Serba-serbi Ujian Profesi Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan sebuah profesi yang tentunya berkaitan dengan dunia akuntansi. Untuk menjadi seorang akuntan publik profesional, seseorang harus terlebih dahulu melewati tes ujian. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda segala hal mengenai Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP), mulai dari definisi, siapa yang berhak menyelenggarakan, dasar hukum yang digunakan, dan lain-lain.

an image

 

Tentang Ujian Profesi Akuntan Publik

Ujian Profesi Akuntan Publik merupakan jenis ujian yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Dasar hukum yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik. Ujian Profesi Akuntan Publik sendiri terdiri dari dua jenis tingkatan ujian, yaitu Ujian Tingkat Dasar dan Ujian Tingkat Profesional.

Jika seorang peserta berkeinginan untuk mendapatkan Sertifikat Tanda Lulus UPAP, maka persyaratan yang harus dipenuhi adalah mempunyai pengalaman kerja di bidang akuntansi. Pengalaman kerja di sini dapat berupa audit atas laporan keuangan di Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai pegangan untuk memenuhi Kualifikasi Profesional sebagai Akuntan Publik. Pelajari selengkapnya mengenai sertifikasi akuntansi.

 

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui

Pentingnya Ujian Profesi Akuntan Publik

Bagi seseorang yang ingin menjadi akuntan publik, maka Ujian Profesi Akuntan Publik merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Sebagaimana yang tertera di dalam UU No.5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik, disebutkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menguji kompetensi sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan sertifikat tanda lulus ujian profesi akuntan publik.

Selain itu, karena UPAP yang diselenggarakan oleh IAPI merupakan hasil adopsi dari International Education Standards (IES) yang diterbitkan oleh International Federation of Accountants (IFAC), maka pemegang sertifikat Certified Public Accountant (CPA) dari IAPI berhak mendapatkan satu keuntungan, yakni sertifikat ASEAN Chartered Professional Accountant (ACPA). Sertifikat tersebut sangatlah berharga karena sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Mutual Recognition Arrangement – ASEAN Economic Community. Singkatnya, Ujian Profesi Akuntan Publik sangatlah penting karena akan memberikan banyak benefit bagi Anda yang tertarik untuk berprofesi sebagai seorang akuntan publik.

 

Berapa Biaya Ujian Profesi Akuntan Publik?

Jika berbicara mengenai biaya, maka harus dikatakan bahwa dana yang harus dikeluarkan untuk mengikuti Ujian Profesi Akuntan Publik cukup bermacam-macam tergantung masing-masing jenis profesi akuntan. Sebagai contoh, jika Anda bermaksud untuk melaksanakan ujian tersebut di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, maka nominal yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp3.500.000,- untuk Ujian Sertifikasi CA (Chartered Accountant). Sementara itu, jika Anda ingin mengikuti tes CPA (Certified Public Accountant), maka biayanya adalah sebesar Rp800.000,-.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
Cara Membuat Laporan Keuangan
Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

Selain itu, ada pula tes Ujian Profesi Akuntan Publik yang diselenggarakan oleh IAPI dengan rincian dana sebagai berikut: Pendaftaran Level Dasar sebesar Rp100.000,-; Level Dasar sebesar Rp200.000 per mata ujian; Pendaftaran Level Profesional sebesar Rp300.000,-; dan Level Profesional sebesar Rp600.000 per mata ujian.

 

Kesimpulan

Pada intinya, Ujian Profesi Akuntan Publik merupakan jenis ujian yang penting diikuti oleh siapa pun yang ingin berprofesi sebagai seorang akuntan publik. Tes tersebut terdiri dari dua jenis tingkatan ujian, yaitu Ujian Tingkat Dasar dan Ujian Tingkat Profesional. Jika Anda mengikuti dan berhasil lulus dari tes tersebut, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang akan menunjang karier Anda di bidang akuntan publik.

 

ujian profesi akuntan publik

ujian profesi akuntan publik

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi