Strategi Meningkatkan Inventory Turnover Ratio, Simak Tipsnya!



Salah satu cara praktis yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas penjualan adalah dengan perhitungan inventory turnover ratio. Melalui perhitungan inventory turnover ratio, Anda dapat mengukur seberapa besar efektivitas penjualan bisnis Anda berdasarkan stok barang yang dimiliki.

 

 

Inventory Turnover Ratio

Inventory turnover ratio atau rasio perputaran persediaan adalah salah satu cara untuk mengukur berapa kali persediaan terjual dalam satu periode. Hal ini nantinya akan memberikan hasil seberapa efektif persediaan barang yang dikelola.

 

Dilansir dari Investopedia, inventory turnover berguna dalam mengukur seberapa cepat perusahaan menjual persediaan dan bagaimana analis membandingkannya dengan rata-rata industri.

 

Rasio turnover yang rendah umumnya menyiratkan penjualan yang lemah sehingga terjadi overstocking. Sebaliknya, rasio turnover yang tinggi menandakan terjadinya penjualan yang kuat.

 

Fungsi Inventory Turnover Ratio

Fungsi yang pertama adalah untuk membantu pengukuran key performance indicator (KPI). Hal ini senada dengan argumentasi Vend yang menyebut bahwa inventory turnover merupakan salah satu kunci keberhasilan penjualan berdasarkan key performance indikator.

 

 

Yang kedua, inventory turnover dapat mencari tahu: apakah penjualan yang dilakukan telah memenuhi target yang diharapkan atau tidak.

 

Selanjutnya, inventory turnover juga banyak membantu dalam menentukan keputusan bisnis Anda. Inventory turnover adalah salah satu cara untuk memantau perputaran stok dengan cermat. Dengan demikian, melalui inventory turnover Anda bisa mendapatkan gambaran rasio investasi bisnis Anda dengan lebih baik. Hal inilah yang berpengaruh pada pembuatan keputusan pembelian yang lebih tepat sasaran.

 

Ketiga, inventory turnover dapat diandalkan untuk mengevaluasi efektivitas penjualan produk sebagai sumber pendapatan utama.

 

 

Fungsi lain yang tidak kalah pentingnya dari inventory turnover ratio adalah untuk membandingkan performa bisnis Anda dengan bisnis lain di industri yang sama.

 

Rumus Perhitungan Inventory Turnover Ratio

Rumus perhitungan inventory turnover ratio sebetulnya sederhana saja. Anda tinggal melakukan perbandingan antara harga pokok barang dengan rata-rata penjualan pada periode yang sama. Rumusnya sebagai berikut.

harga pokok barang : rata-rata barang

 

 

 

Baca Juga: Laporan Stok Barang: Tujuan dan Tips Pembuatannya!

 

Tips Meningkatkan Inventory Turnover Ratio

Mengingat betapa banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui perhitungan inventory turnover ratio, berikut adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasio inventory turnover.

 

Tingkatkan Perputaran Stok Barang

Perkiraan permintaan tentu amat diperlukan guna meningkatkan kecepatan perputaran stok barang. Oleh karenanya, perkiraan akan permintaan barang pun harus dilakukan secara cermat nan akurat. Dengan demikian, Anda pun dapat mengintegrasikan manajemen stok dan penjualan dengan mudah.

 

Atur Ulang Strategi

Strategi yang perlu diatur ulang adalah strategi penjualan agar penjualan mampu mengalami peningkatan secara kontinyu. Strategi penjualan perlu ditinjau ulang dengan cara melakukan penyesuaian antara strategi penjualan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

 

 

Ketahui Usia Produk dan Kurangi Stok yang Usang

Produk yang sudah lama tertimbun (telah usang), memang sudah seharusnya dieliminasi. Produk yang sudah usang dapat menimbulkan kerugian karena menyebabkan terjadinya kelebihan stok barang. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat laporan stock aging yang mampu mengetahui perputaran setiap barang dagangan lebih akurat. Hal ini akan sangat membantu Anda agar dapat lebih fokus pada barang dagangan yang mengalami perputaran stok lambat.

 

Ubah Strategi Penentuan Harga Produk

Proses menentukan harga produk sebetulnya tidak mudah, sebab terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk dapat menghasilkan harga produk yang ideal.

Agar tetap dapat meningkatkan volume penjualan, Anda perlu melakukan peninjauan ulang terhadap harga produk dengan cara melakukan analisis perbandingan terhadap sejumlah penetapan harga.

 

Baca Juga: Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!

 

Perbaiki Kategori atau Pengelompokkan Produk Anda

Buatlah pengelompokan barang-barang yang ada di rak penjualan sehingga pelanggan pun dapat lebih mudah mencari barang yang mereka inginkan. Jika penataan barang dilakukan secara acak, tentunya akan membingungkan pelanggan dalam memilih barang dan ujungnya akan mempengaruhi tingkat penjualan. Perlu diingat bahwa hal ini berlaku untuk toko offline maupun online.



< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi