5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Seorang Manajer



Saat Anda menjabat sebagai seorang manajer di suatu perusahaan, maka Anda wajib mempertimbangkan berbagai hal penting untuk menunjang kinerja anda. Tentunya, menjadi seorang manajer tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk membuat pekerjaan berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan perusahaan. Seorang manajer akan selalu dituntut untuk terus menghasilkan output yang terbaik dari keputusan yang berkaitan dengan orang-orang yang bekerja di bawahnya. Lalu, apa sajakah cara yang perlu dilakukan seorang manajer yang baik? Simak tips berikut ini! 


1. Teknik Berkomunikasi yang Baik 

Cakap dalam berkomunikasi adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para bawahan, tentunya akan mempermudah Anda dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Berkomunikasi secara efektif akan memberi kesan bahwa anda adalah orang yang tepat pada posisi yang tepat. Seperti pepatah “The Right Man in the Right Place”. 

Komunikasi adalah salah satu sarana untuk terkoneksi dengan orang di sekeliling kita. Ada dua jenis komunikasi yaitu yang bersifat verbal dan ada pula yang bersifat non verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang terjadi dengan berbicara pada orang lain sedangkan non verbal adalah komunikasi yang terjadi secara tidak langsung, misalnya melalui perantara atau media. 

Dalam komunikasi verbal sangat penting untuk bisa menyusun kata-kata yang keluar dari mulut kita menjadi suatu informasi yang dapat dimengerti oleh orang lain serta berguna dan menarik. Komunikasi yang jelas akan membuat orang lain memperhatikan dan menghargai apa yang kita bicarakan. Teknik berkomunikasi/bicara yang baik tentu akan diperlukan terutama bagi orang-orang yang bekerja dengan menggunakan keahlian berkomunikasi. 

2. Tepat dalam Mengambil Keputusan 

Sebagai seorang manajer pastinya akan selalu dihadapi dengan berbagai macam rintangan masalah serta kejadian buruk yang terjadi dilapangan. Pada dasarnya, Anda akan dituntut untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat, tepat dan efektif, dimana hal ini demi keberlangsungan pekerjaan yang sedang anda dan tim anda kerjakan. Beberapa hal yang dibutuhkan seorang manajer dalam mengambil keputusan yang tepat adalah ilmu atau wawasan, berbagai pengalaman, serta ketenangan jiwa. 

3. Membagi Ilmu yang Anda Miliki 

Agar mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, seorang manajer harus mampu memberikan bimbingan ataupun pengarahan serta membagi ilmu kepada semua bawahannya. Karena, jika Anda tidak memberikan ilmu serta bimbingan, para bawahan tentunya akan sangat kesulitan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka. Di posisi ini, Anda bukan hanya sebagai manajer saja, tetapi sekaligus mentor para bawahan Anda untuk tetap terarah dan berjalan sesuai goals perusahaan.

4. Memberikan Perhatian Kepada Bawahan 

Hal yang tidak kalah penting bagi Anda untuk mengecek setiap anggota tim. Berbicara lebih dekat dengan karyawan akan memberikan mereka kesempatan untuk membahas tentang beban kerja, tujuan karir, dan berbagai hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan profesional lainnya yang tentunya harus Anda ketahui. 

Mengetahui seluk beluk kehidupan karyawan di luar kantor akan memberikan dampak yang cukup besar dalam mempermudah komunikasi dengan mereka selama jam kerja. Hal ini memungkinkan Anda menjadi lebih sensitif terhadap karyawan Anda serta memberi Anda beberapa konteks tambahan mengapa anggota tim Anda mungkin berperilaku dengan cara tertentu. 

5. Berikan Apresiasi 

Masing – masing karyawan tentunya ingin melakukan tugas dengan baik ketika mereka melakukannya. Namun, terkadang hal tersebut tidak dihiraukan oleh sang manajer, akibatnya sering terjadi penurunan kinerja karyawan karena kurangnya penghargaan dari atasan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ketika seorang manajer memberikan sebuah apresiasi untuk meningkatkan semangat dan memberikan motivasi kepada timnya. 


 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi