Pajak Apa Saja yang Harus Dibayar PT?

Sebagaimana yang telah diketahui, badan usaha di Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar pajak, tak terkecuali PT dan CV. Meskipun sama-sama badan usaha, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan dalam hal pengenaan pajaknya. Oleh sebab itu, dalam artikel ini, Konsultanku akan mengupas 7 jenis pajak yang dikenakan pada badan usaha jenis PT (Perseroan Terbatas)!

an image

 

6 Jenis Pajak yang Harus Dibayar PT (Perseroan Terbatas)

PT atau Perseroan Terbatas adalah sebuah badan yang terbentuk atas persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian melakukan kegiatan dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang (UU Nomor 40/2007) serta aturan pelaksanaannya.

 

Perbedaan PT dan CV

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan mengenai jenis-jenis pajak yang harus dibayar PT, ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaan PT dan CV dari sisi hukum terlebih dulu.

Baca Juga:
Penghitungan dan Status Pajak bagi Pasangan Suami-Istri Bekerja
Panduan Lengkap Pajak Penghasilan PPh Pasal 22
Pajak Penghasilan PPh Pasal 21: Definisi, Dasar Hukum, Tarif, dan Waktu Penyetoran Serta Pelaporan Pajak
Penjelasan Lengkap Pajak Penghasilan Pasal 25 (PPh 25)

 

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari bentuk perusahaan. PT merupakan bentuk perusahaan berbadan hukum dan pendiriannya diatur secara tertulis di dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT). Di sisi lain, CV adalah bentuk usaha yang bukan berbadan hukum karena tidak ada peraturan tertentu yang mengaturnya.

 

Yang kedua, dalam pendiriannya, PT membutuhkan paling sedikit 2 orang yang terlibat dan keduanya merupakan WNI. Meski demikian, dalam aturan Penanaman Modal Asing (PMA), Warga Negara Asing (WNA) juga diperbolehkan tercatat sebagai pendiri. Sementara itu, CV tidak membolehkan WNA sebagai pendirinya.

Baca Juga:
Mekanisme Pemungutan Pajak Digital Oleh Pemerintah Indonesia
Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal Dengan Tax Planning
Tax Planning Untuk Bisnis, Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal
Apa Itu Restitusi Pajak?

 

Yang ketiga, penamaan sebuah PT harus sesuai dengan Pasal 16 UU PT, yakni didahului dengan “Perseroan Terbatas” atau PT. Pemberian nama PT tidak boleh sama atau mirip dengan nama PT yang sudah berdiri di Indonesia. Di lain sisi, CV tidak memiliki aturan khusus mengenai penamaan, jadi bisa saja sebuah CV memiliki nama yang mirip satu sama lain.

 

Pajak Perseroan Terbatas: Apa Saja Pajak yang Harus Dibayar PT?

Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan, ditemukan keterangan sebagai berikut:

 

Pasal 2 Ayat (1) UU No. 36 Tahun 2008

(1) Yang menjadi subjek pajak adalah:

  1. 1. orang pribadi;

2. warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak;

  1. badan; dan

  2. bentuk usaha tetap.

(1a) Bentuk usaha tetap merupakan subjek pajak yang perlakuan perpajakannya dipersamakan dengan subjek pajak badan.

 

Berdasarkan keterangan di atas, sudah jelas bahwa badan usaha seperti PT termasuk diwajibkan untuk membayar pajak. Berikut daftar 6 jenis pajak yang harus dibayarkan PT.

 

PPh Pasal 21

PPh 21 adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lainnya atas pekerjaan, jasa, atau kegiatan lain dengan nama dan bentuk apapun yang diterima oleh Wajib Pajak.

 

Pajak ini harus dibayarkan atau disetorkan secara rutin tiap bulannya. Perusahaan umumnya langsung memotong penghasilan karyawan dan menyetorkan pajak tersebut ke kas negara.

 

PPh Pasal 23

Kewajiban PPh Pasal 23 juga dikenakan pada perusahaan berstatus PT. PPh 23 adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong oleh PPh Pasal 21.

 

Pihak yang memotong dan melaporkan PPh Pasal 23 kepada kantor pajak adalah pihak pemberi penghasilan. Pajak dipotong saat terjadi transaksi yang meliputi transaksi dividen, royalti, bunga, hadiah dan penghargaan, sewa dan penghasilan lain yang terkait dengan penggunaan aset selain tanah atau transfer bangunan, serta jasa.

 

Pph Pasal 25

PPh 25 adalah angsuran pajak yang berasal dari jumlah Pajak Penghasilan terutang menurut SPT Tahunan PPh dikurangi PPh yang dipotong, serta PPh yang dibayar atau terutang di luar negeri yang boleh dikreditkan.

 

PPh Pasal 25 dibuat dengan tujuan untuk meringankan beban Wajib Pajak. Pajak ini harus dilunasi dalam kurun waktu satu tahun dan pembayarannya tidak bisa diwakilkan.

 

PPh Pasal 29

PPh 29 adalah PPh kurang bayar yang tercantum dalam SPT Tahunan PPh, yakni sisa dari PPh yang terutang dalam Tahun Pajak yang bersangkutan dikurangi dengan kredit PPh (PPh 21, 22, 23 dan seterusnya) dan PPh Pasal 25.

 

Saat jumlah pajak terutang suatu perusahaan dalam satu Tahun Pajak lebih besar dari jumlah kredit pajak yang telah dipotong oleh pihak lain dan yang telah disetor sendiri, maka nilai lebih pajak terutang tersebut (pajak terutang dikurangi kredit pajak) menghasilkan PPh Pasal 29.

 

PPh Pasal 4 Ayat (2)

Sebagai wajib pajak badan usaha PT, kewajiban pajak yang biasanya melekat pada perseroan terbatas adalah PPh Pasal 4 ayat (2).

 

PPh Final PP 23/2018

PPh Final adalah pajak yang dikenakan kepada Badan dengan nilai peredaran bruto maksimal Rp4,8 miliar.

 

PPh Final harus dibayarkan saat penghasilan diterima. Hal ini dikarenakan untuk menyederhanakan proses dan mekanisme perpajakan serta mengurangi beban administrasi pajak, terutama bagi Wajib Pajak yang masih berkembang dan belum mampu menyelenggarakan pembukuan.

 

Kesimpulan dan Tips Bayar Pajak Lebih Hemat dengan Tax Planning by Konsultanku

Setelah dirinci satu per satu, ternyata ada lumayan banyak  pajak yang harus dibayarkan oleh PT.

 

Namun, Anda tidak perlu risau dengan banyaknya nominal pajak yang harus dibayarkan. Sebab, kini Anda bisa melakukan penghematan pajak secara legal  melalui produk tax planning oleh ahli pajak di Konsultanku.

 

KLIK DI SINI untuk mulai merencanakan pembayaran pajak perusahaan Anda!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi