Tips membuat anggaran tahunan



Pengelolaan keuangan tidak terlepas dari perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis menetapkan tujuan bisnis, target yang ingin dicapai, rencana kerja, termasuk proyeksi penerimaan dan pengeluaran uang. Pembuatan anggaran tahunan harus didasari dari perencanaan bisnis. Berikut adalah tips dari kami untuk membuat anggaran tahunan.

1. Matangkan perencanaan bisnis anda, tentukan target yang ingin dicapai dengan jelas

2. Buat rencana kerja, apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Buat rencana kerja berdasarkan fungsi2 bisnis, yaitu pemasaran, penjualan, produksi/operasional, personalia/sdm, dan keuangan

3. Buat target penjualan, perkiraan penerimaan yang akan diperoleh selama setahun, dan setiap bulan.3. Buat estimasi biaya dari kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut.

4. Buat proyeksi arus kas dari penerimaan dan pengeluaran kas setiap bulan. Pastikan seluruh estimasi penerimaan dan pengeluaran sudah tercatat.

5. Lakukan analisa surplus dan defisit arus kas setiap bulan. Lakukan penyesuaian atas kegiatan/pengeluaran yang dapat digeser ke bulan berikutnya.

6. Pastikan seluruh manajemen dan tim kunci dari perusahaan mengetahui rencana kerja dengan lengkap. Agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai jadwal dan menerima kas pada waktu yang tepat untuk mengamankan arus kas.

7. Buat skenario A dan B (Worst case scenario), skenario B menggunakan asumsi terburuk apabila pembayaran dari pelanggan diterima mundur, apa solusi pendanaan untuk pengeluaran yang akan timbul. 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi