Lengkap, Begini Cara Mencatat Laporan Mutasi Dana Kas Kecil!

Pembahasan tentang dana kas kecil (petty cash) dalam perusahaan tentu tak akan ada habisnya karena ada banyak aspek yang perlu dibahas. Meskipun nominalnya tidak besar, petty cash nyatanya merupakan hal yang penting bagi setiap bisnis, baik bisnis berskala kecil maupun besar. Sebelumnya, kami telah membahas tentang fungsi, jenis, metode, dan contoh dari buku kas kecil. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengelolaan dana kas kecil, berikut kami berikan penjelasan tentang laporan mutasi dana kas kecil melalui artikel di bawah ini.

an image

 

Apa itu Laporan Mutasi Dana Kas Kecil dan Manfaatnya

Laporan mutasi dana kas kecil adalah laporan yang memuat catatan mutasi atau perubahan dana kas kecil berdasarkan periode tertentu. Mutasi kas kecil umumnya terjadi karena adanya transaksi berupa pembentukan dana kas kecil, pemakaian dana kas kecil, serta penambahan atau pengisian kembali dana kas kecil. Laporan ini biasanya disusun berdasarkan buku kas kecil yang sebelumnya telah dibuat.

 

Laporan mutasi dana kas kecil pada dasarnya berfungsi sebagai laporan pertanggungjawaban penggunaan dana kas kecil selama periode tertentu. Dengan adanya laporan ini, perusahaan dapat melihat informasi berupa saldo awal kas kecil, pengeluaran kas kecil, selisih kas kecil pada periode tertentu, serta pengisian kembali dana kas kecil. Melalui informasi ini, Anda dapat menghadirkan catatan keuangan yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk berbagai kepentingan.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui

 

Cara Menyusun Laporan Mutasi Dana Kas Kecil

Penyusunan laporan mutasi dana kas kecil umumnya harus melewati beberapa tahapan tertentu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laporan mutasi dana kas kecil biasanya dibuat berdasarkan buku kas kecil. Oleh karena itu, Anda perlu menyusun buku kas kecil sebagai tahapan pertama. Buatlah catatan rinci terkait transaksi dana kas kecil pada periode tertentu. Setelah itu, pindahkan catatan transaksi tersebut dalam buku kas kecil.

 

Setelah buku kas kecil dibuat, Anda dapat menyusun catatan mutasi dana kas kecil. Pada tahap ini, Anda perlu mengelompokkan akun-akun yang terdapat dalam buku kas kecil ke dalam 3 akun, yaitu pembentukan kas kecil, pengeluaran kas kecil, dan pengisian kas kecil. Pengelompokkan ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam menyusun laporan mutasi dana kas kecil. Setelah itu, Anda bisa membuat laporan mutasi dana kas kecil untuk melihat saldo kas kecil pada akhir periode.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
Cara Membuat Laporan Keuangan
Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

 

Selain mengikuti langkah-langkah secara sistematis, Anda juga perlu menyediakan bukti-bukti transaksi yang mendukung pencatatan mutasi dana kas kecil. Karena meskipun jumlahnya kecil, pencatatan kas kecil harus dilakukan secara tepat berdasarkan bukti atau dokumen transaksi yang ada. Beberapa dokumen bukti transaksi yang diperlukan, yakni cek, bukti kas keluar, bukti pengeluaran kas kecil, permintaan pengeluaran kas kecil, dan permintaan pengisian kembali kas kecil.

 

Contoh Laporan Mutasi Dana Kas Kecil

Untuk membantu Anda memahami mutasi dana kas kecil, berikut kami berikan contoh laporan mutasi dana kas kecil yang disusun berdasarkan tahapan sistematis.

 

PT Surya Utama memiliki dana kas kecil dengan metode fluktuasi. Pada tanggal 1 April 2023, perusahaan melakukan pengisian kas kecil sebesar Rp6.000.000,00. Selanjutnya pada bulan tersebut, PT Surya Utama melakukan beberapa transaksi dana kas kecil. Berikut adalah rinciannya.

 

1 April: Saldo awal kas kecil sebesar Rp6.000.000,00 dengan bukti kas keluar (BKK) No. 4127 dari bagian keuangan.

3 April: Pengeluaran kas kecil untuk membayar tagihan listrik sebesar Rp2.750.000,00 dengan bukti pengeluaran kas kecil (BPKK) No. 2785 (PPKK No. 4085)

8 April: Pengeluaran kas kecil untuk pembelian perlengkapan administrasi kantor sebesar Rp1.050.000,00 dengan bukti pengeluaran kas kecil (BPKK) No.2786 (PPKK No.4086).

12 April: Pengeluaran kas kecil untuk membayar tagihan telepon sebesar Rp600.000,00 dengan bukti pengeluaran kas kecil (BPKK) No. 2787 (PPKK No 4087).

17 April: Pengisian kembali dana kas kecil dengan bukti-bukti yang ada (PPKK No.60) sebesar Rp4.400.000,00 (BKK No 4127)

20 April: Pengeluaran kas kecil untuk membeli perlengkapan administrasi kantor sebesar Rp800.000,00 dengan BPKK No.2788 (PPKK No.4089)

25 April: Pengeluaran kas kecil untuk membayar gaji karyawan sebesar Rp3.500.000,00 dengan bukti pengeluaran kas kecil (BPKK) No. 2789 (PPKK No.4088)

28 April: PPKK No. 4090 sebesar Rp890.000,00 belum disertai bukti penggunaan kas kecil.

 

Berdasarkan catatan transaksi di atas, berikut adalah buku kas kecil yang dapat dibuat.

 

laporan mutasi dana kas kecil, laporan mutasi dana kas kecil adalah, mutasi kas terjadi karena adanya transaksi

 

Berdasarkan buku kas kecil tersebut, dapat dibuat tabel mutasi kas kecil sebagai berikut.

 

laporan mutasi dana kas kecil, laporan mutasi dana kas kecil adalah, mutasi kas terjadi karena adanya transaksi

 

Dari catatan mutasi dana kas kecil di atas, dibuatlah laporan mutasi dana kas kecil sebagai berikut.

 

laporan mutasi dana kas kecil, laporan mutasi dana kas kecil adalah, mutasi kas terjadi karena adanya transaksi

 

 

 Kesimpulan

Pada intinya, laporan mutasi dana kas kecil adalah laporan yang memuat informasi berupa saldo awal kas kecil, pengeluaran kas kecil, serta pengisian kembali dana kas kecil. Laporan ini berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana kas kecil selama periode tertentu. Dalam membuat laporan mutasi dana kas kecil, Anda perlu memperhatikan langkah penyusunan yang benar dan memastikan tersedianya dokumen bukti transaksi yang diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat menyusun pembukuan kas kecil dengan baik sebagai bentuk pencatatan keuangan yang akurat. Jika merasa kesulitan dalam proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa dari Konsultanku untuk membantu Anda melakukan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda.

 

laporan mutasi dana kas kecil, laporan mutasi dana kas kecil adalah, mutasi kas terjadi karena adanya transaksi

laporan mutasi dana kas kecil, laporan mutasi dana kas kecil adalah, mutasi kas terjadi karena adanya transaksi

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi