Memahami Laporan Realisasi Anggaran untuk Sektor Publik

Seperti yang Anda ketahui, laporan keuangan memiliki peran penting dalam menyajikan kondisi keuangan perusahaan atau entitas, termasuk di dalamnya entitas sektor publik. Merujuk pada Peraturan pemerintah No. 71 Tahun 2010, salah satu jenis laporan keuangan dalam akuntansi sektor publik adalah laporan realisasi anggaran (LRA). Melalui artikel ini, Konsultanku akan menyajikan informasi tentang apa itu laporan realisasi anggaran sektor publik, unsur-unsur di dalamnya, serta contoh laporan realisasi anggaran.

an image

Laporan Realisasi Anggaran dan Pentingnya untuk Sektor Publik

Laporan realisasi anggaran adalah laporan yang menyajikan perbandingan antara realisasi pendapatan dan belanja dengan estimasi pendapatan dan pagu anggarannya yang telah ditetapkan pada awal tahun. Laporan ini disusun untuk melihat kesesuaian antara penggunaan dana di lapangan dengan rencana anggaran keuangan. Di samping itu, laporan realisasi anggaran sektor publik juga memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya:

  1. Sebagai bahan evaluasi pengelolaan dana

  2. Sebagai sumber informasi terkait kondisi keuangan pemerintah

    Baca Juga:
    Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
    PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
    Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
    Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui

  3. Sebagai bahan untuk mengestimasi pengeluaran di periode selanjutnya

  4. Sebagai sumber untuk mengetahui efektivitas pendapatan dan realisasi sumber daya ekonomi

  5. Sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan

  6. Sebagai sarana untuk memastikan apakah realisasi anggarannya sudah sesuai peraturan dan Undang-Undang

    Baca Juga:
    Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
    Cara Membuat Laporan Keuangan
    Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
    Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

  7. Sebagai alat untuk menunjukkan akuntabilitas pemerintah

 

Dalam pencatatannya, laporan realisasi anggaran sektor publik menggunakan metode basis kas, di mana transaksi diakui jika terjadi aliran kas masuk atau keluar. Dalam penyajiannya, laporan ini mencakup beberapa unsur sebagai berikut.

  1. Pendapatan: pemasukan atau penerimaan oleh Bendahara Umum Daerah/Negara atau entitas pemerintah lainnya yang diberi kewenangan, yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah.

  2. Belanja: segala pengeluaran yang mengurangi nilai kekayaan bersih pada tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak akan diperoleh kembali pembayarannya oleh pemerintah.

  3. Pembiayaan (financing): setiap penerimaan atau pengeluaran yang tidak berpengaruh pada kekayaan bersih entitas yang perlu dibayar kembali dan/atau akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun anggaran berikutnya.

  4. Transfer: penerimaan dan pengeluaran dari satu instansi ke lainnya dalam satu periode yang mencakup dana perimbangan dan bagi hasil atas kerja sama instansi dalam satu proyek.


Contoh Laporan Realisasi Anggaran

Setelah mengetahui apa itu laporan realisasi anggaran dan unsur-unsurnya, Anda kini dapat memahami konsep dari laporan tersebut, fungsi dari penyusunannya, serta komponen di dalamnya. Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai laporan tersebut, berikut kami berikan contoh laporan realisasi anggaran.

 

laporan realisasi anggaran, laporan realisasi anggaran sektor publik, laporan realisasi anggaran adalah, contoh laporan realisasi anggaran

 

Contoh laporan realisasi anggaran di atas merupakan laporan milik Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten XYZ untuk tahun anggaran 2023. Contoh LRA tersebut juga memberikan informasi terkait pendapatan dan belanja pada tahun anggaran 2022 sebagai perbandingan.

 

Laporan realisasi anggaran sektor publik di atas memuat dua unsur utama, yakni pendapatan dan belanja. Komponen pendapatan mencakup pendapatan asli daerah (PAD) dan pendapatan lain yang sah. Sementara unsur belanja memuat dua jenis pengeluaran, yakni belanja operasi dan belanja modal.

 

Kesesuaian antara penggunaan dana di lapangan dengan rencana anggaran keuangan ditampilkan dalam bentuk persentase sebesar 91,87%. Hal ini berarti realisasi pendapatan dan belanja sudah sesuai dengan anggaran yang ditentukan. Namun pada akhir laporan, diketahui bahwa tahun anggaran 2023 mengalami defisit karena jumlah belanja yang lebih besar dari pendapatan. Jumlah defisit pada tahun 2023 ini diketahui lebih besar dari angka defisit tahun sebelumnya.


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, diperoleh kesimpulan bahwa laporan realisasi anggaran adalah laporan keuangan yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dengan realisasinya dalam satu periode pelaporan. Dalam akuntansi sektor publik, laporan ini merupakan jenis laporan keuangan yang wajib disusun untuk menunjukkan akuntabilitas pemerintah. Maka tak heran, Anda bisa menemukan banyak contoh laporan realisasi anggaran sektor publik yang dipublikasikan di laman resmi pemerintah.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi