Tips Menjalankan Usaha Selama PPKM Darurat Berlangsung!



PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di daerah Jawa dan Bali tentu membuat resah para pelaku usaha. Pasalnya, kekhawatiran pelaku usaha akan turunnya penjualan kian meningkat. Apalagi kebijakan ini juga menyangkut peraturan batas jam tutup tempat usaha. Akan tetapi, jangan terlalu risau. Berikut ini, kami merangkum tips-tips menjalankan usaha selama PPKM berlangsung!

 

  1. Pastikan Mematuhi Aturan Jam Tutup Tempat Usaha

Meskipun merasa dirugikan atas kebijakan jam tutup tempat usaha, tetapi kita tetap harus mematuhi peraturan. Loh, kenapa?

Sebab, jika kita tidak mematuhi kebijakan tersebut dan (sialnya) tertangkap basah oleh Satpol PP, maka kemungkinan besar tempat usaha milik kita akan dikenakan sanksi penutupan sementara (biasanya berkisar antara satu sampai dua hari).

Kalau sudah begitu, nanti justru kitanya yang semakin merugi. Ingin untung, malah buntung!

 

  1. Meningkatkan Pelayanan dan Kemudahan dalam Bertransaksi

Sama halnya seperti PSBB, kebijakan PPKM juga membuat konsumen mau tidak mau lebih banyak menetap di rumah. Ditambah lagi, tempat usaha kuliner memang dilarang untuk membuka dine in selama PPKM berlangsung. Untuk itu, kita sebagai pelaku usaha harus meningkatkan pelayanan demi memberi kemudahan bagi para konsumen dalam bertransaksi. Mulailah membuka opsi pemesanan produk secara online dan menambahkan jasa pesan-antar sehingga pelanggan kita tidak perlu repot-repot datang sendiri ke tempat kita.

Selain mobile banking, kalau bisa sediakan juga opsi pembayaran via produk e-money lainnya.

 

Baca Juga: Tips Menjadi Wirausaha Sukses

 

  1. Maksimalkan Promosi Produk Lewat Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, keberadaan PPKM ini tentu membuat konsumen lebih banyak ‘diam’ di rumah sehingga segala sesuatu dikerjakan secara online. Otomatis, mereka akan lebih banyak ‘nongkrong’ di media sosial dibanding biasanya.

 

Nah, hal ini dapat kita jadikan kesempatan untuk memaksimalkan promosi produk kita melalui media sosial sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang. Aturlah jadwal rutin untuk memposting konten tentang produk yang dijual lewat media sosial. Sebagai saran, buatlah juga konten-konten bermanfaat seputar tips atau keuntungan dari mengonsumsi dan/atau menggunakan produk yang dijual. Teman-teman dapat menyelingi postingan promosi produk dengan konten bermanfaat agar lebih menarik dan tidak membosankan. Namun, pastikan konten tersebut masih berhubungan dengan produk yang dijual, ya.

 

Nah, bagaimana nih teman-teman? Sekarang sudah lebih siap untuk menjalankan usaha selama PPKM berlangsung, kan?

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi