10+ Ide Bisnis Bulan Puasa, Raup Untung Selama Bulan Ramadhan!

Ramadan sudah tiba! Di bulan penuh berkah ini, Anda tentu sudah bersiap untuk meraup pahala selama berpuasa. Selain pahala, Anda juga dapat meraup cuan dengan menggarap beberapa ide bisnis musiman untuk bulan puasa! Nah, berikut kami rangkum 10+ ide bisnis yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha pada bulan ramadan!

an image

 

10+ Ide Bisnis Bulan Puasa

Di Indonesia, Anda dimungkinkan untuk menjajal berbagai macam bisnis musiman. Bisnis semacam ini cenderung ramai di saat-saat tertentu, misalnya bisnis kaos sepak bola saat musim Piala Dunia dan bisnis kukis yang banjir pesanan saat menjelang lebaran. Nah, di samping bisnis kue kering, berikut 10 ide usaha yang ramai digandrungi pada bulan puasa!

 

Menjual Baju Muslim

Baju muslim banyak dicari pada bulan ramadan untuk mempersiapkan outfit lebaran. Oleh karenanya, tak heran jika bisnis yang satu ini banjir pesanan menjelang hari raya karena banyaknya permintaan akan produk fashion muslim. Hal tersebut membuat bisnis baju muslim jadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan meski memiliki banyak pemain.

 

Bisnis Katering untuk Sahur dan Berbuka

Terkadang, jam kantor yang berpakem pada sistem 8-17 dan 9-18 membuat sebagian orang jadi tak sempat mempersiapkan hidangan berbuka setiba di rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu solusi, yaitu: pesan catering masakan untuk menu berbuka!

 

Voila! Berangkat dari permasalahan tersebut, terbuka satu lagi peluang bisnis bulan puasa. Untuk Anda yang hobi memasak, jangan sia-siakan kesempatan ini. Selain menu berbuka, Anda juga dapat membuka pesanan untuk menu masakan sahur, lho!

 

Catering Lebaran Idul Fitri

Idul Fitri identik dengan acara makan-makan bersama keluarga setelah menyelesaikan salat ied. Umumnya, masakan yang disajikan adalah ketupat sayur dan rendang. Namun, apa jadinya jika Anda terlalu sibuk untuk memasak menu lebaran? Jalan keluarnya: yap, katering lagi! Selain enak, dengan catering, ini tentu menjadikan urusan masak-memasak jadi lebih praktis.

 

Selain itu, solusi catering lebaran ini dapat dijadikan bisnis. Anda bisa membuka kuota katering, lalu memasak menu lebaran dengan menyesuaikan jumlah pesanan sekaligus memenuhi kebutuhan kudapan lebaran untuk keluarga sendiri.

 

Bisnis Parsel atau Hampers Lebaran

Di Indonesia, kegiatan saling memberi hampers tampaknya telah menjadi tren tersendiri. Faktor itulah yang membuat bisnis parsel atau hampers kerap jadi bisnis musiman yang mencapai puncak keramaian pada hari-hari tertentu, salah satunya hari raya idul fitri.

 

Selain mendatangkan cuan, ide bisnis satu ini amat mengasyikkan saat dikerjakan, terlebih bagi Anda yang dianugerahi “jari-jari kreatif”.

 

Jualan Takjil dan Minuman Berbuka

Selain menggarap bisnis catering buka puasa, Anda juga dapat berbisnis takjil dan minuman segar untuk berbuka. Berjualan takjil bisa dibilang merupakan ide bisnis yang simple dan paling banyak digandrungi. Anda bisa menjajakan berbagai macam kudapan sederhana, seperti lontong, risol, lumpia, dan bakwan. Sediakan juga minuman segar sebagai pendamping santapan, misalnya es teh atau es buah.

 

Bisnis Perlengkapan Ibadah

Selain busana muslim, perlengkapan ibadah juga disinyalir merupakan ide bisnis bulan puasa yang memiliki peluang besar. Bisnis perlengkapan ibadah muslim biasanya menjual kain sarung, peci, dan baju koko untuk lelaki atau seperangkat mukena untuk wanita.

 

Bisnis Custom Amplop Lebaran

Selain tradisi makan-makan, masyarakat Indonesia juga punya tradisi nanggok di mana para orang yang lebih tua memberikan uang kepada anak-anak muda. Uang yang diberikan biasanya disimpan di dalam amplop berdesain warna-warni.

 

Permintaan akan amplop nanggok tentu akan melonjak menjelang lebaran. Dengan demand yang tinggi, berjualan amplop lebaran tentu menjadi peluang usaha yang lumayan potensial. Ditambah, jika Anda memiliki skill desain, Anda juga dapat menambahkan jasa custom amplop untuk produk bisnis Anda.

 

Jasa Penukaran Uang Tunai Baru

Sejalan dengan tradisi nanggok, jasa penukaran uang tunai baru juga lumayan ramai konsumen. Hal ini terjadi karena adanya kebiasaan untuk menaruh lembaran uang yang masih baru ke dalam amplop tanggokan. Anda dapat memulai bisnis ini dengan memberikan charge untuk jasa penukaran.

 

Jasa Jahit Baju Lebaran

Saat lebaran, sebagian besar orang ada yang menginginkan baju muslim “kembar” untuk sekeluarga. Biasanya, baju semacam ini dipesan secara langsung dari tukang jahit. Jumlah pesanannya pun tak tanggung-tanggung karena diperuntukkan bagi anggota satu keluarga. Nah, kebutuhan akan baju muslim kembar ini menjadi peluang bisnis yang lumayan potensial.

 

Usaha Kue Kering

Bisnis yang satu ini ibarat primadonanya bisnis “musiman” mengingat peminatnya yang bertambah banyak seiring mendekati hari raya. Kue kering atau kukis memang menjadi kudapan favorit di berbagai hari-hari besar.

 

Biasanya, bisnis kue kering dijalankan dengan sistem PO (pre order) beberapa hari sebelum hari raya. Kukis yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari nastar, kue kacang, putri salju hingga kastengel.

 

Menjual Frozen Food Praktis untuk Sahur

Kadang, ada waktu tertentu di mana Anda bangun kesiangan sehingga tak sempat menyiapkan hidangan sahur yang ribet dan membutuhkan lebih banyak waktu. Opsi yang terlintas dari benak Anda— tak lain dan tak bukan— adalah frozen food atau makanan beku. Masalah pun terselesaikan hanya dengan memasak panganan beku dalam waktu sebentar. Sudah praktis, lezat pula! Efisiensi frozen food membuatnya menjadi bisnis makanan yang menjanjikan karena tidak pernah kehabisan pembeli.

Selain itu, produk yang ditawarkan amat beragam, seperti nugget, kentang goreng, spicy wings, kaki naga, sosis, chicken katsu, dan masih banyak lagi!


Demikian 10+ ide usaha bulan puasa yang dapat Anda jajal untuk meraup cuan selama berpuasa. Namun, perlu diingat bahwa apapun bentuk bisnis yang dijalankan, bisnis tersebut hanya akan berhasil jika dibarengi dengan usaha yang terus-menerus dan ide-ide inovatif.

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi