk menghasilkan barang kena pajak (BKP).

  3. Kepemilikan atas BKP terletak kepada pengguna jasa. Pengiriman BKP yang dihasilkan oleh pengusaha jasa maklon dilakukan ke luar daerah pabean (instansi yang mengawasi).

  4. Dikhususkan untuk penerima produk ekspor atau yang dikenakan pajak luar negeri.

 

2. Aspek PPh

Dari sisi pajak penghasilan, pembayaran jasa maklon oleh pihak pengguna jasa kepada pihak pemberi jasa akan dipotong PPh sebesar 2% dari jumlah bruto (tidak termasuk PPN). Dalam hal ini, jumlah bruto yang dimaksud merupakan total keseluruhan barang produksi dengan nama dan bentuk apa pun yang dibayarkan, serta disediakan untuk dibayarkan atau sudah masuk jatuh tempo pembayarannya.

 

Di samping itu, perusahaan penyedia jasa juga membutuhkan kontrak atau perjanjian antara pengguna layanan dan pemilik perusahaan jasa. Dengan adanya kontrak berbayar ini, kedua belah pihak diharapkan mampu melaksanakan tugas masing-masing secara maksimal. Pembiayaan sendiri biasanya sangat bergantung dari jenis produk yang akan diproduksi, termasuk memperhitungkan komposisi bahan yang diperlukan dan jumlah produk.

 

Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Jasa Maklon

Tak dapat dipungkiri bahwa berbisnis menggunakan jasa maklon memang menggiurkan. Akan tetapi, bukan berarti bahwa perusahaan maklon bebas dari kekurangan. Berikut adalah keunggulan dan kelemahan menggunakan jasa maklon dalam berbisnis.

 

Keunggulan Maklon

Saat memutuskan untuk menggunakan jasa maklon dalam untuk memproduksi barang, Anda tentu tak perlu mengurus pekerja produksi dalam hal mengatur cuti, penilaian kinerja, pengembangan karyawan, pembayaran hingga kesejahteraan pekerja.

 

Selain itu, kelebihan maklon adalah membuat pemilik brand tak perlu memusingkan efisiensi penggunaan kapasitas pabrik. Proses produksi massal pun dapat dilakukan secepat mungkin karena jasa maklon sudah menghilangkan proses riset produk.

 

Karena tidak perlu melakukan riset produk, Anda pun jadi bisa memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk memasarkan dan menjual produk. Dengan mempercayakan tanggung jawab produksi pada perusahaan maklon, waktu yang dialokasikan untuk membangun strategi pemasaran dan penjualan pun jadi lebih banyak.

 

Yang tidak kalah menguntungkan, Anda tidak perlu mengurus perizinan seputar produksi produk, seperti perizinan BPOM, legalitas produk, atau sertifikasi halal MUI. Sebab, semua hal tersebut sudah dikantongi oleh perusahaan maklon selaku produsen.

 

Kelemahan Maklon

Di samping memproduksi barang milik brand Anda, perusahaan maklon juga memproduksi barang-barang untuk merek dagang lainnya secara massal. Oleh karena itu, tak heran kalau produk yang diproduksi pada maklon yang sama akan memiliki formulasi dan model produk yang mirip dengan merek bisnis lain.

 

Dengan demikian, bisa dibilang bahwa produk keluaran pabrik maklon adalah produk yang tidak memiliki keunikan, hanya berbeda dari sisi packaging atau kemasan saja. Hal ini akan menjadi PR besar untuk Anda dalam memasarkan produk agar tetap stand out.

 

5 Jenis Produk yang Dijual Perusahaan Maklon

Sebagai inspirasi, berikut kami berikan pembahasan mengenai 5 jenis produk yang umumnya diproduksi perusahaan maklon.

 

1. Maklon Produk Kosmetik

Jasa maklon kosmetik bisa Anda manfaatkan ketika ingin membuat brand kosmetik sendiri tapi bingung mulai dari mana. Anda hanya perlu mendiskusikan spesifikasi produk ingin dihasilkan, kemudian penyedia jasa maklon akan merangkai formula dan melakukan produksi massal kosmetik yang Anda inginkan.

 

Tenang saja, soal kepemilikan brand kosmetik akan tetap menjadi hak milik Anda sebagai pemilik merek. Karena pada dasarnya penyedia jasa maklon memang hanya membantu untuk mewujudkan bisnis yang terhalang Anda ciptakan karena satu dan lain hal.

 

2. Maklon Produk FnB

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri makanan dan minuman memegang peran penting bagi perekonomian nasional. Sebagian besar makanan dan minuman yang banyak digemari pun yang berbentuk instan. Karenanya, Anda bisa mengandalkan jasa makanan dan minuman instan untuk membantu memproduksi barang instan yang diinginkan.

 

Bukan hanya itu, penyedia jasa ini juga bisa diandalkan untuk mengurus pengemasannya. Perlu diperhatikan juga untuk memilih jasa maklon makanan dan minuman instan yang sudah mengantongi izin. Agar Anda tidak perlu repot untuk mengurus izin memproduksi barang seperti BPOM, legalitas produk, atau sertifikasi halal MUI.

 

3. Maklon Produk Fashion dan Konveksi

Konveksi adalah jasa maklon yang menghasilkan produk berupa pakaian. Proses produksi biasanya menggunakan metode cut make trim (CMT). Proses tersebut meliputi cutting atau memotong bahan baku sesuai dengan pola baju, making alias proses menjahit, dan yang terakhir adalah trimming atau tahap merapikan pakaian yang sudah jadi.

Dalam jasa maklon konveksi, desain baju biasanya dibuat oleh pengorder bukan penyedia jasa. Setelah sampel disetujui, barulah pemilik jasa maklon mengeksekusinya. Beberapa perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa konveksi ini biasanya menghasilkan produk seperti garmen, jaket, seragam, dan sprei.


 

4. Maklon Sepatu

Maklon sepatu ini hampir sama dengan konveksi, karena keduanya menggunakan metode cut make trim (CMT). Bisnis pembuatan sepatu tentunya bukanlah hal mudah yang bisa dikerjakan oleh perorangan. Jika sudah begini, maka jasa maklon sepatu adalah solusinya.

Serahkan tugas memproduksi sepatu pada jasa maklon ini. Anda pun tidak perlu lagi pusing memikirkan ribetnya produksi sepatu. Tapi, Anda tetap bisa ikut berkontribusi dengan memberikan desain sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa ikut terlibat dalam memilih bahan sepatu yang seperti apa yang cocok untuk produk Anda.

 

5. Maklon Herbal

Produk lainnya yang saat ini merajalela di pasar adalah berbahan dasar herbal. Semakin banyak orang beralih menggunakan produk herbal, sehingga semakin banyak pula perusahaan yang menyediakan jasa maklon ini.

Alur yang dilewati hampir sama seperti maklon kosmetik atau makanan dan minuman instan. Yakni melakukan spesifikasi produk terlebih dahulu oleh pemilik bisnis, kemudian berlanjut pada proses produksi dan yang terakhir Anda bisa memasarkannya secara pribadi.

Lantaran ini produk herbal, tentunya penyedia jasa ini adalah para tenaga profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena produk yang nantinya dihasilkan sudah pasti berkualitas di kelasnya dan terjangkau.
 

maklon adalah

maklon adalah

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi