Apa itu Laporan Perubahan Ekuitas dan Contoh Pembuatannya

Laporan perubahan ekuitas adalah salah satu bagian dari laporan keuangan yang ada dalam perusahaan. Pasalnya, laporan ini menyajikan informasi perubahan keuangan yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk pengawasan maupun pengambilan kebijakan. Untuk lebih jelas, Anda dapat mengetahui tentang pengertian, unsur penyusun, hingga contoh laporan perubahan modal pada artikel Konsultanku berikut ini.

an image

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Perubahan Ekuitas?

Laporan perubahan ekuitas adalah bagian dari laporan keuangan yang menyajikan perubahan dalam ekuitas suatu perusahaan selama periode tertentu, beserta penyebab terjadinya perubahannya. Perubahan modal di dalam laporan keuangan ekuitas diperoleh dari selisih antara penambahan jumlah modal awal dan laba atau rugi, dengan jumlah penarikan modal.

 

Laporan perubahan modal pada dasarnya bertujuan untuk memberikan laporan tentang hubungan antara laporan laba rugi perusahaan dengan laporan posisi keuangan (neraca) serta transaksi-transaksi yang tidak tercakup dalam kedua laporan tersebut. Tidak hanya itu, laporan ini juga bertujuan untuk membuat ikhtisar dari investasi dan dana yang dihasilkan dalam suatu periode serta aktiva pembayaran.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui

 

Untuk mengukur berkembang atau tidaknya suatu perusahaan, laporan perubahan modal berfungsi sebagai indikator yang bisa digunakan oleh perusahaan. Lebih lanjut lagi, laporan ini juga memiliki fungsi berikut.

  1. Menyatakan adanya perubahan modal dalam suatu kurun periode dengan nominal yang tertulis jelas secara tepat dan akurat.

  2. Mendukung laporan keuangan yang juga termasuk di dalamnya laporan laba-rugi, neraca, dan laporan keuangan.

    Baca Juga:
    Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
    Cara Membuat Laporan Keuangan
    Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
    Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

  3. Menjadi acuan perusahaan dalam mengambil keputusan strategi bisnis di masa depan.

  4. Memberikan informasi yang membantu para investor dalam memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaan kas pada masa depan yang berasal dari pembagian dividen.

  5. Memberikan informasi pada para analis keuangan untuk memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi perubahan ekuitas pada perusahaan.


Laporan Perubahan Ekuitas dan Unsur Penting di Dalamnya

Laporan perubahan modal adalah rangkuman transaksi yang memiliki beberapa unsur penyusun di dalamnya. Untuk dapat menyusun laporan yang akurat, Anda perlu memperhatikan keberadaan beberapa komponen penting laporan perubahan modal. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam laporan perubahan modal adalah sebagai berikut.

 

1. Modal Awal

Modal awal adalah saldo akhir yang diperoleh dari laporan keuangan periode sebelumnya. Modal awal tidak disesuaikan karena koreksi kesalahan pada periode yang sebelumnya serta diperbaiki pada periode berjalan. Seluruh penambahan maupun pengurangan berikutnya dilakukan pada saldo awal laporan modal.

 

2. Pengaruh dari Perubahan Kebijakan Akuntansi

Unsur yang kedua adalah pengaruh dari kebijakan akuntansi. Unsur ini merupakan penyesuaian diperlukan pada cadangan pemegang saham di awal periode laporan komparatif. Hal ini dilakukan untuk menyajikan ekuitas awal ke jumlah yang ditentukan pada kebijakan akuntansi baru.

 

3. Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Komponen penting lainnya yang perlu disajikan dalam laporan perubahan ekuitas adalah pengaruh atas koreksi kesalahan yang terjadi pada periode sebelumnya. Unsur ini menampilkan efek koreksi kesalahan periode sebelumnya yang harus disajikan secara terpisah sebagai bentuk penyesuaian.

 

4. Saldo yang Disajikan Kembali

Saldo yang disajikan kembali merupakan salah satu unsur yang perlu dimasukkan dalam laporan perubahan modal. Saldo yang disajikan kembali atau saldo awal adalah nominal modal yang diperoleh dari pemegang saham di awal periode. Komponen ini harus disajikan setelah diadakannya penyesuaian.

 

5. Perubahan dari Modal Saham

Dalam periode terkait, perubahan dalam modal saham merupakan komponen yang penting untuk ditambahkan di dalam laporan perubahan ekuitas. Penukaran saham perlu dikurangi dalam laporan. Efek penerbitan serta pelunasan saham perlu disajikan terpisah sebagai cadangan modal saham serta cadangan premi saham.

 

6. Dividen

Dividen adalah bentuk catatan keuntungan rutin untuk pemilik saham yang harus diambil dari modal. Dalam laporan perubahan modal, pembayaran dividen perlu dikurangkan dari ekuitas pemegang saham. Hal ini dikarenakan dividen adalah distribusi kekayaan yang dapat diatribusi pada tiap-tiap pemegang saham.

 

7. Laba Rugi pada Periode Terkait

Untuk dapat menyusun laporan perubahan ekuitas, perusahaan perlu membuat laporan laba rugi pada periode terkait untuk mendapatkan besaran laba bersih setelah pajak. Setelah mendapatkan laba bersih setelah pajak, baru perusahaan dapat membuat laporan perubahan modal.

 

8. Perubahan dalam Cadangan Revaluasi

Perubahan dalam cadangan revaluasi menjadi komponen yang perlu disajikan dalam laporan selama unsur ini diakui di luar laporan laba rugi. Sebab, pembalikan rugi penurunan nilai sebelumnya tidak disajikan terpisah pada laporan perubahan modal karena sudah dimasukkan pada laba rugi periode terkait.

 

9. Keuntungan dan Kerugian Lain

Unsur selanjutnya adalah keuntungan dan kerugian lain. Dalam hal ini, keuntungan dan kerugian yang tidak diakui pada laporan laba rugi dapat disajikan dalam laporan perubahan modal. Unsur ini juga mencakup keuntungan serta kerugian aktuarial akibat penerapan nilai tukar, pajak biaya masuk, dan lain sebagainya.

 

10. Saldo Akhir

Saldo akhir merupakan modal yang didapat pada akhir tahun. Saldo ini menjadi cadangan modal dari pemegang saham di akhir periode pelaporan seperti yang terlihat pada laporan posisi keuangan. Saldo ini nantinya akan berguna dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan pada periode selanjutnya.


Contoh Laporan Perubahan Modal

Untuk membantu Anda memahami cara membuat laporan perubahan modal, berikut kami berikan contoh soal terkait laporan tersebut.

 

Contoh Soal

Pada akhir tahun 2022, PT Karya Kusuma membukukan keuntungan sebesar Rp500 juta. Sebelumnya, PT Karya Kusuma telah membagikan dividen senilai Rp150 juta pada pertengahan tahun. Pada bulan Oktober, PT Karya Kusuma menerbitkan 150.000 lembar saham yang dijual dengan harga Rp700 per lembar. Diketahui nilai ekuitas pada akhir tahun 2021 adalah senilai Rp1,7 miliar.

 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka laporan perubahan ekuitas PT Karya Kusuma adalah sebagai berikut.

 


laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan ekuitas adalah


Bagaimana Perubahan Ekuitas untuk Pelaporan Pajak?

Seperti yang Anda ketahui, laporan perubahan ekuitas adalah salah satu jenis laporan keuangan yang sangat penting bagi perusahaan. Sebagai rangkuman transaksi perusahaan, laporan yang menyajikan informasi perubahan keuangan ini juga dibutuhkan dalam hal pelaporan pajak.

 

Meskipun laporan ini tidak secara langsung digunakan untuk tujuan pelaporan pajak, tetapi informasi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat penting untuk proses tersebut. Laporan perubahan modal dapat membantu dalam perhitungan pajak, rekonsiliasi basis pajak dan akuntansi, serta pemahaman dampak keputusan keuangan terhadap tanggung jawab pajak perusahaan.

 

Laporan tersebut juga menjadi salah satu dokumen yang perlu dilampirkan saat penyampaian SPT Tahunan PPh Badan. Oleh karena itu, penting untuk dapat menghitung dan menyusun laporan dengan angka yang benar sehingga data keuangan yang disajikan menjadi akurat. Hal ini pun akan menjamin kelancaran dalam proses pelaporan SPT Tahunan PPh Badan


Kesimpulan

Pada intinya, laporan perubahan ekuitas adalah merupakan salah satu komponen kunci dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Melalui unsur-unsur utamanya, laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana modal suatu perusahaan mengalami perubahan selama periode tertentu. Dengan demikian, stakeholders dapat menggunakan laporan sebagai acuan dalam mengambil keputusan strategi bisnis di masa depan.

 

Sebagai bagian penting dari laporan keuangan perusahaan, laporan perubahan modal tentu harus dibuat dengan baik untuk menghasilkan laporan yang akurat. Apabila Anda menemukan kesulitan dalam proses tersebut, Anda bisa membaca pembahasan selengkapnya pada buku Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Ingin lebih praktis? Gunakan jasa pembukuan dan laporan keuangan dari Konsultanku untuk memudahkan pekerjaan Anda!

 

laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan ekuitas adalah

laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan ekuitas adalah

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi