Cost Plus Method Dalam Transfer Pricing di Indonesia



Cost Plus Method merupakan salah satu metode penghitungan traditional profit yang digunakan ketika melakukan transfer pricing di Indonesia. Transfer pricing berfungsi untuk memaksimalkan laba pada perusahaan lewat penetapan harga barang atau jasa yang dilakukan oleh unit organisasi dari suatu perusahaan kepada unit organisasi lainnya dalam perusahaan yang sama.

 

Hubungan perusahaan yang terjadi di dalam transfer pricing sering disebut sebagai hubungan istimewa di antara kedua belah pihak perusahaan. Hubungan istimewa tersebut menunjukkan adanya keterikatan antara satu pihak dengan pihak lainnya yang disebabkan oleh kepemilikan atau penyertaan modal atau penguasaan.

 

Dikarenakan transfer pricing mempunyai fungsi memaksimalkan laba perusahaan melalui penetapan harga barang dan jasa tertentu, tentunya akan berdampak dalam penghitungan nilai pajak Wajib Pajak Badan. Dampak yang dihasilkan merupakan hal yang positif bagi perusahaan, namun bisa menjadi masalah bila transfer pricing dimanfaatkan untuk menghindari kewajiban perpajakan di suatu negara.

 

Baca Juga : Debt to Equity Ratio Pajak Indonesia

 

Cost Plus Method

 

Cost plus method adalah penentuan harga jual dengan cara menambahkan laba yang diharapkan di atas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk. Dalam metode ini, penjual atau produsen menetapkan harga jual untuk satu unit barang yang besarnya sama dengan jumlah biaya per unit ditambah dengan suatu jumlah untuk menutup laba yang diinginkan (disebut margin) pada unit tersebut.

 

Dengan kata lain, cost plus pricing merupakan strategi yang sangat sederhana dalam menetapkan harga barang dan jasa. Dalam menetapkan harga biaya plus, perusahaan bisa menambahkan biaya material langsung, biaya overhead, hingga biaya tenaga kerja. Persentase markup inilah yang akan diambil sebagai laba.

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, strategi penetapan cost plus method tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa perhitungan yang baik. Berikut langkah-langkah strategi penetapan harga biaya plus yang biasa dilakukan:

 

- Pertama-tama, tentukan total biaya produk dan layanannya terlebih dulu. Dalam menentukan biaya tersebut, Anda bisa menjumlah dari biaya tetap dan variabel.

- Selanjutnya, bagilah biaya total dengan jumlah unit agar Anda bisa mendapatkan hasil untuk jumlah biaya unit.

- Kalikan biaya unit dengan persentase markup agar bisa mendapatkan biaya penjualan serta margin keuntungan produk.

 

Dua komponen pembentuk harga pada cost plus method:

 

1. Biaya produksi setiap unit

2. Markup atau keuntungan yang diinginkan

 

Pendekatan cost-plus pricing memperhitungkan semua biaya yang relevan. Dalam industri manufaktur, itu termasuk biaya material langsung, biaya overhead dan biaya tenaga kerja. Dalam praktiknya, perhitungan mungkin bervariasi. Beberapa perusahaan mungkin hanya memperhitungkan biaya produksi saja. Setelah itu, perusahaan menambahkan persentase markup untuk menutupi biaya overhead lainnya (termasuk biaya administrasi, penjualan, dan distribusi).

 

Baca Juga : Metode Pooling of Interest Pada Akuntansi Pajak

 

Contoh Cost Plus Method

 

Cost of Associated Enterprise 1

Rp. 1.000.000

+ Gross profit mark-up (50%)

Rp. 500.000

Arm’s Length Price

Rp. 1.500.000

 

Diasumsikan bahwa HPP pada bagan diatas adalah Rp. 1.000.000. Jika diasumsikan juga bahwa mark-up laba kotor wajar yang Associated Enterprise 1 harus dapatkan adalah 50 persen, harga transfer yang dihasilkan antara Perusahaan Terkait 1 dan Perusahaan Terkait 2 adalah Rp. 1.500.000 (yaitu Rp. 1.000.000 x (1 + 0,50)).

 

Seperti Metode Resale Price, Metode Cost Plus adalah metode margin kotor; yaitu mencoba untuk mendapatkan jumlah keuntungan kotor yang wajar, dalam hal ini melalui mark-up yang wajar pada HPP.


Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi