Peluang Side Hustle, Bisnis Coffee Shop!



Coffee shop menjadi salah satu bisnis di bidang kuliner yang tidak pernah habis peminatnya. Semenjak pandemi, coffee shop cukup sering dikunjungi oleh masyarakat, baik yang sekadar duduk santai menikmati suasana hingga yang memesan minuman untuk takeaway. Meskipun masih dalam sistem protokol kesehatan, coffee shop jarang sepi pembeli. 

 

Bisnis ini termasuk bisnis yang bertahan dari berbagai situasi ekonomi. Inilah mengapa banyak pebisnis, terutama anak muda saat ini, yang memilih bisnis coffee shop sebagai penghasilan tambahan. Makin penasaran? Yuk simak lebih dalam tentang usaha ini!
 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha Rumahan 2022, yuk Cari yang Sesuai untuk Anda!



 

Tren Buka Coffee Shop Semakin Diminati!

Anda mungkin heran, mengapa bisnis ini banyak diminati dan menjamur belakangan ini. Apa alasan dibalik semua itu? 

 

Peluang pasar yang besar menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini menjadi primadona bagi para entrepreneur muda. Anda dapat menarik masyarakat modern dari berbagai kalangan melalui rancangan konsep coffee shop yang sesuai untuk masyarakat umum. Pengunjung yang datang ke coffee shop tidak selalu hanya ingin menikmati kopi saja tetapi juga memiliki tujuan lain seperti bekerja, mengerjakan tugas, nongkrong, hingga menikmati suasana dari coffee shop Anda. 

 

Selain itu, peralatan untuk membuat kopi dan biji kopinya dapat dicari dengan mudah. Peralatan yang digunakan sudah banyak dijual di toko offline dan online dengan harga yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Supplier untuk biji kopi pun cukup banyak, Anda hanya perlu negosiasi dan menjaga hubungan baik dengan pemasok. 

 

Bisnis coffee shop bukan merupakan bisnis yang musiman sehingga tidak terlalu terpengaruh dengan tren. Bisnis ini dapat berumur cukup panjang dan berkelanjutan sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup untuk jangka panjang.

 

 

Omzet harian pada bisnis ini akan selalu ada karena pasti ada saja yang memesan baik secara langsung atau via aplikasi online.  Anda juga bisa menambahkan beberapa menu agar pelanggan selain pecinta kopi juga bisa datang ke sana dan menikmati suasana kedai kopi Anda. 

 

Opsi tambahan untuk bisnis ini adalah franchise. Anda dapat memulai bisnis coffee shop dengan membeli merek dagang orang lain. Namun jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis ini, strategi franchise dapat Anda jadikan pilihan sebagai cara untuk memperluas jangkauan pendapatan Anda.
 

Baca juga: 17+ Ide Usaha Modal Kecil 2021: Bisa dari Rumah!



 

Butuh Kecermatan Untuk Hasilkan Untung!

Meskipun tampaknya sekali dibangun bisnis ini akan selalu untung, tapi nyatanya tidak semudah itu. Perencanaan dan manajemen yang baik menjadi faktor penting dalam kelangsungan bisnis ini. 

 

Anda harus rutin dalam memeriksa dan memastikan peralatan coffee shop dan stok biji kopi dalam keadaan baik. Pastikan juga bahwa stok biji kopi dikirimkan tepat waktu agar tidak terjadi kekurangan biji kopi saat sedang berjualan. 

 

Selain itu Anda juga harus melakukan segala upaya pemasaran baik offline maupun online agar dapat menarik pelanggan. Pemasaran secara offline bisa dilakukan dengan membagikan selebaran pamflet, memberi sampel, memasang iklan cetak, dan lain sebagainya. Untuk pemasaran online bisa melalui media sosial, website, pemasangan iklan digital, kerjasama dengan influencer, dan lain sebagainya.

 

Jangan lupa untuk melakukan pembukuan. Pembuatan laporan keuangan penting untuk dilakukan karena Anda jadi bisa melihat apakah usaha Anda sudah berjalan maksimal atau belum. Laporan keuangan ini meliputi arus kas, laba rugi, dan neraca. Untuk mengisi laporan ini, Anda perlu menyimpan semua bukti transaksi selama bisnis berjalan. 

 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha Online 2022
 

 

Satu hal lagi yang penting untuk memastikan kelangsungan bisnis Anda, yakni membayar pajak usaha. Pajak yang wajib Anda bayarkan adalah pajak penghasilan yang terbagi jadi 2 kategori yakni pajak penghasilan badan dan pribadi. Jika bisnis Anda dibangun secara bersama atau berkelompok maka Anda wajib membayar pajak penghasilan badan. Namun jika dibangun perseorangan atau oleh Anda sendiri maka wajib membayar pajak penghasilan pribadi. Sesuaikan pembayaran pajak dengan keadaan atau kategori pengelolaan bisnis Anda. 


Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai peluang dan manajemen bisnis coffee shop. Perlu untuk diingat bahwa peluang ini harus diiringi dengan niat dan usaha Anda dalam mewujudkan dan mempertahankan bisnis yang berkelanjutan. Semoga bermanfaat!

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi