Jadi Sultan Dadakan kayak Ghozali? Bisa! Ini Cara Jual NFT di Opensea.io

Mendadak viral dan jadi miliarder cuma bermodalkan foto selfie? Siapa lagi kalau bukan Ghozali. Pria berumur 22 tahun ini adalah “penghuni” OpenSea yang tiba-tiba “jadi sultan” berkat keberhasilannya dalam menjual NFT berupa potret diri senilai miliaran rupiah. Anda ingin jadi miliarder dadakan seperti Ghozali? Simak tutorial menjual NFT di OpenSea dalam artikel ini!

an image

 

Cara Jual NFT di OpenSea biar Dapat Cuan!

NFT menjadi fenomena yang hangat dibicarakan sepanjang tahun. Berita tentang NFT kerap menduduki posisi utama dalam berbagai media. Bahkan, fenomena NFT jadi berita penutup yang fenomenal di penghujung 2021 pasca viralnya akun OpenSea milik Ghozali Everyday yang membuat orang-orang makin tergiur untuk ikut menjual aset digital sebagai NFT.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas tutorial menjual aset digital lewat menggunakan salah satu platform NFT yang sedang populer, yakni OpenSea.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pemain dalam perjual-belian NFT, simak artikel ini sampai tuntas!

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

Menentukan Platform NFT yang akan Digunakan

Hal terpenting yang harus dipertimbangkan untuk mulai bermain dalam perjual-belian NFT adalah platform NFT yang nantinya Anda gunakan untuk memasarkan aset-aset digital Anda.

Sebetulnya, ada lusinan platform yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk menjual NFT di berbagai macam blockchain. Namun, pada artikel ini, kami secara khusus akan menjelaskan langkah-langkah (step by step) memasarkan NFT di OpenSea, platform jual-beli NFT yang tengah naik daun karena fenomena Ghozali Everyday.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

Cara Jual NFT di Platform OpenSea

Pertama-tama, Anda harus mempunyai akun MetaMask. Jika belum punya, maka Anda harus mengunduh MetaMask terlebih dulu dan menyelesaikan pendaftaran, lantas menginstal ekstensi MetaMask di browser untuk pengguna PC/laptop.

Untuk pengguna smartphone, langkah awal yang harus dilakukan adalah menginstal lantas membuka aplikasi MetaMask dan mengklik tiga garis horizontal yang terletak di pojok kiri atas, lalu pilih “Browser”. Jika Anda menggunakan laptop atau PC, Anda tinggal membuka browser yang telah ditambahkan ekstensi MetaMask. Caranya, ketik Opensea.io, Klik simbol akun di sebelah simbol dompet hingga muncul perintah “Connect your wallet.” seperti gambar di bawah ini.

Pilih opsi “MetaMask”, lalu buka ekstensi MetaMask di browser untuk login ke akun Anda. Setelah itu, sambungkan akun MetaMask Anda ke OpenSea, isi profil akun Anda dengan data yang valid, lalu klik menu “Create Upload”.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengupload file NFT Anda dengan cara menyeret (dragfile-nya NFT yang akan dijual (file dapat berupa gambar, video, audio, atau model 3D dengan ukuran maksimal sebesar 100 MB).

Pada kotak di bagian bawah, isi nama produk NFT yang Anda jual. Masukkan external link (opsional), lalu tulis deskripsi mengenai produk NFT yang Anda jual. Setelah itu, masuklah ke bagian “Properties” dan pilih kategori NFT untuk mempermudah pencarian item NFT milik Anda.

Jika karya Anda mengandung konten dewasa atau hal sensitif lainnya, Anda dapat mengaktifkan fitur “Explicit and Sensitive Content”. Namun, jika item NFT tidak mengandung hal-hal yang sensitif, maka Anda tidak perlu mengaktifkannya.

Dalam memposting Blockchain, Anda hanya perlu memilih apakah penjualan item Anda akan menggunakan jaringan Ethereum atau Polygon. Jika Anda memilih blockchain Ethereum, Anda akan dikenakan biaya jaringan. Akan tetapi, jika Anda memilih Polygon, maka Anda tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Tahap terakhir, klik “Create” lalu tunggu konfirmasi. Barulah setelahnya item Anda akan muncul di laman OpenSea dan dapat dijual.

Nah, itulah tutorial menjual item NFT di OpenSea. Di platform ini, Anda dapat mengunggah item NFT baik itu melalui ponsel ataupun melalui laptop. Semakin orisinal dan limited karya Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan penawaran yang cukup tinggi.

Bagaimana? Sudah siap terjun ke dunia NFT?

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi