Kalender Bisnis Musiman di Indonesia: Dari Tahun Baru hingga Event Olahraga



Apa itu Bisnis Musiman?

Bisnis musiman adalah sebutan yang umum digunakan untuk merujuk pada jenis bisnis atau usaha yang dijalankan pada periode tertentu saja sehingga sifatnya temporal. Selain mengikuti tren, bisnis musiman ini juga ramai digandrungi untuk memeriahkan perayaan hari-hari besar seperti hari raya keagamaan dan kemerdekaan negara.

Indonesia pun tak luput dari fenomena ini. Komposisi masyarakat yang heterogen dan multikultural membuat peringatan berbagai hari-hari besar di Indonesia menjadi tak terbatas dirayakan oleh satu komunitas tertentu saja.

 

Fenomena Bisnis Musiman di Indonesia

Indonesia memang tak terlepas dari fenomena bisnis musimannya. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai tren yang kerap ‘muncul dan menghilang’ di Indonesia. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap hal-hal yang lagi ngetren tak ayal membuat tren-tren ini ramai dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

 

Tahukah Anda, bisnis musiman di Indonesia memiliki kalender tetap dan kalender spesialnya tersendiri. Lalu, kapan sajakah kalender-kalender bisnis musiman tersebut?

 

5 Kalender Bisnis Musiman di Indonesia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fenomena bisnis musiman di Indonesia memiliki kalendernya tersendiri. Kalender tetap bisnis musiman terdiri dari tahun baru masehi, tahun baru imlek, bulan ramadhan, menjelang lebaran, dan menyambut kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan, kalender ‘spesial’ terdiri dari tren-tren tertentu yang belum tentu ada setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Business Model Canvas, Model Perencanaan Bisnis Paling Ampuh untuk Mencapai Goals Bisnis!


Menjelang Tahun Baru Masehi

Kemeriahan tahun baru membuat fenomena tahun baru ini juga ikut meramaikan bisnis musiman di Indonesia. Tak heran jika pada bulan Desember menjelang tahun baru Masehi, banyak pedagang-pedagang musiman yang menjajakan pernak-pernik tahun baru seperti topi kerucut ala pesta, terompet, hingga kembang api dan petasan yang meledakkan warna-warni cantik di langit.

 

Menjelang Imlek

Perayaan tahun baru Imlek juga tak kalah meriahnya dengan tahun baru Masehi. Menjelang Imlek— yang biasanya sekitar Januari hingga pertengahan Februari— banyak pedagang dadakan yang menjual perlengkapan perayaan Imlek seperti baju cheongsam, lampion khas berwarna merah, kue keranjang, hingga lilin Imlek yang banyak dinyalakan di klenteng-klenteng. Bahkan, kostum barongsai pun tak ketinggalan mereka jajakan!

 

Menyambut Bulan Ramadhan dan Lebaran

Banyak kuliner yang biasanya baru ramai ditemukan menjelang bulan Ramadhan, seperti kolak, ketupat, kue-kue kering, es buah, sampai makanan yang terbuat dari olahan kurma.

Bagaimana tidak, tradisi ngabuburit yang mendarah daging di masyarakat Indonesia membuat bisnis ‘takjil pinggir jalan’ menjadi ramai digandrungi.

Tak hanya takjil saja. Menjelang lebaran, bisnis parcel dan baju muslim juga kerap dijadikan sumber rezeki bagi pelaku bisnis musiman.

 

Menyambut Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan RI memang selalu meriah. Gapura-gapura di-cat merah-putih, bendera-bendera yang dipasang pun berkibaran di ruas-ruas jalan raya menjelang 17 Agustus. Berbagai lomba yang seru dan mengasyikkan juga ramai dihelat pada hari ini.

Oleh karena itu, pernak-pernik kemerdekaan mulai dari bendera plastik, umbul-umbul merah-putih hingga kaos yang melambangkan patriotisme banyak dijajakan di sisi-sisi jalan.

 

Menyambut Momen-momen Tertentu

Tak hanya tahun baru, Imlek, bulan puasa, dan hari kemerdekaan saja yang meramaikan peluang bisnis musiman. Momen-momen spesial juga banyak dijadikan ladang berbisnis oleh mereka yang pandai melihat peluang. Berikut adalah beberapa contoh dari momen-momen tertentu yang dapat dijadikan sumber rezeki.

 

Baca Juga: Ketahui 2 Jenis Pasar dan Pengaruhnya terhadap Persaingan Bisnis!

 

Bisnis Event Olahraga

Masih ingat event Piala Dunia Afrika yang sangat mengglobal beberapa tahun silam? Waktu itu, pabrik-pabrik bola di Indonesia disinyalir mendapatkan pesanan bola hingga sepuluh kali lipat! Produsen-produsen konveksi pun kebanjiran pesanan kaos bola Piala Dunia tim favorit!

Olahraga sejatinya memang hobi yang tak akan pernah mati. Tak heran jika event-event global seperti Piala Dunia ini ramai digandrungi jutaan orang dari seluruh dunia.


Bisnis Tren

Tren selalu bersifat sangat ‘meledak’ sehingga membuat orang latah mengikuti sesuatu yang sedang ngetren karena penasaran. Contohnya, bisnis es kepal milo yang pada saat itu membuat ruas-ruas jalan dipenuhi pedagang es kepal milo dari ujung ke ujung.

 

Bisnis Momen Langka

Ada juga bisnis momen langka, contohnya fenomena gerhana matahari atau gerhana bulan yang kerap kali membuat bisnis kacamata gerhana tiba-tiba menjadi ramai digandrungi.


 

Meskipun tidak bersifat permanen, tetapi keuntungan yang ditawarkan bisnis musiman ini sangat besar. Tak heran, banyak orang yang memutuskan untuk menjadi ‘pebisnis dadakan’ saat tren-tren tertentu sedang meledak.

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi