Ramadan menjadi momen tahunan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Momen seperti ini juga selalu dinanti bagi para pengusaha, karena biasanya omzet saat ramadan bisa naik hingga 2 kali lipat lebih besar dibanding bulan-bulan biasa.

an image

 

Tidak terkecuali bagi masyarakat lainnya yang memanfaatkan momen ramadan hingga menjelang lebaran untuk memulai bisnis yang kira-kira menguntungkan. Jika Anda ingin memanfaatkan momen menjelang lebaran dengan membuka bisnis atau usaha, mungkin beberapa ide ini bisa menjadi pilihan.

 

Aneka Kue Kering Lebaran

Kue kering menjadi hidangan paling favorit saat Hari Raya Idul Fitri atau saat lebaran. Berbagai macam kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, hingga lidah kucing wajib tersedia untuk menyambut tamu yang datang ke rumah.

 

Jika Anda suka memasak kue, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Selain keuntungan yang menjanjikan, hobi Anda juga akan tersalurkan. Tetapi jika Anda tidak pandai memasak kue, Anda bisa menjadi reseller atau dropshiper. Cari supplier yang sudah berpengalaman dalam membuat kue kering.

 

1-2 minggu menjelang lebaran menjadi waktu yang cocok untuk memulai bisnis kue kering. Karena biasanya, beberapa hari menjelang lebaran pembeli mulai memesan untuk stok saat lebaran.

 

Pakaian dan Perlengkapan Salat

Pakaian dan perlengkapan salat baru menjadi hal yang cukup wajib untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Demi tampil lebih fresh saat lebaran, orang-orang berbondong-bondong berburu pakaian dan perlengkapan salat baru di pusat perbelanjaan maupun belanja online.

 

Anda dapat memanfaatkan peluang usaha ini dengan baik dengan memperhatikan tren pakaian muslim atau perlengkapan salat terbaru. Cari vendor atau supplier yang berpengalaman agar Anda mendapatkan produk yang berkualitas

 

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis terbilang cukup besar. Tetapi, jika Anda memasarkan dengan baik, akan mendapatkan untung yang setimpal.

 

Hampers atau Parsel Lebaran

Memberikan parsel kepada keluarga, sahabat, partner bisnis, karyawan atau tetangga sudah seperti tradisi menjelang lebaran. Untuk itu, parsel menjadi salah satu produk yang dicari menjelang lebaran.

 

Kreatifitas dalam membuat parsel yang menarik sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini. Semakin menarik parsel yang dibuat, kemungkinan laris manis akan terlihat. Modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini bervariasi tergantung isi dan bahan parsel yang akan dijual.

 

Rental Mobil 

Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi menjelang lebaran di Indonesia. Transportasi umum menjadi yang paling diminati sebagian orang untuk mudik, lalu sebagian lagi biasa menggunakan kendaraan pribadi.

 

Namun beberapa orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, ingin merasakan mudik menggunakan mobil agar lebih cepat dan efektif untuk mobilitas di kampung halaman. Untuk itu banyak yang mencari rental mobil.

 

Jika Anda mempunyai beberapa mobil yang tidak terpakai, Anda bisa menyewakan mobil menjelang lebaran tiba. Harga sewa yang cukup tinggi dibanding hari biasa, Anda akan merasakan keuntungan yang menarik. Terlebih jika Anda juga memberikan jasa sopir pribadi.

 

Ketupat Lebaran

Ketupat menjadi makanan khas yang disajikan saat lebaran. Kombinasi antara ketupat dan opor dapat memeriahkan suasana Hari Raya Idul Fitri. Oleh sebab itu, menjelang lebaran masyarakat ramai memburu ketupat.

 

Jika memiliki keahlian dalam membuat ketupat, tidak ada salahnya mencoba bisnis ketupat. Dengan modal yang terbilang kecil, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan.

 

Tukar Uang Receh

Lebaran tidak lengkap tanpa bagi-bagi uang ke keluarga ataupun anak kecil. Uang yang dibagikan biasanya dengan nominal yang kecil atau recehan. Untuk itu biasanya banyak orang yang membutuhkan uang receh.

 

Jika tertarik Anda dapat memanfaatkan peluang jasa tukar uang receh. Uang receh tersebut bisa Anda dapatkan di bank. Keuntungan dari jasa penukaran uang receh terbilang lumayan.



< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi