Download Form SPT Badan 1771 Excel dan PDF, Gratis!

Pajak merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Setiap badan usaha diwajibkan untuk melaporkan pendapatan dan membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satu formulir yang digunakan untuk melaporkan pendapatan badan usaha adalah Form SPT 1771. Form SPT 1771, yang juga dikenal sebagai Surat Pemberitahuan tahunan Pajak Penghasilan Badan adalah formulir yang digunakan oleh badan usaha untuk melaporkan pendapatan, pengurangan penghasilan, dan pajak yang harus dibayarkan kepada otoritas pajak.

an image

 

Dalam artikel ini, Konsultanku akan membahas lebih dalam mengenai Form SPT 1771, komponen isi formulir, serta pentingnya melaksanakan pelaporan pajak badan yang tepat dan efisien. Tak hanya itu, kami juga akan membagikan formulir SPT 1771 dengan format excel dan PDF yang dapat Anda download secara gratis!

 

Apa itu Form SPT Badan 1771?

Form SPT Badan 1771 merupakan formulir yang digunakan oleh badan usaha untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Badan. SPT Badan 1771 harus diisi dan disampaikan oleh badan usaha setiap tahun sesuai dengan ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku. Formulir ini berfungsi sebagai alat untuk melaporkan pendapatan, pengeluaran, dan pajak yang harus dibayarkan oleh badan usaha kepada otoritas pajak.

Baca Juga:
Penghitungan dan Status Pajak bagi Pasangan Suami-Istri Bekerja
Jasa Travel Haji dan Umroh Kini Kena PPN, Simak Ketentuannya dalam PMK Nomor 71 Tahun 2022
Panduan Lengkap Pajak Penghasilan PPh Pasal 22
Pajak Penghasilan PPh Pasal 21: Definisi, Dasar Hukum, Tarif, dan Waktu Penyetoran Serta Pelaporan Pajak

 

8 Komponen Isi Formulir SPT Badan 1771

Formulir SPT Badan 1771 terdiri dari beberapa komponen yang harus diisi dengan informasi yang relevan. Beberapa komponen penting dalam formulir ini antara lain:

 

  1. Identitas Badan Usaha: Bagian ini mencakup informasi tentang nama badan usaha, alamat, nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan tahun pajak yang dilaporkan.

    Baca Juga:
    Tarif dan Mekanisme Pemungutan Pajak Digital di Indonesia
    Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal Dengan Tax Planning
    Tax Planning Untuk Bisnis, Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal
    Apa itu Restitusi Pajak: Pengertian, Dasar Hukum, Tata Cara, dan Jangka Waktu Pengembalian

  2. Jumlah Penghasilan Bruto: Pada bagian ini, badan usaha diharuskan untuk melaporkan jumlah penghasilan bruto yang diperoleh selama tahun pajak yang dilaporkan.

  3. Pengurangan Penghasilan: Bagian ini digunakan untuk melaporkan pengurangan penghasilan yang diizinkan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, seperti biaya operasional, bunga pinjaman, atau biaya-biaya lainnya.

  4. Penghasilan Neto: Bagian ini mencakup penghitungan penghasilan neto setelah pengurangan penghasilan.

  5. Pajak yang Dibayarkan: Pada bagian ini, badan usaha diharuskan untuk melaporkan jumlah pajak yang harus dibayarkan berdasarkan penghasilan neto yang dilaporkan.

  6. Pajak yang Sudah Dibayar: Bagian ini digunakan untuk melaporkan jumlah pajak yang sudah dibayarkan sebelumnya, misalnya melalui pembayaran PPh Pasal 21 atau PPh Pasal 25.

  7. Sisa Pajak yang Harus Dibayar: Bagian ini mencakup perhitungan sisa pajak yang harus dibayarkan setelah dikurangi pajak yang sudah dibayarkan sebelumnya.

  8. Tanda Tangan: Formulir SPT Badan 1771 harus ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dalam badan usaha.

 

Terdiri dari Apa Saja Lampiran Formulir SPT 1771?

Selain itu, ada pula enam lampiran yang perlu kamu lengkapi dengan detail sebagai berikut.

  1. Lampiran SPT 1771 I: Lampiran ini berisi laporan keuangan komersial beserta perhitungan penghasilan neto fiskal.

  2. Lampiran SPT 1771 II: Sementara itu, lampiran kedua menggambarkan rincian lain, di antaranya adalah Harga Pokok Penjualan (HPP), biaya usaha maupun biaya di luar usaha. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan beberapa data seperti biaya pembelian bahan dagangan, biaya transportasi, sewa, dan biaya lainnya.

  3. Lampiran SPT 1771 III: Lampiran ini khusus digunakan untuk melaporkan kredit pajak dalam negeri. Dalam hal ini, yang harus dilaporkan adalah rincian kredit PPh Pasal 23 dan Pasal 22 selama tahun pajak.

  4. Lampiran SPT 1771 IV: Sementara itu, lampiran keempat ini digunakan untuk melaporkan jumlah penghasilan yang terkena PPh Final, jumlah PPh Final yang dibayarkan dan jumlah penghasilan bukan merupakan objek PPh

  5. Lampiran SPT 1771 V:Formulir kelima ini terbagi menjadi bagian A dan bagian B, dengan detail sebagai berikut.

    1. Bagian A, ditujukan untuk melaporkan jumlah dividen yang dibagikan kepada daftar pemegang saham maupun pemilik modal.

    2. Bagian B, ditujukan untuk melaporkan daftar susunan komisaris atau pengurus

  6. Lampiran SPT 1771 VI: Lampiran terakhir ini digunakan untuk melaporkan berbagai hal, diantaranya daftar modal pada perusahaan afiliasi, serta daftar piutang dan utang kepada pemegang saham dan/ perusahaan afiliasi.

 

Link Download Form SPT 1771 Gratis, Format Excel dan PDF

Anda dapat mengunduh Form SPT Badan 1771 dalam format Excel dan PDF secara gratis melalui dua tautan berikut:

 

form spt badan, formulir spt badan, download form spt 1771 badan excel, form spt 1771 pdf, download form spt badan

 

form spt badan, formulir spt badan, download form spt 1771 badan excel, form spt 1771 pdf, download form spt badan

 

Kesimpulan

Pelaporan pajak merupakan kewajiban yang tak terelakkan bagi setiap badan usaha. Salah satu formulir yang digunakan untuk melaporkan pendapatan dan membayar pajak adalah Form SPT 1771. Formulir ini memuat informasi penting mengenai pendapatan, pengurangan penghasilan, dan pajak yang harus dibayarkan oleh badan usaha kepada otoritas pajak.

 

Melakukan pelaporan pajak yang tepat dan efisien memiliki manfaat yang signifikan bagi badan usaha. Selain memastikan kepatuhan hukum, pelaporan yang baik juga membantu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik, membuat keputusan yang cerdas, dan membangun reputasi yang baik di mata pihak-pihak terkait.

 

Untuk memudahkan proses pelaporan pajak, kami menyediakan Form SPT 1771 dengan format Excel dan PDF yang dapat Anda unduh secara gratis melalui tautan yang telah disediakan. Dengan menggunakan formulir ini, Anda dapat memastikan kelengkapan dan akurasi data yang diperlukan dalam pelaporan pajak badan usaha Anda.

 

Jika Anda masih memiliki kesulitan saat mengurus SPT Badan, Anda dapat berkonsultasi atau memanfaatkan jasa pelaporan SPT dari Konsultanku. Bersama Konsultanku, urusan perpajakan Anda lebih terjamin karena ditangani oleh ahli pajak yang berpengalaman.

 

form spt badan, formulir spt badan, download form spt 1771 badan excel, form spt 1771 pdf, download form spt badan

form spt badan, formulir spt badan, download form spt 1771 badan excel, form spt 1771 pdf, download form spt badan


 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi