Analisa Laporan Keuangan: Tujuan dan Jenisnya



Bagi para pelaku usaha, istilah analisis atau analisa laporan keuangan pasti sudah tak terdengar asing di telinga mereka. Bagaimana tidak, proses analisis ini berperan penting untuk menelaah kondisi keuangan perusahaan.

 

Analisa Laporan Keuangan

Analisa laporan keuangan— secara sederhana— dipahami sebagai sebuah metode yang digunakan dalam pemeriksaan menyeluruh terhadap laporan keuangan perusahaan. Pemeriksaan yang dimaksud mencakup serangkaian proses dalam mengidentifikasi, menilai, dan membandingkan laporan keuangan pada tahun berjalan dengan tahun-tahun lainnya.

 

Analisa laporan keuangan biasanya dilakukan secara berkala.

 

Tujuan Analisa Laporan Keuangan

Penganalisisan terhadap laporan keuangan tentunya memiliki beberapa tujuan, yakni:

 

  • Untuk mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.

  • Untuk menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan.

  • Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan apa saja yang dimiliki perusahaan.

  • Untuk mengetahui langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan, yang tentu saja berkaitan dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan.

  • Mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dalam suatu laporan keuangan.

 

Baca Juga: Memahami Purchase Requisition dan Perbedaannya dengan Purchase Order

 

Jenis Analisa Laporan Keuangan

Ada beberapa jenis analisa laporan keuangan, diantaranya adalah analisa tren, analisa common size, analisa persentase perubahan, dan analisa industri. Berikut pembahasannya.

 

Analisa Tren

Analisa tren atau yang sering juga disebut sebagai analisa time-series merupakan jenis analisa yang digunakan untuk melihat kinerja perusahaan dari satu waktu dibandingkan waktu yang lain.

 

Untuk melakukannya, akuntan atau manajer keuangan biasanya menggunakan history data dari laporan keuangan perusahaan. Pada praktiknya, metode yang digunakan dalam analisa tren adalah metode rasio laporan keuangan yang fungsinya membandingkan laporan keuangan yang sudah pernah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Analisa Common Size

Biasanya, analisa jenis ini digunakan untuk menganalisa neraca dan/atau laporan laba/rugi perusahaan.

 

Pada analisa common size, tiap komponen pada laporan laba-rugi dibagi dengan penjualan lalu disajikan dalam persentase penjualan. Sedangkan, komponen neraca dibandingkan dengan total aset dan disajikan sebagai persentase total aset.

 

Analisa Persentase Perubahan

Analisa persentase perubahan dinilai sebagai salah satu analisa yang paling baik dan akurat. Alasannya, analisa ini terdiri dari penghitungan tingkat pertumbuhan pada tiap komponen laporan laba-rugi maupun komponen neraca terhadap tahun dasar pembuatannya.

 

Oleh karenanya, akuntan dan/atau manajer perusahaan jadi bisa melihat kondisi berbagai akun pada laporan laba-rugi maupun neraca melalui hasil analisa ini.

 

Analisa Industri

Sesuai namanya, analisa jenis ini melibatkan perbandingan kondisi suatu perusahaan dengan kondisi perusahaan lain yang bergerak pada industri yang sama.

 

Sama halnya dengan analisa tren, analisa industri juga menerapkan teknik penghitungan rasio dalam praktiknya.

 

Setelah memiliki pemahaman dasar tentang analisa laporan keuangan, kini saatnya untuk menyusun laporan keuangan yang cermat dan akurat dengan bantuan para konsultan profesional yang selalu menawarkan solusi terbaik dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda!

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi