Perubahan Tarif dan Bracket PPh WP Pribadi Draft RUU KUP



Pemerintah terus berupaya dalam memulihkan kondisi ekonomi Indonesia yang melemah akibat pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda. Salah satunya dengan cara memberlakukan tarif pajak baru bagi orang pribadi dengan penghasilan di atas Rp 5 miliar per tahun.

 

Sebelumnya, rencana tersebut tertuang dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2022. Namun setelah beredarnya draf RUU KUP beberapa waktu lalu, rencana tersebut sepertinya akan segera terwujud karena dalam draft tersebut terdapat perubahan tarif dan bracket pajak penghasilan (PPh) bagi wajib pajak orang pribadi (WP OP).

 

Baca Juga : Pengusaha Wajib Tau Fringe Benefit!

 

Tarif dan Bracket Pajak di Indonesia

 

Dalam Pasal 17 draft RUU KUP tersebut terdapat perubahan tarif dan bracket (lapisan) dengan menetapkan lima lapisan tarif pajak orang pribadi berdasarkan penghasilan per

tahun. Berikut perubahan tarif dan bracket PPH WP OP dalam draft RUU KUP:  

 

Lapisan Penghasilan Kena Pajak

Tarif Pajak

Penghasilan sampai dengan Rp 50 juta

5%

Penghasilan di atas Rp 50 juta sampai Rp 250 juta

15%

Penghasilan di atas Rp 250 juta hingga Rp 500 juta

25%

Penghasilan Rp 500 juta hingga Rp 5 miliar

30%

penghasilan di atas Rp 5 miliar

35%

 

Sementara untuk tarif yang berlaku saat ini sesuai dengan ketentuan pasal 17 UU Nomor 36 tahun 2008 tentang PPh sebagai berikut:

 

Lapisan Penghasilan Kena Pajak

Tarif Pajak

Penghasilan sampai dengan Rp 50 juta

5%

Penghasilan di atas Rp 50 juta sampai Rp 250 juta

15%

Penghasilan di atas Rp 250 juta hingga Rp 500 juta

25%

Penghasilan di atas Rp 500 juta

30%

 

Baca Juga : 21 Pajak Terunik dan Teraneh di Dunia

 

Perubahan tarif dan bracket PPh WP OP tersebut tidak akan berdampak besar pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Perubahan tarif tersebut diharapkan mampu membantu memulihkan kondisi ekonomi Indonesia yang menurun akibat pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda.


Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi