Manfaat NPP Perusahaan bagi Pebisnis dan Cara Mendapatkannya

Sebagai seorang pengusaha, Anda tentu wajib memperhatikan kesejahteraan karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Salah satu bentuk kontribusi Anda dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah dengan mendapatkan NPP Perusahaan. NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan. Secara istilah, NPP adalah hal wajib yang diberikan Pengusaha kepada karyawan sebagai persyaratan dalam memperoleh jaminan ketenagakerjaan, kesehatan, dan layanan lainnya. Melihat dari manfaat yang diberikan, Anda perlu segera melakukan pendaftaran untuk memperoleh NPP Perusahaan dengan mengikuti beberapa tahapan yang akan dijelaskan melalui artikel ini.

an image

 

Dasar Hukum NPP Perusahaan

Dasar hukum NPP Perusahaan tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Perusahaan dan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Peraturan tersebut menjelaskan bahwa setiap perusahaan yang hendak beroperasi di Indonesia harus memiliki NPP yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

 

Selain itu, NPP Perusahaan juga diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 76 Tahun 2018. Peraturan ini dengan jelas menyatakan bahwa setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma, Perorangan, dan Perusahaan Asing yang memiliki perwakilan di wilayah NKRI wajib untuk mendaftarkan diri dalam daftar perusahaan.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Dengan kepemilikan NPP, perusahaan dapat memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 109 Tahun 2013 Pasal 6 Ayat 2. Dalam peraturan tersebut, dinyatakan bahwa setiap perusahaan besar dan menengah wajib untuk mendaftarkan pegawainya sebagai peserta jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian. Program-program tersebut sudah tersusun dengan rapi sebagai bagian dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola pemerintah.

 

Manfaat Kepemilikan NPP Perusahaan bagi Bisnis

Kepemilikan NPP Perusahaan bukan hanya menjadi kewajiban bagi setiap bisnis. Bisnis yang memiliki NPP Perusahaan dapat memperoleh banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh seluruh komponen perusahaan yang terlibat didalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari kepemilikan NPP Perusahaan.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

1. Memperoleh Jaminan Ketenagakerjaan dan Kesehatan BPJS

Perusahaan yang telah memiliki NPP Perusahaan akan dapat memperoleh jaminan ketenagakerjaan dan kesehatan melalui BPJS. Dengan kepemilikan NPP Perusahaan, seluruh karyawan perusahaan akan terdaftar dalam program BPJS tanpa terkecuali. Dengan demikian, perusahaan Anda tidak perlu membuat skema jaminan baru guna meningkatkan kesejahteraan karyawan.

 

Dalam hal ini, karyawan perusahaan yang telah terdaftar dalam salah satu jaminan BPJS juga bisa mendapatkan hak sepenuhnya dari seluruh program-program sosial. Misalnya Anda terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan, maka secara otomatis Anda bisa mendapatkan manfaat dari berbagai program sosial yang terdapat di dalamnya, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

 

2. Memudahkan Akses dan Administrasi

Selain memudahkan perolehan jaminan BPJS, NPP Perusahaan juga memungkinkan Anda untuk dapat mengakses layanan dalam program BPJS atau program lainnya. Anda dapat memanfaatkan NPP Perusahaan untuk mengakses aplikasi BPJS Online, mengecek saldo, dan menikmati layanan tambahan lainnya.

 

Tak hanya itu, NPP Perusahaan juga dapat digunakan dalam mengelola urusan administrasi. Dalam hal ini, NPP Perusahaan dapat digunakan untuk memudahkan human resource (HR) menggarap pekerjaan administrasi mereka, seperti mengatur pemotongan asuransi BPJS di slip gaji pegawai.

 

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Sebagai hal yang wajib dimiliki, NPP Perusahaan merupakan penanda kredibilitas perusahaan karena telah mampu memenuhi kewajiban yang diatur pemerintah. Dengan demikian, kepemilikan NPP Perusahaan akan membantu meningkatkan reputasi dan eksistensi perusahaan Anda di kalangan investor dan mitra bisnis.

 

4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen dan Investor

NPP Perusahaan merupakan sebuah tanda bahwa perusahaan Anda telah memiliki izin usaha yang jelas dan legal. Dengan demikian, konsumen dan investor pun akan lebih percaya kepada perusahaan Anda dalam melakukan transaksi, kerjasama dan layanan lainnya yang ditawarkan.

 

Tata Cara Mendapatkan NPP Perusahaan

Melalui penjelasan manfaat di atas, Anda pun dapat memahami bahwa NPP Perusahaan adalah identitas penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan fungsi operasional bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu segera mendapatkan NPP Perusahaan demi kesejahteraan bisnis Anda ke depannya. NPP Perusahaan dapat diperoleh dengan mudah melalui tahapan-tahapan berikut.

 

1. Menyiapkan Identitas Perusahaan

Tahapan pertama dalam mendapatkan NPP Perusahaan adalah menyiapkan data-data yang diperlukan, di antaranya adalah:

  1. Nama perusahaan.

  2. NIK pimpinan yang bertanggung jawab penuh terhadap perusahaan.

  3. Alamat perusahaan.

  4. Bidang usaha pada perusahaan.

  5. Lokasi penanaman modal.

  6. Rencana biaya penanaman modal.

  7. Rencana dalam penggunaan tenaga kerja yaitu data karyawan beserta anggota keluarga.

  8. Nomor kontak perusahaan.

  9. Rencana perusahaan lainnya yang berhubungan dengan fasilitas fiskal atau bea cukai

  10. NPWP Perorangan atau Badan.

 

2. Register di Website BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya, kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan melalui https://ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi. Pastikan Anda sudah memiliki akun. Jika belum, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Klik menu “Register Badan Usaha Baru”. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman persetujuan pembuatan NPP Perusahaan. Di halaman tersebut, Anda dapat membaca syarat dan ketentuan, seperti sebagai berikut.

  1. Bisnis atau badan hukum lainnya harus mempunyai kewenangan secara hukum untuk bisa mendaftarkan badan bisnis atau badan hukum lain.

  2. Mengisi formulir dan memberikan data lengkap dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan.

  3. Mengisi tanggal yang bisa dihubungi oleh petugas BPJS untuk dilakukan konfirmasi, kunjungan, dan sosialisasi program.

  4. Pihak perusahaan harus setuju untuk melakukan proses pendaftaran ulang peserta apabila belum melengkapi proses pendaftaran sebelumnya dengan jangka waktu 90 hari sejak pendaftaran di situs resmi BPJS.

 

3. Mengisi Formulir Registrasi

Apabila sudah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda dapat mengisi formulir registrasi. Berikut adalah data-data yang perlu dilengkapi dalam formulir registrasi tersebut.

  1. Alamat perusahaan.

  2. Jumlah karyawan.

  3. Data keluarga karyawan.

  4. Nomor izin usaha.

  5. NPWP.

  6. Email perusahaan.

 

4. Menunggu Konfirmasi

Setelah Anda mengisi formulir registrasi dengan benar dan lengkap, Anda dapat menunggu konfirmasi melalui notifikasi melalui email perusahaan Anda. Di dalam notifikasi email tersebut ada beberapa tautan berisi dokumen yang dapat Anda gunakan dalam proses aktivasi NPP Perusahaan, antara lain:

  1. Lampiran berupa Cetak Formulir Registrasi Perusahaan Anda.

  2. Nomor kode badan usaha/badan hukum yang telah terdaftar.

  3. Nomor rekening dan virtual account yang akan digunakan dalam pelayanan BPJS lainnya.

  4. Hak akses (username dan password) dari website BPJS Ketenagakerjaan yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran karyawan dan anggota keluarganya.

 

Apabila Anda telah mendapatkan dokumen-dokumen tersebut, maka perusahaan Anda resmi mendapatkan NPP Perusahaan. Nantinya, NPP Perusahaan tersebut dapat Anda gunakan untuk melakukan pelaporan BPJS dan pembayaran iuran secara berkala.

 

Cara Melihat NPP Perusahaan

Apabila Anda telah memperoleh NPP Perusahaan dan ingin mengetahui nomor tersebut, Anda bisa mengakses BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi atau website resmi. Masuk dengan mengisi username dan kata sandi yang diberikan melalui dokumen hak akses pada proses pendaftaran. Perlu diketahui bahwa NPP Perusahaan terdiri dari 14 angka, Anda bisa melihat nomor tersebut jika sudah login melalui aplikasi atau website BPJS Ketenagakerjaan.

 

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa NPP adalah nomor pendaftaran perusahaan yang merupakan bukti bahwa perusahaan mendaftarkan diri kepada negara. Anda bisa mendapatkan nomor ini dengan mudah melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Dengan kepemilikan NPP perusahaan, Anda dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan berkontribusi dalam kesejahteraan karyawan.

 

Tak hanya NPP Perusahan, kredibilitas perusahaan juga dapat dinilai dari seberapa akurat laporan keuangan yang dihasilkan. Baik NPP dan laporan keuangan, keduanya memiliki peran penting dalam operasional bisnis serta peningkatan kepercayaan mitra dan investor. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tahapan penting dalam penyusunan laporan keuangan agar dapat menghasilkan laporan yang reliabel. Untuk memudahkan, Anda bisa menyerahkan urusan pembukuan dan laporan keuangan kepada ahlinya di Konsultanku.

 

npp perusahaan, npp adalah, npp adalah singkatan dari

npp perusahaan, npp adalah, npp adalah singkatan dari

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi