Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba di Masa Pandemi

Pandemi virus corona tentu telah memengaruhi hampir semua sektor usaha. Berbagai keterbatasan membuat melambatnya kegiatan ekonomi. Namun, situasi yang tidak terduga ini juga mendatangkan banyak peluang baru.

an image

 

Dengan bantuan perkembangan teknologi, sudah sangat mungkin bagi Anda untuk merintis atau memperluas jaringan bisnis ke ranah internet yang lebih mudah dan dapat menjangkau lebih banyak audiens.

 

Kebutuhan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah bisa menjadi peluang bagi Anda untuk melakukan kegiatan bisnis dengan bantuan internet. Banyaknya situs jejaring sosial dan ecommerce marketplace membuka banyak kesempatan yang mudah bagi bisnis.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

 

Berikut adalah beberapa ide usaha yang dapat dilakukan secara online:

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

1.  Toko Online

Membuka toko online tentunya membutuhkan modal yang lebih sedikit dibanding toko offline. Dengan bantuan media sosial seperti Instagram dan berbagai marketplace, Anda dapat mempromosikan serta melakukan transaksi jual beli dengan lebih mudah. Kreasikan produk Anda sekreatif dan seinovatif mungkin mulai dari fungsi hingga packaging sehingga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen saat ini.

2. Food & beverages

Sektor food & beverages adalah salah satu sektor bisnis yang everlasting. Di masa pandemi, sektor bisnis ini tidak kehilangan pamornya. Bisnis seperti catering, nasi box, dan frozen food diminati oleh konsumen kendati ada batasan untuk pergi makan di luar rumah. Tips penting bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis F&B di masa pandemi adalah, perhatikan kehigienisan produk karena bagi konsumen F&B saat ini kebersihan makanan adalah faktor yang penting. 

3.  Jasa foto produk

Banyaknya usaha baru yang buka secara online membuat peluang penyedia jasa foto produk meningkat. Dalam menjalani usaha online, dibutuhkan foto produk yang menarik agar mendapat perhatian dari audiens. Bagi Anda yang memiliki minat di bidang fotografi, Anda bisa mencoba bisnis ini.

 

 

4.  Jasa desain ilustrasi dan logo

Sejalan dengan layanan foto produk, pembuatan desain ilustrasi dan logo adalah hal yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis online dalam memasarkan produknya. Apabila Anda memiliki kemampuan menggunakan berbagai software desain, Anda dapat menawarkan jasa untuk pembuatan desain ilustrasi pemasaran produk dan logo usaha.

5.  Content writer

Jasa pembuatan artikel bagi berbagai website komersial maupun non komersial dapat menjadi alternatif usaha yang dapat Anda lakukan secara online. Selain pembuatan artikel, sebagai content writer Anda juga bisa menawarkan jasa penulisan deskripsi produk atau caption sosial media yang bersifat promosional untuk bisnis-bisnis lain.

6.  Pelatihan online

Adanya software video conference membuat orang dapat melakukan pertemuan secara virtual. Anda juga bisa menawarkan jasa pelatihan secara online yang sesuai dengan bidang Anda. Mulai dari konsultasi bidang spesialisasi, pelatihan bidang spesifik, sampai kursus bahasa secara online. Jasa pelatihan secara online selain dapat membantu Anda mendapat penghasilan tambahan juga membantu orang lain untuk tetap berkembang di masa pandemi.

 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan 

 

Kemudahan melakukan bisnis secara online tentu harus diimbangi dengan usaha pemasaran yang maksimal. Optimalisasi media sosial sebagai media pemasaran adalah hal yang dapat mendukung jalannya bisnis online. Contoh upaya promosi melalui media sosial adalah melalui endorsement selebriti yang sesuai bidang bisnis yang dijalani. Selain itu, seperti layaknya bisnis pada umumnya, berbagai urusan manajemen keuangan juga tidak bisa diabaikan.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi