Ide, Peluang, dan Strategi Promosi Bisnis di Event 17 Agustus

Tinggal satu hari lagi menuju “ulang tahun” Indonesia yang ke 77. Kalau Anda ingat, hampir setahun yang lalu, Konsultanku pernah membahas tentang peluang bisnis musiman di Indonesia. Nah, salah satu peluang bisnis musiman adalah event hari kemerdekaan. Bagaimana peluang dan ide bisnis di hari kemerdekaan? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

an image

 

Bagaimana Peluang Bisnis Hari Kemerdekaan?

Perayaan HUT RI jadi salah satu event yang paling ditunggu oleh masyarakat tiap tahunnya. Antusiasme yang sangat besar pada momen ini disebabkan perhelatan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari upacara bendera, perlombaan, pawai, bazaar sampai ke konser musik di berbagai wilayah.

 

Oleh karena itu, momentum ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik, karena banyak orang akan mencari berbagai pernak-pernik atau jasa yang bertemakan kemerdekaan.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Selain menarik, peluang bisnis musiman yang satu ini juga lumayan menjanjikan. Sebab, event kemerdekaan akan selalu ada di setiap tahunnya.

 

Berikut, Konsultanku telah merangkum 4 ide bisnis paling ciamik untuk ikut memeriahkan event hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus nanti!

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

4 Ide Bisnis di Hari Kemerdekaan yang Bisa Dicoba!

Hari raya kemerdekaan biasanya identik dengan ciri khas budaya dan warna “merah-putih” sebagai ciri khas negara Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, event hari raya kemerdekaan dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis musiman dengan menjual produk yang bertemakan budaya dan warna “merah-putih” Indonesia.

 

Bisnis Bendera Merah-Putih dan Umbul-Umbul

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, event hari kemerdekaan identik dengan warna merah-putih. Tak heran, saat mendekati HUT Indonesia, berbagai macam bendera merah-putih kerap menghiasi jalanan, mulai dari bendera plastik hingga bendera bertongkat bambu.

 

Selain dipajang di jalan, biasanya bendera merah-putih juga digunakan di acara pawai kemerdekaan.

 

Banyaknya kebutuhan penggunaan bendera merah-putih saat hari kemerdekaan dapat dilihat sebagai peluang bisnis musiman yang lumayan bagus. Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menjual bendera dan umbul-umbul berwarna merah-putih menjelang 17 Agustus.

 

Bisnis Kaos Bertema Hari Kemerdekaan

Selain bendera dan umbul-umbul merah-putih, Anda juga dapat berbisnis kaos bertema hari raya kemerdekaan.

 

Berbeda dengan bendera yang hanya bertemakan merah-putih, pada produk berupa kaos, Anda dapat berkreasi lebih bebas. Misalnya, menambahkan foto pahlawan nasional pada kaos yang akan dijual.

 

Dengan pilihan gambar yang variatif, produk yang dijual pun bisa terlihat lebih menarik!

 

Bisnis Sewa Baju Adat

Pada saat pawai kemerdekaan, umumnya peserta pawai diberikan dress code untuk memakai kebaya atau pakaian adat dari masing-masing daerah asal. Makanya, menjelang 17 Agustus, banyak orang yang membeli atau menyewa pakaian adat.

 

Agar tak ketinggalan peluang bisnis satu ini, Anda bisa membuka jasa sewa kebaya dan baju adat, apalagi jika Anda memang gemar dan memiliki banyak koleksi pakaian-pakaian dari berbagai daerah.

 

Daripada koleksi baju Anda hanya menumpuk di lemari, akan lebih menguntungkan jika disewakan, bukan?

 

Bisnis Event Organizer

Seperti yang Anda ketahui, tiap-tiap event— apapun itu jenisnya— pasti harus memiliki sebuah tim organizer yang bertugas mengarahkan dan memastikan bahwa event berjalan sesuai rundown schedule.

 

Event hari kemerdekaan pun juga demikian. Mengingat betapa meriahnya 17 Agustus, untuk memastikan bahwa rundown acara berjalan dengan baik, maka diperlukan campur tangan suatu event organizer.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis event organizer, mungkin bisa mulai dari event yang paling dekat terlebih dulu, yakni event hari kemerdekaan yang diselenggarakan pada 17 Agustus besok.

 

3 Ide Strategi Promosi Bisnis di Event 17 Agustus

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis, jangan risau. Di bawah ini, kami juga sudah menyiapkan 3 strategi promosi bisnis di event hari kemerdekaan RI!

 

Diskon Khusus Hari Kemerdekaan

Hal pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengadakan promo diskon khusus event hari kemerdekaan. Cara ini bisa digunakan di berbagai bidang usaha, mulai dari kuliner, jasa, fashion, dan lain sebagainya.

 

Anda bisa menerapkan diskon dengan angka-angka yang identik dengan Hari Kemerdekaan, seperti diskon 17%, 8%, atau potongan harga sebesar Rp4.500 untuk setiap nominal belanja Rp77.000. Angka-angka tersebut tentunya cukup menarik perhatian dan bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan.

 

Promo Buy 4 Get 5

Promo ini juga banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Banyak orang yang sudah biasa mendengar promo buy 1 get 1, namun karena ini adalah bulan kemerdekaan, Anda bisa membuat promo buy 4 get 5 yang identik dengan tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu 1945.

 

Strategi ini akan lebih efektif diterapkan di bidang usaha kuliner dan fashion. Selain menarik, promo tersebut juga membuat konsumen Anda menikmati produk yang Anda buat dengan harga terbaik.

 

Mengeluarkan Produk Baru Spesial Kemerdekaan

Beberapa produk spesial kemerdekaan juga dapat menjadi sarana promosi yang cukup efektif. Anda bisa menawarkan produk yang bersifat limited edition yang akan menarik minat para pelanggan. Jika Anda memiliki bisnis di bidang fashion, Anda bisa membuat satu set pakaian dengan tema spesial Indonesia dan hanya bisa dibeli satu kali saja selama event kemerdekaan berlangsung.

 

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai peluang, ide bisnis, dan strategi promosi di hari raya kemerdekaan Indonesia. Jangan sampai peluang ini terlewatkan oleh Anda, sebab event 17 Agustus merupakan salah satu peluang bisnis paling meriah di Indonesia.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera manfaatkan peluang bisnis musiman ini agar tidak ketinggalan hype. Kalau untuk urusan pajaknya, tinggal diserahkan saja ke Konsultanku!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi