Sebentar lagi menuju akhir tahun, Konsultanku kembali lagi dengan berbagai ide bisnis yang bisa Anda coba untuk tahun 2023 mendatang. Yuk, simak 10 ide bisnis berikut, jangan sampai melewatkan peluang!

an image

 

Keunggulan Memulai Bisnis Sendiri

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memulai bisnis sendiri. Dengan membangun bisnis, tanpa sadar Anda sudah melatih sikap disiplin dan tanggung jawab. Sebab, kesuksesan bisnis sepenuhnya berada di tangan Anda, mulai dari membuat produk, menyusun strategi marketing hingga melancarkan penjualan.

 

Memulai bisnis sendiri juga membuat Anda lebih leluasa memutar keuangan bisnis. Selain itu, jam kerja pebisnis juga relatif fleksibel, berbeda dengan pekerja kantor yang memiliki jam kerja dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

10 Ide Bisnis Tahun 2023

1. Ide Usaha Laundry Kiloan

Salah satu usaha yang selalu punya peluang baik di pasar bisa jadi adalah usaha laundry kiloan. Apalagi jika Anda tinggal di kota-kota besar yang terkenal dengan mobilitas tinggi dan aktivitas yang cukup sibuk sehari-harinya.

 

Layanan mencuci dan menyetrika pakaian ini jadi pilihan sebagian besar untuk memastikan mereka tetap memiliki pakaian bersih setiap harinya. Usaha laundry ini bisa jadi pilihan usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda, dengan modal Rp10 juta, dan untung bersih setiap bulan Rp3 juta.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Walau terkesan tidak biasa, Anda tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis laundry ini. Anda memulai laundry kiloan di era yang sudah sangat maju secara teknologi, sehingga Anda dapat memanfaatkan banyak kemudahan.

 

2. Ide Bisnis Katering Anak Sekolah

Menuju penghabisan 2022, kebijakan pembatasan fisik kini sudah lumayan longgar. Para pekerja mulai pergi ke kantor. Anak sekolah pun kini dituntut untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (KBM) di sekolah.

 

Dengan kesibukan para orangtua yang kini harus bekerja di kantor (work from office), timbul kekhawatiran akan menu makan siang anak-anaknya di sekolah. Oleh karena itu, membuka bisnis katering untuk anak sekolah merupakan ide yang bagus.

 

Bagi Anda yang gemar memasak, ide bisnis ini layak untuk dicoba. Anda pun jadi bisa memasak berbagai varian menu untuk dijual dan berkreasi dengan menciptakan paket-paket katering.

 

3. Ide Usaha Paket Katering Diet

Selain katering anak sekolahan, ide usaha paket katering diet juga memiliki peluang yang terbuka lebar. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan akan makanan siap santap yang lezat dan sehat.

 

Seringkali, ditemui kasus di mana seseorang merasa harus mencukupi gizi hariannya melalui makanan yang sehat, tetapi tidak tahu cara memasaknya atau di mana tempat menemukannya.

 

Nah, bagai pahlawan, Anda dengan bisnis katering diet pun menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Konsumen jadi bisa menikmati makanan sehat, Anda pun ikut mendapatkan keuntungan dari l penjualan tersebut.

 

4. Jasa Digital Marketing

Di masa perkembangan IPTEK yang makin pesat ini, tak heran jika aktivitas pemasaran dan penjualan (marketing dan sales) banyak yang beralih ke platform digital. Beberapa aplikasi yang sering difungsikan sebagai kanal marketing diantaranya TikTok, YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Twitter.

 

Melalui digital marketing, Anda bisa menaikkan engagement dan brand awareness dari bisnis yang dijalankan. Selain lebih hemat dibanding strategi marketing konvensional, performa digital marketing juga dapat dipantau dengan lebih efektif melalui capaian engagement media sosial.

 

5. Jasa UI/UX Writer

Akhir-akhir ini, pertumbuhan mobile app mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Berdasarkan data Itech-Adjust, pada tahun 2020, diketahui bahwa aplikasi seluler mengalami kenaikan sebesar 50%. Data terbaru pada kuartal pertama 2021, mobile app tercatat masih menorehkan prestasi gemilang dengan pertumbuhan sebesar 31%.

 

Melalui pertumbuhan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasar mobile app sedang marak diminati. Tak heran, jasa UI/UX Writer untuk memenuhi kebutuhan pembuatan aplikasi yang user-friendly pun ikut banjir project.

 

Perkembangan mobile apps dalam beberapa tahun terakhir dapat dilihat sebagai peluang bisnis. Jika Anda suka menulis dan memiliki minat terhadap hal-hal berbau digital, membuka bisnis jasa UI/UX (User Interface/ User Experience) Writer bisa jadi pilihan menarik.

 

6. Ide Bisnis Lunch Box Khusus Vegan atau Plant-Based

Berdasarkan survei terbaru dari Kerry Indonesia pada acara media gathering, diketahui bahwa 50% orang Indonesia bersedia menyantap makanan plant-based secara rutin. Fenomena ini telah sejak lama dilihat sebagai peluang bisnis, terbukti dari berkembangnya bisnis food and beverage (F&B) di Indonesia yang fokus pada makanan nabati.

 

Ide bisnis plant-based lunch box ini cocok untuk Anda yang mahir memasak dan gemar berkreasi dengan makanan. Lebih bagus lagi jika Anda juga seorang vegan yang tentunya sudah “khatam” dengan seluk-beluk makanan plant-based.

 

7. Bisnis Online Dropship

Bisnis dengan model dropship tak pernah sepi peminat. Bagaimana tidak? Model bisnis yang satu ini memungkinkan seseorang untuk menjual produk tanpa modal dan tanpa menyetok barang. Sungguh menarik, bukan?

 

Bagi Anda yang berminat memulai bisnis dropship, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier yang membuka dropship. Setelah menemukan supplier dan produk yang cocok, barulah Anda mulai melancarkan strategi marketing untuk menarik pelanggan.

 

Dalam sistem dropship, Anda berperan sebagai “penghubung” antara pelanggan dengan supplier. Pelanggan memesan barang dan membayar pesanan melalui Anda, lantas Anda meneruskan pesanannya ke supplier. Pihak yang akan menyiapkan dan mengirim pesanan pada pelanggan adalah supplier. Pesanan tentu dikirim atas nama Anda sebagai dropshipper.

 

8. Bisnis Aneka Sambal Rumahan

Tanpa sambal, makan nasi akan terasa kurang sedap. Setidaknya, begitulah kata orang Indonesia. Besarnya minat orang Indonesia terhadap sambal dapat dilihat dari banyaknya jenis sambal yang beredar di masyarakat.

 

Dalam riset terbarunya, peneliti Ilmu Pangan Senior Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito berhasil menghimpun 322 jenis sambal di Nusantara. Tak sampai di situ, Murdjiati juga menemukan bahwa sambal bawang dan sambal terasi jadi duo favorit sambal yang paling sering dipesan di kedai-kedai makanan.

 

Tak hanya bermanfaat sebagai sumber pengetahuan, data mengenai minat sambal orang Indonesia juga bisa dilihat sebagai peluang bisnis. Jika Anda berminat untuk menjajal bisnis sambal, Anda bisa memulainya dengan menjual sambal bawang dan sambal terasi sebagai dua jenis sambal yang paling banyak peminat.

 

9. Bisnis Souvenir

Di tahun 2022, keganasan Covid perlahan mereda. Berbagai acara— seperti seminar dan pernikahan— kini banyak yang diselenggarakan secara offline.

 

Seperti lumrahnya seminar dan resepsi pernikahan, penyelenggara acara biasanya membutuhkan souvenir atau freebies untuk diberikan pada peserta yang hadir. Terlebih, jika acaranya diselenggarakan secara offline. Tak heran, permintaan akan souvenir dan freebies bisa meningkat seiring banyaknya acara yang kini dihelat secara tatap muka.

 

Bagi Anda yang berminat untuk membangun bisnis sendiri dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk menjajal bisnis souvenir mengingat tersedianya peluang dan permintaan yang cukup besar.

 

10. Bisnis Jasa Event Organizer

Senada dengan bisnis souvenir, jasa event organizer juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnis dalam waktu dekat. Sebab, seiring dengan melonggarnya kebijakan pembatasan fisik akibat Covid-19, akan lebih banyak event yang diselenggarakan secara offline dan tentunya membutuhkan jasa event organizer yang berkualitas.

 

ide bisnis, ide usaha, ide bisnis 2023, konsultan pajak, konsultasi pajak

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi