Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Pada Jasa Keuangan



Hadirnya revolusi industri 4.0 menjadi sebuah dorongan bagi layanan jasa keuangan digital untuk terus berinovasi, contohnya pinjaman digital, pembayaran melalui online dan kegiatan keuangan lainnya yang dapat dilakukan melalui internet dan software. Dengan begitu revolusi industri 4.0 berdampak pada jasa keuangan. Membuat inovasi untuk mengikuti perkembangan zaman tidaklah mudah, karena itulah revolusi industri 4.0 memiliki dampak yang besar pada jasa keuangan, diantaranya:

1. Dapat memangkas anggaran produksi pada layanan jasa keuangan

Hadirnya revolusi industri 4.0 dapat memangkas anggaran biaya produksi pada sektor keuangan. Misalnya biaya komunikasi, biaya transportasi, biaya perdagangan sehingga kegiatan logistik dan pasokan produk secara global lebih efektif. Layanan praktis dalam bidang keuangan tersebut tentu menjadikan proses yang panjang dan lama menjadi lebih efektif dan sederhana. Sehingga inovasi ini jadi lebih menguntungkan dan efisiensi dalam produksi jangka lama.

2. Tepat sasaran dalam menawarkan jasa pada konsumen

Hadirnya internet marketing dalam teknologi internet yang dapat mengetahui pola perilaku konsumen di pasaran. Lewat internet marketing itulah reksadana, saham, asuransi dan produk jasa keuangan lainnya dapat tepat sasaran dipasarkan.

3. Mengurangi sumber daya manusia

Dengan menggunakan teknologi canggih dalam menjalankan sistem pekerjaan akan lebih cepat dibanding tenaga manusia. Cara ini juga sebagai antisipasi terjadinya human error. Namun begitu tetap saja tenaga manusia juga dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin atau sistem. Contohnya pekerjaan input data, tapi harus diperhatikan juga SDM yang tidak dapat beradaptasi dan mengikuti teknologi akan tertinggal di zaman industri 4.0 ini. Software keuangan yang menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 kerjasama antara perangkat lunak dan jaringan internet. Teknologi yang ada dalam software keuangan tersebut dapat mempermudah Anda melakukan kegiatan bisnis.

4. Hadirnya fintech untuk transaksi digital

Financial technologi atau fintech adalah hasil dari inovasi revolusi industri 4.0 pada bidang keuangan. Fintech memadukan antara teknologi dengan sistem keuangan sehingga menjadikan transaksi keuangan lebih mudah, praktis, modern, aman dan cepat.

5. Menuntut jasa keuangan untuk mengeluarkan produk yang memudahkan konsumen

Financial technologi yang semakin berkembang pesat membuat jasa keuangan saling bersaing untuk mengeluarkan produk - produk yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Jasa keuangan juga harus cermat mengetahui keinginan konsumen, sehingga jasa keuangan dapat menyediakan layanan produk yang sesuai harapan dan keinginan konsumen.

6. Pelayanan jasa pada pelanggan semakin meningkat

Sebagai jasa pelayanan keuangan, kepuasan pelanggan menjadi faktor utama dalam mengembangkan bisnis keuangan teknologi yang canggih dapat diproses lebih mudah, cepat dan biaya murah. Transparansi data keuangan dan keterlibatan konsumen akan mudah dianalisa dan diproses lewat akses internet. Dan ini dapat meningkatkan jasa pelayanan jasa keuangan terhadap konsumen atau pelanggannya.

7. Keamanan data

Cloud storage merupakan bentuk dari teknologi industri 4.0 yang digunakan untuk menyimpan data digital dengan memanfaatkan server virtual. Tapi memang adanya resiko pencurian cyber crime atau pencurian data digital dapat mengancam sewaktu - waktu. Dengan menggunakan security sistem yang tinggi, data-data pelanggan dilindungi oleh jasa keuangan. Perusahaan sebagai pengguna jasa keuangan dapat menggunakan layanan cyber security untuk menghindari terjadinya pencurian atau penipuan informasi data.














< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi