Resale Price Method Dalam Transfer Pricing di Indonesia



Bagi beberapa perusahaan, pajak seringkali dijadikan sebagai suatu hal yang dapat mengurangi laba suatu perusahaan. Jika dapat kita teliti dengan seksama, ternyata dengan taat membayar pajak dapat memudahkan sebuah perusahaan dalam mengajukan pinjaman modal kerja melalui venture capital atau perbankan. Namun, meskipun sebuah perusahaan telah melakukan pembayaran pajak, masih dapat ditemui perusahaan yang ingin meminimalisir biaya pajak dengan cara merubah suatu harga transaksi di perusahaan tersebut agar dapat menghindari nilai pajak tertentu. Harga transaksi pada suatu pertukaran dapat disebut sebagai transfer pricing yaitu kebijakan suatu transaksi yang ditetapkan oleh suatu perusahaan. Untuk melihat apakah transaksi transfer pricing tersebut wajar atau tidak, bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu traditional profit method dan transactional profit method. Masing-masing mempunyai metode yang berbeda dan salah satu cara yang dilakukan pada traditional profit method adalah resale price method.

 

Baca Juga : Penghitungan Pajak Warga Negara Asing di Indonesia

 

Resale Price Method

 

Metode Harga Penjualan Kembali (Resale Price Method/RPM) adalah metode Penentuan Harga Transfer yang dilakukan dengan membandingkan harga dalam transaksi suatu produk yang dilakukan antara pihak-pihak yang mempunyai Hubungan Istimewa dengan harga jual kembali produk tersebut setelah dikurangi laba kotor wajar, yang mencerminkan fungsi, aset dan risiko, atas penjualan kembali produk tersebut kepada pihak lain yang tidak mempunyai Hubungan Istimewa atau penjualan kembali produk yang dilakukan dalam kondisi wajar.

 

Kondisi yang tepat dalam menerapkan Metode Harga Penjualan Kembali (Resale Price Method/RPM) antara lain adalah:

Tingkat kesebandingan yang tinggi antara transaksi antara Wajib Pajak yang mempunyai Hubungan Istimewa dengan transaksi antara Wajib Pajak yang tidak mempunyai Hubungan Istimewa, khususnya tingkat kesebandingan berdasarkan hasil analisis fungsi, meskipun barang atau jasa yang diperjualbelikan berbeda; dan

Pihak penjual kembali (reseller) tidak memberikan nilai tambah yang signifikan atas barang atau jasa yang diperjualbelikan.

 

Baca Juga : Advance Pricing Agreement Perpajakan Indonesia

 

Contoh Resale Price Method

Metode Resale Price Method

 

Given Price

Rp. 1.000.000

Arm’s Length Price

Rp. 750.000

Resale Price Margin (25%)

Rp. 250.000

 

Melalui bagan diatas, dapat diasumsikan Associated Enterprise 1 memiliki hubungan istimewa dengan Associated Enterprise 2 dan dapat kita analogikan bahwa Associated Enterprise 2 menjual kembali barang dari pihak Associated Enterprise 1 kepada pihak Independent Enterprise sehingga dapat kita sebut sebagai Reseller. Sedangkan Independent Enterprise tidak memiliki hubungan istimewa dengan Associated Enterprise 1 & 2 melainkan hanya hubungan transaksi bisnis.

 

TP = RSP x (1?GPM):

• TP (Transfer Pricing) = Harga Transfer produk yang dijual antara perusahaan penjualan dan perusahaan terkait;

• RSP (Resale Price) = Harga Jual Kembali di mana suatu produk dijual oleh penjual

perusahaan kepada pelanggan yang tidak mempunyai hubungan istimewa; dan

• GPM (Gross Profit Margin) = Margin Laba Kotor yang harus diperoleh perusahaan penjualan tertentu, yang didefinisikan sebagai rasio laba kotor terhadap penjualan bersih. Laba kotor didefinisikan sebagai Penjualan Bersih dikurangi Harga Pokok Penjualan.

 

TP = Rp 1.000.000 x (1-25%) = Rp. 250.000


Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi