Serba Serbi Persiapan Lapor SPT Tahunan Pribadi

SPT pajak penghasilan tahunan yaitu laporan atas penghasilan selama 1 tahun, serta laporan kekayaan harta dan utang yang dimiliki wajib pajak pada akhir tahun. Laporan pajak lainnya yang harus disampaikan pada umumnya berkaitan dengan suatu fasilitas atau insentif yang digunakan oleh wajib pajak, diantaranya laporan harta terkait program pengampunan pajak. Terkait pelaporan SPT Tahunan Pribadi, apa saja yang perlu disiapkan agar tidak terjadi kesalahan pengisian? Yuk perhatikan materi berikut.

an image

 

SPT atau Surat Pemberitahuan adalah laporan pajak yang disampaikan kepada pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pajak. Dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, pemerintah mengharuskan seluruh wajib pajak untuk melaporkan SPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Baca Juga : Jenis Wajib Pajak Pribadi Lengkap Dengan Cara Melaporkannya

 

 

Persiapan Lapor SPT Tahunan Pribadi

Yang harus disiapkan oleh wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan pajak adalah:

  • Kode EFIN dan password login ke https://djponline.pajak.go.id/

  • Data jumlah penghasilan

  • Data aset

  • Data utang

  • Data keluarga

  • Bukti potong pajak jika pajak dipotong oleh pihak pemberi penghasilan

  • Perhitungan pajak terutang

  • Bukti pembayaran pajak Nomor Transaksi Penerimaan Negara

 

 

Pada dasarnya SPT pajak terdiri dari 3 bagian yaitu Penghasilan, Harta dan Kewajiban. Pencatatan aset keuangan dan investasi biasanya dicatatkan pada 2 bagian saja yaitu Harta dan Penghasilan jika aset tersebut memberikan penghasilan.

 

Harap diketahui kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja dalam pengisian SPT dapat menimbulkan permintaan keterangan, pemeriksaan hingga pengenaan sanksi yang bisa berupa denda maupun pidana.



< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi