Profil Sunarso, Dirut BRI yang Jadi Pemenang The Best CEO Top BUMN Award 2020

Pada artikel ini, Konsultanku akan membahas mengenai Sunarso, seorang tokoh yang sangat layak dijadikan panutan bagi semua orang. Bagi sebagian orang, nama lelaki tersebut mungkin sudah sangat familier di telinga. Namun, bagi kalian yang belum mengenal siapa itu Sunarso, artikel ini hadir untuk menjelaskannya secara lengkap, mulai dari prestasinya menjabat sebagai Dirut BRI, perjalanan kariernya yang sangat panjang, hingga berbagai prestasi gemilang yang pernah diraihnya.

an image

Sunarso, Dirut BRI yang Menjabat Sejak 2019

Di dalam jajaran dewan direksi BRI, Sunarso sama sekali bukanlah orang baru. Pada tahun 2015, ia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur. Kemudian, sekitar empat tahun setelahnya, tepatnya pada 2 September 2019, ia mendapatkan kenaikan jabatan dan ditetapkan sebagai Direktur Utama BRI yang sebelumnya diduduki oleh Suprajarto. Keputusan tersebut diumumkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan di Jakarta.


Perjalanan Karier Sunarso hingga Menjadi Dirut Bank Rakyat Indonesia

Perjalanan Sunarso hingga dapat menjadi seorang Dirut BRI sejatinya cukup panjang. Pada tahun 1988, ia meraih gelar Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1988. Berikutnya, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana hingga memperoleh gelar Master of Business Administration dari Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2002. Tidak hanya itu saja, Sunarso juga mengikuti berbagai program pelatihan di berbagai lembaga akademik ternama, yakni London Business School, Melbourne University, University of Chicago, University of New South Wales, dan Northwestern University.

 

Jika berbicara mengenai karier profesional, maka Sunarso mengawalinya dengan bekerja sebagai Analis Kredit di Bank Dagang Negara. Setelah itu, kariernya kemudian menanjak dan ia dapat menjabat sebagai Asisten Relationship Manager serta Relationship Manager pada 1991 sampai 1996.

Baca Juga:
Penyebab Kejatuhan KAP Top Dunia: Arthur Andersen!
5 Rekomendasi KAP di Jakarta, Lengkap dengan Alamat dan Kontaknya!
Skandal Top Tier Maskapai Penerbangan Indonesia: Fraud Garuda Indonesia
Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah: Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya

 

Tiga tahun berselang, ia memulai karier di Bank Mandiri sebagai seorang Bankir. Beberapa jabatan pernah dipercayakan kepadanya: Senior Officer, Senior Relationship Manager, Senior Vice President (SVP) Client Service Team Manager, Assistant Vice President, SVP Group Head Plantation Spesialist, serta Executive Vice President Group Head Agro-Based Corporate Banking.

 

Pada akhirnya, pada kurun waktu 2010 sampai 2015, Sunarso menduduki posisi puncak sebagai Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (Persero). Lalu, saat bertugas di Pegadaian, ia menjadi inisiator transformasi digital dan sukses memperoleh sejumlah penghargaan di bidang kepemimpinan dari BUMN. Kariernya pun terus mengalami perkembangan hingga akhirnya dapat menjabat sebagai Dirut BRI.

Baca Juga:
Penyebab Kejatuhan KAP Top Dunia: Arthur Andersen!
4 Merek ini Melakukan Branding Bisnis dengan Ciri Khas Negara Lain!
Skandal Top Tier Maskapai Penerbangan Indonesia: Fraud Garuda Indonesia
Pungutan Liar dan Retribusi Parkir: Pengunjung Minimarket Harusnya Parkir Gratis!


Prestasi Gemilang, Berikut Penghargaan yang Diraih Direktur Utama BRI

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa Sunarso telah berhasil meraih berbagai penghargaan sepanjang karirnya. Sebagai contoh, pada tahun 2012 lalu, majalah Alpha Southeast Asia Magazine menyematkan gelar The Most Influential People in Southeast Asia (Orang Paling Berpengaruh di Asia Tenggara) kepada Sunarso dalam kategori Leading Corporate & Commercial Bankers. Berselang setahun kemudian, tepatnya pada 2013, majalah The Asset Magazine di Hongkong turut menganugerahkan gelar The Best SME Banker 2013 in Asia Pacific : The Triple A Awards kepada Sunarso.

 

Kemudian, pada 2018, 7Sky Media memberikan Sunarso gelar sebagai Top CEO BUMN dalam dua kategori: The Best Transformative Leader dan The Best Good Corporate Governance & Service. Masih di tahun yang sama, dalam Anugerah BUMN 2018, Sunarso juga sukses menyabet gelar The Best CEO BUMN dalam kategori Talent Development. Penghargaan tersebut diberikan karena ia dianggap sebagai CEO BUMN terbaik dalam hal mengembangkan bakat atau talenta.


Kesimpulan

Pada intinya, Sunarso dapat dikatakan merupakan contoh nyata dari ungkapan “usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Pencapaiannya menjadi Direktur Utama BRI dan kesuksesannya menyabet berbagai penghargaan bergengsi takkan mungkin dapat terwujud jika ia tidak tekun belajar dan terus gigih berusaha. Sebelum mencapai semua itu, ia terlebih dahulu harus mengalami proses yang panjang; menjalani pendidikan di berbagai tingkat, lalu memulai karier profesional dari level bawah. Maka dari itu, pelajaran yang dapat dipetik dari kisah inspiratif Sunarso adalah untuk terus berjuang dan tidak menyerah dalam menggapai cita-cita.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi