Buku Kas Umum, Penggunaan, dan Dasar Pembuatannya

Buku kas umum adalah komponen penting dalam pengelolaan keuangan usaha. Dengan adanya pencatatan transaksi dalam buku kas umum, pemilik usaha dapat melakukan pemantauan terhadap kondisi bisnisnya secara real time. Meskipun penting, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat buku kas umum. Sebab, ada beberapa dasar pembuatan dan ketentuan penggunaan yang harus dipatuhi. Melalui artikel ini, Konsultanku akan penjelasan lengkap mengenai ketentuan penggunaan, dasar pembuatan, hingga tautan untuk mengunduh buku kas umum excel.

an image

Pengertian Buku Kas Umum

Buku kas umum adalah media pencatatan informasi keuangan perusahaan, yang mana di dalamnya terdiri dari berbagai jenis transaksi. Jenis buku kas ini memiliki format sederhana yang berisi pemasukan dan pengeluaran. Fungsinya adalah sebagai bukti pencatatan keluar masuknya keuangan perusahaan.

 

Ada banyak manfaat penting dalam penggunaan buku kas umum dalam perusahaan. Selain memperoleh informasi tentang keuangan usaha, Anda akan lebih mudah melakukan kontrol, analisa, penyesuaian, dan juga identifikasi terkait alokasi maupun sumber uang dan keuangan dengan buku ini.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui


Ketentuan Penggunaan Buku Kas Umum

Merujuk pada buku Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan oleh CHR. Jimmy L. Gaol dan sumber lainnya, berikut beberapa ketentuan yang harus ditaati dalam penggunaan buku kas umum.

  1. Halaman pertama buku kas umum dituliskan oleh pemegang kas tentang jumlah halaman buku kas itu, kemudian diberi tanggal dan ditandatangani. Setiap halaman diberi nomor urut dan diparaf. Halaman terakhir digunakan untuk catatan pemeriksaan kas.

  2. Dalam buku kas umum, tidak boleh ada kolom-kolom yang kosong ataupun tanda bekas hapusan.

    Baca Juga:
    Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
    Cara Membuat Laporan Keuangan
    Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
    Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

  3. Buku kas umum sedikitnya dibuat dalam satu kali sebulan, dan untuk selanjutnya setiap kali jika dianggap perlu. Catatan transaksi dalam buku tersebut kemudian ditotal, ditutup, serta dihitung ruangan kasnya oleh atasan terdekat (lihat Pasal 2, Pasal 8, dan Pasal 9 Surat Keputusan Menteri Keuangan No. Kep-332/M/V/9/1968 tanggal 26 September 1968)


Dasar Pembuatan

Sebelum membuat buku kas umum, ada beberapa ketentuan dasar yang perlu diketahui oleh para pemegang kas dalam suatu perusahaan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Penerimaan dibukukan di sebelah kiri, pengeluaran di sebelah kanan. Dengan kata lain, sebelah kiri buku kas umum merupakan sisi debet, sedangkan sebelah kanan adalah sisi kredit.

  2. Pada pos pertama penerimaan sebelah kiri dan pengeluaran sebelah kanan dibukukan saldo kelebihan atau kekurangan yang diperoleh karena penutupan buku pada bulan lalu, atau pada akhir tahun.

  3. Pos-pos pada sebelah kiri, setiap kali dilakukan penutupan, harus sama dengan total pos-pos sebelah kanan. Demikian pula dalam penutupan buku, jumlah total sisi debit harus sama dengan jumlah total sisi kredit.


Contoh Buku Kas Umum Format Excel

Agar Anda lebih memahami tentang pencatatan transaksi dalam buku kas umum, berikut kami berikan cara mencatat buku kas umum berdasarkan ilustrasi khusus.

 

Selama minggu pertama pada bulan Oktober 2023, kasir kas telah mengeluarkan uang dengan rincian sebagai berikut:

  • Tanggal 4 Maret membeli perlengkapan Rp15.000,00

  • Tanggal 7 Maret membayar rekening listrik Rp40.000,00

  • Tanggal 12 Maret membayar rekening telepon Rp50.000,00

  • Tanggal 13 Maret membeli bensin Rp20.000,00

  • Tanggal 15 Maret membeli perlengkapan Rp10.000,00

 

Transaksi di atas akan dicatatkan dalam buku kas umum seperti yang tampak di bawah ini.

 


buku kas umum, buku kas umum adalah, buku kas umum excel


 

Tabel catatan buku kas kecil seperti tampak pada gambar di atas pada dasarnya dapat Anda buat melalui Microsoft Excel. Dengan memanfaatkan software tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan. Anda hanya perlu mempelajari rumus-rumus Excel akuntansi guna lebih mempermudah proses pengerjaannya. Untuk mendapatkan format buku kas umum excel, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut.


buku kas umum, buku kas umum adalah, buku kas umum excel


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa buku kas umum adalah alat pencatatan transaksi perusahaan dengan format sederhana, yakni pemasukan dan pengeluaran. Catatan transaksi ini penting bagi setiap usaha sebagai acuan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi bisnisnya secara real time.

 

Dalam pencatatan buku kas umum, Anda perlu memperhatikan apa saja dasar pembuatan dan ketentuan penggunaan yang berlaku. Dengan demikian, Anda dapat menyusun pembukuan dengan baik sebagai bentuk pencatatan keuangan yang akurat. Jika merasa kesulitan dalam proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa pembukuan dan laporan keuangan dari Konsultanku untuk membantu Anda menyusun pembukuan laporan keuangan perusahaan Anda.

 

buku kas umum, buku kas umum adalah, buku kas umum excel

buku kas umum, buku kas umum adalah, buku kas umum excel

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi