30+ Peluang Usaha Rumahan 2022, yuk Cari yang Sesuai untuk Anda!



Usaha rumahan saat ini kian banyak diminati, apalagi sejak pandemi Covid-19 menyerang. Bagaimana tidak, kebijakan pemerintah dalam rangka menghalau penyebaran pandemi ini membuat kita-- mau tak mau-- jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Akan tetapi, tak jarang kita kehilangan arah dalam melihat peluang bisnis yang ada. Berikut ini, telah dirangkum 30+ peluang usaha rumahan.

 

 

30+ Peluang Usaha Rumahan: Menguntungkan dan Selalu Dekat Dengan Keluarga 

Berikut 30+ peluang usaha rumahan yang bisa jadi pilihan untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan bekerja dari rumah.

 

1. Bisnis Penjualan Foto

Anda memiliki hobi fotografi dan punya banyak stok foto yang menganggur di galeri? Nah, bisnis penjualan foto inilah yang paling cocok untuk Anda. Bisnis ini dilakukan dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, dan Canva.

 

Situs ini akan memilih dan menerima foto dari Anda, kemudian menjualnya kembali ke konsumen. Foto ini dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang sehingga menghasilkan untung yang lumayan.

 

2. Bisnis Penjualan Pulsa

Sejak zaman berkembang ke arah serba digital, pulsa pun menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pulsa dibutuhkan bukan hanya untuk menelepon dan berkirim SMS saja, tetapi juga dibutuhkan dalam melakukan pembelian layanan internet, bahkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik. Cara mulai berbisnis penjualan pulsa pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

 

3. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ingin bisnis berjualan barang, tetapi belum bisa memproduksi barang sendiri? Reseller dan dropship solusinya! Reseller sendiri pada umumnya melakukan penyetokan barang dari supplier dan menawarkan produk tersebut kepada konsumen, sedangkan dropship lebih mirip pihak ketiga yang tugasnya menghubungkan supplier dengan konsumen dengan tetap mengambil keuntungan. Kedua jenis bisnis ini dapat Anda lakukan secara online dari rumah.

 

4. Jasa Voice Over

Seorang pelaku voice over biasanya memiliki suara yang unik. Nah, bagi Anda yang memiliki suara unik dan tidak dimiliki siapa pun, Anda dapat menjajal profesi ini. Ada banyak animator yang membutuhkan jasa Anda dalam video animasi yang dibuatnya. Selain itu, tidak sedikit juga brand perusahaan yang membutuhkan voice over untuk iklan video promosi.

 

5. Agensi Pembuatan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten untuk memasarkan produk, salah satunya artikel. Oleh karena itu, tak heran jika demand akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Kalau Anda memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama.

 

6. Bisnis Jasa Marketing Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dewasa ini praktik marketing lewat media sosial tengah ramai digandrungi para pelaku bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa marketing di media sosial. Akan menjadi nilai plus jika Anda memang berbakat dan memiliki pengalaman di bidang terkait.

 

7. Jasa Sekretaris Virtual

Pekerjaan ini belum lama muncul sehingga banyak masyarakat yang masih merasa asing dengan pengertian dan tugasnya. Virtual assistant adalah orang yang memberikan dukungan kepada bisnis lain secara remote atau dari jarak jauh. Pekerjaan ini mirip dengan asisten di kantor tapi bedanya dilakukan secara online. 

 

Pada dasarnya tugas seorang virtual assistant adalah membantu perusahaan dalam urusan administrasi tapi kembali lagi dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Anda bisa menjadikan ini sebagai sebuah bisnis online yang menjanjikan karena dapat bekerja di mana saja, permintaan yang semakin banyak, dan dapat bekerja secara freelance.

 

8. Admin Media Sosial

Saat ini pekerjaan sebagai admin media sosia banyak dicari. Seorang admin media sosial harus memiliki beberapa kemampuan seperti peka terhadap tren, kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti pengguna aktif media sosial. 

 

Admin media sosial tidak hanya soal menata media sosia menjadi lebih rapi dan teratur tapi juga harus membuat konten yang relevan dan kreatif untuk followers-nya. Bisnis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang memang aktif dan mencari pekerjaan yang berurusan dengan media sosial. 

 

9. Pemasaran Iklan Digital

Bisnis ini mirip dengan publisher iklan tapi bedanya adalah publisher iklan hanya terbatas pada website atau blog sedangkan pemasaran iklan digital mencakup hampir seluruh kegiatan marketing. Saat pandemi, permintaan akan bisnis pemasaran iklan digital atau digital marketing melesat dan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing dan ingin menawarkan jasa Anda kepada pelaku bisnis, maka bisnis ini layak untuk Anda coba. 

 

Baca Juga: Cara Aman Kelola Bisnis Rumahan

 

10. Bisnis Jual Sepatu

Jika Anda suka dengan sepatu dan berpikir untuk menjalankan bisnis saat pandemi ini, maka bisnis jual sepatu dapat menjadi pilihan. Anda dapat menjajakan produk Anda secara online yakni melalui sejumlah platform media sosial maupun website. Usaha ini cukup menjanjikan dan dapat meraup pendapatan hingga jutaan rupiah.

 

 

11. Jual Akun Game

Nah, ada satu bisnis lagi yang bisa digeluti oleh para gamers, yakni bisnis jual akun game. Singkatnya bisnis ini menjual akun game yang sudah dilengkapi dengan karakter level tinggi serta item-item yang canggih. Biasanya banyak orang mencari penjual akun game untuk mendapatkan karakter dengan paket lengkap agar dapat memenangkan banyak pertandingan. 

 

12. List Building

Salah satu langkah awal dalam membangun sebuah bisnis adalah dengan melakukan list building yakni dengan mengumpulkan database dari target bisnis Anda. Jasa list building jarang terdengar oleh masyarakat awam tapi penting bagi pelaku bisnis. Hal ini berarti bisnis list building memiliki peluang yang cukup besar karena jumlah pelaku bisnis semakin bertambah maka permintaan untuk list building juga ikut bertambah.

 

13. Survey Online

Peluang menghasilkan cuan juga bisa didapatkan melalui pengisian survey online, lho! Anda hanya perlu masuk ke website survey online berbayar lalu membuat akun dan mengisi data diri Anda. 

 

Setelahnya Anda bisa mulai mengisi survey-survey yang dibuat baik oleh perusahaan maupun panel khusus survey online berbayar. Anda akan mendapatkan bayaran jika sudah selesai mengisi survey-nya.

 

14. Katering

Menjalankan usaha kuliner seperti katering bisa menjadi pilihan untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan. Kegiatan bisnis katering kecil-kecilan dapat dilakukan dirumah bersama dengan keluarga. Anda tidak perlu keluar uang untuk biaya sewa tempat dan hanya perlu modal untuk bahan makanan saja. 

 

15. Jasa Laundry Kiloan Online

Perlengkapan utama yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah mesin cuci, deterjen, setrika, dan pewangi baju. Rata-rata pelanggan dari bisnis ini adalah mahasiswa dan pegawai kantoran. Meskipun terkesan biasa saja, tapi bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan.

 

16. Bisnis Konveksi

Untuk membangun bisnis ini, Anda tidak harus memiliki kemampuan dan pengetahuan menjahit yang luar biasa. Pengetahuan dasar dalam menjahit sudah cukup untuk membuat bisnis ini berjalan. 

 

Namun memang ada baiknya untuk memperdalam keahlian menjahit Anda agar penghasilan yang didapat juga bertambah. Modal awal untuk membuka bisnis ini cukup terjangkau dan juga Anda bisa bekerja dari rumah. 

 

17. Bisnis Kue

Membuka bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Salah satu turunan bisnis kuliner yang banyak digemari saat ini adalah bisnis pastry. Adanya tren camilan semakin menaikkan pamor bisnis ini, belum lagi dengan segala inovasi kue-kue kreatif saat ini yang banyak digemari oleh anak muda. 

 

Bisnis ini dapat dilakukan dirumah sehingga mengurangi biaya untuk sewa tempat. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli bahan membuat kue. Bisnis kue kecil yang semakin berkembang dapat berubah menjadi usaha franchise dengan ratusan outlet.

 

18. Event Organizer (EO) Webinar

Singkatnya bisnis event organizer merupakan bisnis yang menawarkan jasa untuk menggelar atau menjalankan acara. Peran EO dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menggelar suatu acara namun tidak memiliki waktu untuk mempersiapkannya. Skala acara yang ditangani pun beragam mulai dari yang kecil hingga besar tergantung dari permintaan klien Anda. 

 

19. Bisnis Tanaman

Modal untuk bisnis ini banyak dikeluarkan untuk pembelian bibit tanaman dan perlengkapan untuk bercocok tanam. Untuk memulai bisnis tanaman dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar bunga dapat tumbuh dengan baik. Bisnis ini cocok untuk Anda yang memang tertarik dengan berbagai jenis tanaman.

 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Pendanaan

 

20. Bisnis Frozen Food

Satu lagi bisnis bidang kuliner yang juga semakin diminati oleh masyarakat selama pandemi ini adalah bisnis frozen food. Kebutuhan akan makanan yang tahan lama, mudah disimpan, dan praktis menjadikan bisnis frozen food sebagai primadona di kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

 

 

21. Bisnis Aksesoris Rambut

Kreativitas diperlukan dalam membangun bisnis ini. Apabila Anda bisa dan ingin membuat aksesoris rambut yang otentik atau merupakan hasil karya Anda sendiri, maka bukan tidak mungkin bisnis ini dapat melesat dengan cepat. Sesuatu yang otentik sangat dicari oleh banyak orang. Namun kalau Anda hanya ingin berperan sebagai distributor saja pun tidak masalah.

 

22. Bisnis Thrift Shop

Selama pandemi, bisnis thrift shop mulai banyak bermunculan. Usaha thrift shop adalah usaha jual beli baju bekas layak pakai. Bisnis ini menjadi pilihan banyak anak muda karena modalnya yang tidak besar dan cukup mudah untuk dijalankan. Thrift shop banyak dijalankan melalui platform media sosial dan harga baju yang ditawarkan biasanya lebih murah daripada membeli baru. Bisnis ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang tertarik untuk berjualan baju bekas secara online.

 

23. Guru Les Privat

Memulai bisnis les privat dapat Anda jadikan salah satu pilihan menambah pendapatan. Kemampuan yang diperlukan untuk membangun usaha ini adalah kemampuan mengajar dan penguasaan materi pembelajaran. 

 

Modal yang dibutuhkan tidak besar, cukup berbekal laptop Anda sudah bisa membuka usaha les privat. Selain itu Anda dapat memilih jenjang yang ingin Anda buka, mulai dari SD hingga SMA.

 

24. Top Up Game

Banyak orang yang semakin tertarik bermain game online membuat bisnis ini naik daun dan dicari oleh para gamers. Secara singkat, bisnis top up game merupakan bisnis yang menjual voucher game online kepada gamers yang ingin meningkatkan kemampuan bermain karakter game mereka. Voucher yang dijual berupa voucher untuk pembelian item-item karakter game dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

 

25. Joki Game

Bisnis joki game juga dapat digeluti oleh Anda yang suka bermain game. Seorang joki game menawarkan jasanya untuk menaikkan peringkat game orang-orang yang ingin naik level atau ikut sebuah kompetisi yang memiliki standar peringkat/level tertentu. Untuk menjadi joki game Anda perlu menguasai sebuah game beserta karakter yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda kepada orang-orang melalui berbagai platform online.

 

26. Jual Akun Premium

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik untuk mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Berbagai platform seperti Netflix, Spotify, Youtube, dan lainnya menawarkan layanan premium agar pengguna dapat menikmati lebih banyak konten yang hanya tersedia pada tingkat premium. Anda dapat menjual akun premium untuk orang-orang yang ingin menaikkan tingkat akun mereka. Harga akun yang dijual dapat ditentukan oleh Anda sendiri. 

 

27. Bisnis Jasa Buat Logo

Skill dalam bidang desain grafis juga dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa pembuatan logo. Pelaku bisnis sangat membutuhkan jasa ini karena logo berkaitan erat dengan identitas perusahaan. Bahkan, sebuah logo bisa dihargai puluhan juta rupiah, lho.

 

28. Bisnis Penjualan Desain Kaos

Bagi Anda yang berminat membuka distro sendiri tetapi masih kekurangan modal, Anda dapat memulai bisnis dengan berjualan desain kaos dulu sambil mengumpulkan modal yang cukup. Klien bisnis ini pun terbilang lumayan banyak, mulai dari perorangan, komunitas, organisasi hingga perusahaan yang ingin memesan kaos ‘seragam’. Pemasaran bisnis penjualan kaos dapat dilakukan melalui media sosial.

 

29. Agensi Pembuatan Video

Selain agensi yang menyediakan jasa pembuatan artikel, mendirikan agensi pembuatan video bukan hal yang mustahil. Agensi pembuatan video pun mempunyai pangsa pasar yang sangat luas karena berhubungan marketing. Dari bisnis kecil, event organizer bahkan perusahaan besar juga memiliki kebutuhan akan penyedia jasa yang satu ini.

 

Baca juga: Tips Menjadi Wirausaha Sukses

 

30. Kursus Online

Makin ke sini, makin banyak bermunculan event workshop, online course sampai bootcamp online. Kursus-kursus online ini makin menjamur lagi saat pandemi melanda. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dalam suatu hal, di sinilah peluang bagi Anda terbuka lebar. Anda dapat mengadakan kursus online sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya, online course tentang pajak, kursus online untuk meningkatkan skill SEO, dan lain sebagainya.

 

31. Bisnis Penjualan Artwork

Selain skill fotografi, Anda juga dapat menjual hasil desain digital berupa artwork, misalnya logo dan wallpaper. Anda dapat mengunggah dan menawarkan hasil karya Anda di platform penjualan artwork seperti CreativeMarket. Selain itu, Anda juga dapat memasarkannya di media sosial.

 

32. Bisnis Copywriter

Profesi copywriter juga makin mengarah menuju tren yang semakin positif. Hla ini dapat dilihat dari jumlah demand terhadap skill kepenulisan dan branding yang semakin meningkat. Sebelum mulai memasarkan skill copywriting, Anda terlebih dulu harus banyak berlatih menulis agar memiliki portofolio yang dapat meningkatkan kepercayaan calon klien Anda.

 

33. Bisnis Penerjemahan

Kemampuan dalam menulis dan menerjemahkan bahasa asing juga dapat menjadi peluang dalam berbisnis online. Kegiatan menerjemahkan sangat fleksibel karena dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, pengguna jasa penerjemah juga sangat ramai, mulai dari masyarakat umum, mahasiswa, sampai perusahaan. Dokumen yang diterjemahkan antara lain dokumen penting perusahaan, artikel jurnal, proposal, dan lain sebagainya.

 

Nah, itu tadi 30+ peluang usaha rumahan yang dapat anda pertimbangkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun terlepas dari apapun bisnis yang dilakukan, konsistensi dan strategi marketing menjadi dasar yang penting agar usaha tetap dapat berjalan.

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi