6 Langkah Cerdas Menghemat Biaya Operasional Perusahaan



Biaya operasional perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga agar keuangan perusahaan tetap sehat. Tanpa pertimbangan dan kebijakan yang baik, biaya operasional perusahaan bisa jadi akan membengkak dan pastinya akan berdampak buruk pada kondisi keuangan perusahaan Anda. Banyak hal yang harus Anda lakukan agar keuangan perusahaan tetap stabil. Salah satunya adalah melakukan efisiensi biaya operasional perusahaan. Berikut adalah beberapa cara menghemat biaya operasional perusahaan:

1. Optimalkan Peran Teknologi

Perkembangan teknologi yang pesat bisa Anda jadikan sebagai terobosan besar untuk menghemat biaya operasional sekaligus mengembangkan perusahaan Anda. Melalui teknologi, Anda bisa menghemat biaya operasional perusahaan Anda seperti menggunakan file dokumen untuk mengganti penggunaan kertas yang tidak perlu dan juga menggunakan smartphone atau media sosial sebagai alat komunikasi dan koordinasi pengganti rapat dan beberapa hal penting lainnya. Langkah ini akan menjadi sangat efektif untuk menghemat biaya operasional kantor atau perusahaan Anda.

2. Mengurangi Training yang Tidak Begitu Perlu

Training atau pelatihan sangat penting bagi pengembangan sumber daya manusia di perusahaan. Tanpa sumber daya manusia yang mumpuni, perusahaan akan menghadapi banyak kesulitan, khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan di lapangan. Namun terkadang ada beberapa training yang sifatnya tidak begitu penting atau cukup bisa diganti via daring. Untuk menghemat biaya operasional perusahaan Anda, cobalah untuk mengevaluasi kembali kegiatan-kegiatan tersebut.

3. Mengganti Alat Operasional

Sarana prasarana dalam perusahaan juga merupakan faktor urgen yang tidak bisa dilepaskan. Fasilitas dan kualitas yang ada akan sangat mempengaruhi terhadap produktivitas perusahaan. Namun sebenarnya Anda bisa menekan biaya operasional perusahaan dengan sarana dan prasarana yang baik tanpa harus mengurangi produktifitas, caranya adalah dengan mengganti alat-alat operasional perusahaan dengan yang lebih murah dan sederhana. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cermat dalam memilih alat-alat perusahaan yang beredar di pasaran. Karena banyak ditemukan jenis merk alat operasional yang kualitasnya sama namun dengan selisih harga yang jauh berbeda.

4. Evaluasi Sumber Daya Manusia

Evaluasi Sumber daya manusia bisa menjadi cara ampuh untuk menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Hal ini disebabkan sumber daya manusia yang cakap akan sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Sebaliknya sumber daya yang malas dan lambat malah akan menghambat produktifitas perusahaan Anda sehingga Anda harus mengeluarkan biaya operasional yang lebih banyak. Buatlah SOP perusahaan yang rapi dan baik untuk menerapkan hal tersebut. Anda juga harus melakukan evaluasi terhadap sumber daya manusia yang perannya tidak begitu penting di perusahaan Anda. Sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran gaji bulanan bagi karyawan Anda. Pilih hanya SDM yang sesuai kebutuhan perusahaan.

5. Evaluasi Manajemen Lembur dan Cuti

Kebijakan cuti dan lembur terhadap para karyawan juga berpengaruh terhadap efektivitas produksi di perusahaan Anda. Agar perusahaan tetap produktif dan menghemat biaya operasional, aturlah manajemen cuti dan lembur dengan baik. Seperti contoh kebijakan yang mengatur bahwa karyawan yang ingin mengambil cuti mereka harus menyelesaikan pekerjaannya dulu. Anda juga harus mengevaluasi kebijakan lembur di perusahaan Anda. Apakah jam lembur cukup efektif untuk menambah produktifitas atau hanya akan menjadikan biaya operasional semakin membengkak. SOP kerja tentu sangat berpengaruh di sini.

6. Hindari Rapat di Tempat Mewah

Biasanya beberapa perusahaan mengadakan pertemuan atau rapat di tempat-tempat yang mewah dan berkelas. Langkah ini akan menjadi cara menekan biaya operasional yang baik bagi perusahaan Anda. Anda bisa mengganti rapat atau pertemuan Anda di tempat yang lebih murah dan sederhana agar bebas biaya Anda bisa mengadakannya di kantor.

Jika Anda membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional dibidang keuangan, Konsultanku bisa menyediakannya untuk Anda. Konsultanku siap membantu Anda masalah pajak, gaji karyawan, dan masalah keuangan perusahaan lainnya.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi