Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)



Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis sebelum memulai bisnisnya yaitu membuat perencanaan bisnis atau business plan. Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar dan sukses tentu Anda membutuhkan perencanaan yang matang. Lalu, apa pentingnya membuat perencanaan bisnis (business plan)? Berikut ulasannya.

Inilah Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

Perencanaan bisnis atau business plan adalah dokumen atau pernyataan yang berisi tujuan bisnis atau visi dan misi yang akan dijalankan. Perencanaan bisnis merupakan suatu hal yang sangat penting dibuat oleh pebisnis jika ingin bisnisnya berjalan lancar. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa Anda sebagai pebisnis perlu membuat bisnis plan. Apa saja?

Pentingnya Membuat Business Plan bagi Entrepreneur

Mengapa perencanaan bisnis itu penting? Berikut ini adalah pentingnya membuat rencana bisnis, baik rencana waktu dekat maupun untuk jangka panjang.

 

Baca Juga : Business Model Canvas, Model Perencanaan Bisnis Paling Ampuh untuk Mencapai Goals Bisnis!

 

1. Membantu Anda dalam Mencari Dana Bisnis

Sebelum memulai bisnis tentu Anda sangat membutuhkan yang namanya modal atau sumber dana untuk menjalankan bisnis Anda. Salah satu cara agar Anda bisa mendapat pinjaman atau menarik orang untuk memberikan investasi pada bisnis Anda yaitu dengan adanya perencanaan bisnis yang matang.

Dengan membuat bisnis plan yang jelas maka Anda bisa membuat investor yakin dan percaya akan bisnis yang Anda rancang sehingga mau berinvestasi pada bisnis Anda. Selain itu, untuk mendapat pinjaman Anda juga memerlukan proposal atau bisnis plan.

2. Tujuan Bisnis Anda Menjadi Jelas

Bisnis plan adalah pernyataan tertulis yang berisi tujuan serta visi dan misi dari bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan adanya kerangka rencana usaha tersebut tentu akan membuat tujuan bisnis Anda lebih terarah dan membuat Anda lebih mudah dalam mengawasi jalannya bisnis yang Anda buat.

Anda bisa melihat mana langkah yang sesuai dan tidak sesuai dengan tujuan Anda dan Anda bisa menentukan langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Anda juga bisa memprediksi bagaimana masa depan bisnis Anda dengan adanya bisnis plan.

 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Pajak Penghasilan PPh Pasal 21

 

3. Memberikan Peluang Sukses bagi Bisnis Anda

Dengan adanya rencana anggaran serta target dari pemasaran tentu akan memudahkan Anda dalam memasarkan produk Anda. Belum lagi dengan adanya rencana tersebut, maka segala keperluan anggaran akan jelas sehingga modal Anda dapat digunakan dengan sebaik baiknya.

Dengan adanya tujuan yang terarah, perencanaan anggaran dan pemasaran yang jelas tentu Anda bisa mendapatkan target bisnis Anda dengan mudah.

4. Meminimalkan Resiko

Setiap bisnis yang dibuat oleh pebisnis tentu memiliki beberapa resiko baik dalam hal pemasaran maupun dalam kaitannya dengan pesaing. Dengan adanya perencanaan yang pasti dan jelas akan membantu Anda dalam mengatur strategi penjualan dan pemasaran yang tepat sehingga Anda bisa terhindar dari resiko kerugian.

Dapatkah usaha dijalankan tanpa perencanaan? Tentu bisa, namun hasilnya tentu beda dengan yang memiliki rencana bisnis. Jadi, membuat perencanaan bisnis atau bisnis plan tentu menjadi langkah yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum menjalankan bisnis Anda agar bisnis Anda bisa berjalan lancar.

 

Baca Juga : Terbaru, Syarat Daftar NPWP Badan Online Untuk UMKM 2021

 

Jika Anda memiliki kesulitan mengenai pembuatan perencanaan bisnis, Anda bisa berkonsultasi dengan Konsultanku. Konsultanku adalah platform yang menghubungkan konsultan/profesional dibidang akuntansi, keuangan dan perpajakan. Anda bisa berkonsultasi pada konsultanku untuk mendapat solusi atas masalah keuangan Anda.

Itulah pentingnya membuat perencanaan bisnis, tidak hanya penting sebelum Anda memulai bisnis, rencana tersebut sangat berguna seiring dengan berjalannya bisnis Anda. Dengan memiliki rencana bisnis, tujuan bisnis Anda menjadi jelas, memudahkan Anda mendapat sumber modal serta membantu Anda dalam mengatur anggaran dengan tepat.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi