Ini 6 Kegunaan Akuntansi dalam Dunia Bisnis

Bagi Anda yang telah lama berkutat dengan bisnis, sedikit-banyak tentu mengetahui peran akuntansi dalam eksistensi bisnis itu sendiri. Bahkan, bisa dibilang bahwa tanpa keterlibatan akuntansi, bisnis bisa jatuh. Penasaran dengan seberapa penting akuntansi dalam dunia bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

an image

 

Apa itu Akuntansi dan Kegunaannya dalam Dunia Bisnis

Bicara tentang akuntansi, sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum, akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

 

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Gampang! Pahami Faktor Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi
Tahap Perencanaan dalam Proses Audit Laporan Keuangan

 

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi.

 

Pengertian Akuntansi

Akuntansi biasa digunakan perusahaan untuk mencatat transaksi keuangan dalam bentuk laporan.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit
Bagaimana Cara Membuat Jurnal Penutup dalam Siklus Akuntansi?

 

Umumnya pencatatan dan pelaporan transaksi ini dilakukan dalam periode tertentu. Contohnya tiap minggu, tiap bulan, dan tiap tahun.

 

Menurut Suhendar dalam buku Pengantar Akuntansi (2020), akuntansi adalah kegiatan mencatat, menggolongkan, dan meringkas transaksi keuangan dalam organisasi, kemudian melaporkan serta menafsirkan hasilnya.

 

6 Kegunaan Akuntansi dalam Dunia Bisnis

1. Untuk Mengetahui Kinerja Usaha

Akuntansi dapat dilihat sebagai tolok ukur kemajuan perusahaan. Dengan kata lain, kinerja usaha dapat dianalisa berdasarkan akuntansi dan pencatatan laporan keuangan perusahaan.

 

Suatu perusahaan dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang baik melalui proses akuntansi yang disusun dengan baik, rapi, benar, dan sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang ada.

 

2. Sebagai Alat Pengontrol dan Pengendali Keuangan

Dalam perkembangan usaha, akuntansi juga berperan sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan.

 

Manfaat akuntansi dalam memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan.

 

Contohnya saja, dengan mengetahui apakah keuntungan mengalami peningkatan atau penurunan dan jumlah saldo yang dimiliki saat ini, Anda bisa mengontrol pengeluaran biaya dan menyusun rencana untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya tujuan perusahaan Anda.

 

3. Untuk Mengetahui Posisi Keuangan Perusahaan

Menempati posisi managerial, berarti mengharuskan Anda untuk bertindak cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam proses pengambilan keputusan, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah keadaan keuangan perusahaan.

 

4. Bantu Membuat Alokasi Anggaran yang Tepat

Sumber daya seperti modal jika diinvestasikan dengan tepat bisa menghasilkan laba untuk perkembangan usaha. Dengan banyaknya pilihan dalam pengalokasian sumber daya, Anda bisa memakai informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

 

Untuk mengalokasikan dana ke pilihan yang tepat, dasarkanlah keputusan Anda pada laporan keuangan. Selain itu, keputusan yang didasarkan pada laporan keuangan juga lebih dapat dipertanggungjawabkan.

 

5. Sebagai Dasar Pembayaran Pajak

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai dasar untuk menghitung pajak. Perusahaan sendiri memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi tersebut akan disesuaikan dengan kondisi dari laba perusahaan.

 

Laba atau keuntungan yang telah diperoleh perusahaan dalam suatu periode tertentu akan dapat diketahui melalui adanya proses akuntansi. Selain itu, kebijakan pajak perusahaan juga akan dapat ditentukan dengan menganalisis laporan keuangan.

 

6. Untuk Mengetahui Besaran Laba Bersih

Kegunaan dari akuntansi dalam dunia usaha lainnya ialah membantu pengusaha untuk mengetahui seberapa banyak laba bersih yang diterima perusahaan di suatu periode. Informasi mengenai besaran laba bersih ini akan sangat berguna dalam menggaet investor dan melakukan pembayaran pajak badan usaha.

 

Kesimpulan: Percayakan Urusan Akuntansi Anda pada Ahlinya!

Usai mengetahui betapa pentingnya akuntansi dalam dunia bisnis, Anda tentu menginginkan urusan akuntansi Anda berada di tangan yang tepat, bukan?Yuk, percayakan urusan akuntansi dan laporan keuangan perusahaan Anda pada ahlinya di Konsultanku!


Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan pengguna jasa di Indonesia, baik perusahaan maupun perorangan. Temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku.

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi