Tips membuat anggaran tahunan

Pengelolaan keuangan tidak terlepas dari perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis menetapkan tujuan bisnis, target yang ingin dicapai, rencana kerja, termasuk proyeksi penerimaan dan pengeluaran uang. Pembuatan anggaran tahunan harus didasari dari perencanaan bisnis. Berikut adalah tips dari kami untuk membuat anggaran tahunan.

an image

 

 

1. Matangkan perencanaan bisnis anda, tentukan target yang ingin dicapai dengan jelas

Baca Juga:
Perusahaan Tidak Membayar Gaji Karyawan Boleh Dilaporkan ke Disnaker, Bagaimana Caranya?
Apa Itu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)
Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang, Lengkap dengan Contoh
Jenis-jenis Laporan Keuangan

2. Buat rencana kerja, apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Buat rencana kerja berdasarkan fungsi2 bisnis, yaitu pemasaran, penjualan, produksi/operasional, personalia/sdm, dan keuangan

3. Buat target penjualan, perkiraan penerimaan yang akan diperoleh selama setahun, dan setiap bulan.3. Buat estimasi biaya dari kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut.

4. Buat proyeksi arus kas dari penerimaan dan pengeluaran kas setiap bulan. Pastikan seluruh estimasi penerimaan dan pengeluaran sudah tercatat.

5. Lakukan analisa surplus dan defisit arus kas setiap bulan. Lakukan penyesuaian atas kegiatan/pengeluaran yang dapat digeser ke bulan berikutnya.

Baca Juga:
Hi sahabat Konsultanku, KonsultanKu
Pentingkah Laporan Keuangan untuk UKM?
Tips Siapkan Dana Darurat
Liburan Asik dengan Budget Terjangkau

6. Pastikan seluruh manajemen dan tim kunci dari perusahaan mengetahui rencana kerja dengan lengkap. Agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai jadwal dan menerima kas pada waktu yang tepat untuk mengamankan arus kas.

7. Buat skenario A dan B (Worst case scenario), skenario B menggunakan asumsi terburuk apabila pembayaran dari pelanggan diterima mundur, apa solusi pendanaan untuk pengeluaran yang akan timbul. 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi