4 Cara Membuat Peluang Usaha, Jangan Sampai Lolos!

Sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu memerlukan sebuah peluang yang memungkinkan untuk dijadikan sebuah usaha. Peluang usaha bisa berasal dari mana saja, mulai dari kebutuhan, keresahan hingga keterbatasan masyarakat dalam memecahkan suatu masalah. Yuk, pahami lebih dalam tentang cara membuat peluang usaha agar rencana bisnis Anda makin matang dan mantap!

an image

 

4 Cara Membuat Peluang Usaha, Harus Gerak Cepat!

Peluang usaha yang potensial itu tidak selalu berjalan dan menghampiri Anda. Ada kalanya Anda memerlukan upaya khusus untuk mendapatkan peluang usaha. Ibarat menjemput bola agar bisa memasukkannya ke dalam gawang, peluang usaha juga harus dijemput demi mencapai sebuah kematangan dalam merencanakan bisnis.

 

Mengenal Apa itu Peluang Usaha

Pada dasarnya, peluang usaha adalah kesempatan yang dicari oleh seseorang yang berniat mendirikan suatu bisnis untuk mencapai tujuan utamanya, yaitu meraih keuntungan.

Baca Juga:
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

 

Dari peluang usaha, Anda akan yakin dengan ide bisnis yang Anda pilih. Anda juga bisa memetakan masa depan akan jadi apakah bisnis Anda selanjutnya.

 

4 Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Ada 4 cara mengidentifikasi peluang usaha berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Mulai dari kebutuhan, kemampuan, hobi, dan lokasi.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Peluang Usaha dari Kebutuhan

Saat ada kebutuhan yang Anda rasa belum dapat terpenuhi dari produk dan jasa yang sudah tersedia, maka Anda bisa menciptakan produk lain yang lebih mumpuni. Ini akan menjadi peluang besar karena permintaan akan produk dan jasa tersebut akan menjadi tinggi.

 

Peluang Usaha dari Kemampuan

Kemampuan yang terdapat di dalam diri sendiri sudah selayaknya dikembangkan menjadi sebuah peluang usaha yang baru. Semisal, Anda bisa menciptakan kue yang lezat, maka tidak salah membuka bisnis kue basah dengan berbagai kreasi yang ada.

 

Peluang Usaha dari Hobi

Siapa sangka jika hobi bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Seperti hobi yang berkaitan dengan wisata kuliner, maka Anda bisa juga menjadi seorang kuliner vlogger atau blogger. Anda juga bisa menjadi orang yang me-review makanan-makanan enak yang disediakan oleh restoran sebagai pertimbangan bagi calon pengunjung.

 

Peluang Usaha dari Lokasi

Menciptakan usaha akan berdampak cukup baik bagi Anda. Semisal, Anda memiliki rumah yang berlokasi di dekat sekolah atau kampus, maka usaha fotokopi bisa menjadi pilihan yang cerdas. Anda juga bisa membuka kedai dengan harga khusus untuk para pelajar.

 

7 Cara Membuat Peluang Usaha

Berdasarkan Modul Guru Pembelajar SMK Kompetensi Profesional: Menciptakan Peluang Usaha karya Posman, S.E. dkk., ada langkah-langkah dan 7 cara membuat peluang usaha yang dapat Anda lakukan.

 

Melihat Masalah yang Ada di Lingkungan Sekitar

Mencari ide untuk menciptakan peluang usaha dapat dimulai dari mengamati lingkungan sekitar. Bila terdapat masalah dalam kesulitan mendapat makanan sehat, Anda dapat membuka usaha makanan dari keadaan tersebut.

 

Memanfaatkan Peluang Secara Jeli

Sikap jeli sangat penting untuk menganalisis masalah yang ada di sekitar. Sebab, itu akan membantu kita dalam menentukan jenis atau bidang usaha yang cocok untuk didirikan berdasarkan kebutuhan pasar.

 

Memilah Peluang Usaha Berdasarkan Potensinya

Anda harus bisa memilah mana jenis usaha yang mempunyai potensi terbesar untuk diciptakan. Poin penting yang harus dipertimbangkan saat menentukan jenis usaha ialah jumlah permintaan pasar terhadap usaha yang akan diciptakan.

 

Memberikan Nilai Tambah

Nilai tambah merupakan hal wajib yang bisa dijadikan pertimbangan saat membuka usaha baru. Agar bisa bersaing dengan kompetitor, produk yang ditawarkan harus memiliki nilai lebih.

 

Menciptakan Peluang Usaha yang Unik

Untuk menciptakan peluang usaha unik, dibutuhkan orang-orang kreatif. Misalnya, tim atau rekan kerja untuk membantu Anda dalam mencari ide usaha dan mencapai target pasar.

 

Memulai dari Hal Kecil untuk Menggapai yang Lebih Besar

Banyak orang merasa takut untuk memasuki dunia bisnis karena persaingan yang berat. Hal itu bisa diatasi dengan memulai usaha dari skala kecil terlebih dulu. Bila usaha sudah berkembang, akan tercipta semangat baru untuk tingkatan yang lebih berat.

 

Usaha kecil di awal berbisnis merupakan batu loncatan untuk menggapai usaha yang lebih besar. Baik dalam hal pendanaan, pendapatan, maupun persaingan pasar.

 

Selalu Berinovasi

Tantangan terbesar dalam menciptakan usaha bukan untuk berada di puncak kesuksesan. Melainkan mempertahankan usaha tersebut agar selalu berada di puncak. Dalam hal ini inovasi adalah kuncinya.

 

Persaingan yang terus meningkat akan memaksa seorang pengusaha untuk selalu berpikir kritis. Bila lengah, lawan tak akan segan untuk menggantikan posisi Anda sebagai juara.

 

Kesimpulan: Pentingnya Mencari dan Membuat Peluang Usaha Sendiri

Melalui pembahasan di atas, Anda dapat mengetahui bahwa: jika sebuah “peluang” tidak bisa berjalan dan menghampiri Anda, maka Anda yang harus menjemputnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti 7 cara membuat peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya.

 

Jangan lupa, yang terpenting dalam berbisnis adalah sikap pantang menyerah dan selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, jangan lupa untuk bayar pajak badan usaha juga, ya!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi